Kalimat Ucapan Selamat Datang Dalam Bahasa Sunda

Ungkapan Selamat Datang Dalam Bahasa Sunda

0 46

Jika kamu ingin tahu apa ucapan selamat datang dalam bahasa Sunda kamu enggak perlu pusing, karena setelah menemukan tulisan admin kalem kamu akan segera tahu apa ucapannya.

Kamu harus tahu kalau admin ini orang Sunda, sehingga kalau admin mau nyampein sesuatu dalam bahasa Sunda, akan admin tulis disini. Seperti ucapan selamat datang yang admin translate bahasa Sunda.

Ucapan Selamat Datang Dalam Bahasa Sunda

Dalam bahasa Sunda ucapan selamat datang adalah “Wilujeng Sumping” yang dapat kamu ucapkan ketika mendapatkan tamu orang-orang Sunda maupun ketika kamu menjadi orang Sunda.

Namun, arti Wilujeng menurut Translate Google adalah Himpunan, sedangkan Sumping artinya Tiba. Kita bisa memaknakan bahwa kita telah tiba dan berhimpun alias berkumpul di salah salah satu acara.

Ucapan Selamat Tinggal Bahasa Sunda

Selain selamat datang, kita juga perlu memberikan ucapan untuk berterimakasih kepada tamu-tamu atau pun orang yang sudah berkunjung ke acara maupun kerumah kita.

Dalam bahasa Sunda, ucapan selamat tinggal adalah “Wilujeng Angkat” namun ketika kita menterjemaahkan dalam Google maka ucapannya “Dadah”, tapi apakah layak mengungkapkan istilah itu?.

Maka ada baiknya kita gunakan istilah wilujeng angkat ketika memberikan ucapan tinggal kepada para tamu yang telah hadir dalam acara tersebut.

Bukan Wilujeung Tapi Wilujeng

Meskipun kebanyak kosakata bahasa Sunda menggunakan EU, aman tetapi untuk istilah wilujeng sumping dalam bahasa Sunda tidak menggunakan U setelah E.

Penulisan seperti biasa, dan pengucapan pun tetap biasa, disini kamu tidak bisa menggunakan U setelah E ketika membuat baliho sambutan selamat dalang versi bahasa Sunda.

Contoh Ucapan Selamat Datang Sunda

Mungkin admin akan sedikit memberikan sebuah contoh selamat datang versi Sunda ini yang dapat kamu jadikan sebagai inspirasi ketika ingin membuat baliho maupun banner dalam sebuah acara.

  • Wilujeng Sumping Ka Para Tamu Uleman (Selamat datang kepada tamu undangan)
  • Wilujeng Angkat ka Para Tamu Umelan (Selamat tinggal/jalan kepada tamu undangan)
  • Wilujeng Sumping ka Para Kyai Anu Dipikahormat (Selamat datang kepada para Kyai yang saya hormati)

Nah jadi itulah ucapannya, contoh sedikit pun sudah admin tulis diatas agar kamu semakin paham dan semakin mudah dalam memaknai istilah tersebut ke dalam bahasa Sunda.

Baca Juga : Arti Pantek Menurut Kamus Bahasa Indonesia dan Sunda

Demikian ucapan selamat datang dalam bahasa Sunda versi Sikalem, agar orang lain pun tahu mari bagikan, berbagi itu indah dan mendapatkan banyak sekali pahala dari sang Illahi.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.