Kalimat yang Berfungsi Untuk Memperjelas Kalimat Utama Disebut Ini

Mau Tahu Gak Kalimat yang Berfungsi Untuk Menjelaskan Kalimat Utama?

0

Sikalem – Pertanyaan : kalimat yang berfungsi untuk memperjelas kalimat utama disebut? Jawabannya sangat mudah. Akan tetapi, masih banyak yang tidak tahu apa jawaban dari pertanyaan tersebut.

Namun kamu akan tahu jawabannya pada pembahasan yang sengaja admin lakukan demi keperluan kamu untuk menjawab soal, langsung saja simak dibawah ini.

Kalimat yang Berfungsi Untuk Memperjelas Kalimat Utama Disebut : Kalimat Penjelas

Kalimat yang berfungsi untuk memperjelas kalimat utama adalah “Kalimat Penjelas”, dimana kalimat penjelas tugasnya menguraikan dan atau memperinci kalimat utama pada sebuah catatan.

Kalimat penjelas sangat detail, meskipun banyak kalimat yang tertulis dalam sebuah catatan maupun dalam paragraf tertentu, namun akan lebih mudah dipahami jika ada kalimat penjelas.

Selain itu, hanya sekedar informasi saja bahwa kalimat penjelas sifatnya khusus, jadi dia hanya digunakan jika memang dibutuhkan untuk menjelaskan sesuatu hal.

Dengan demikian, apa yang telah kamu baca dan apa yang telah kamu tulis, itu seharusnya mengandung kalimat penjelas agar suatu catatan dapat dipahami dengan mudah.

Ilustrasi Menulis Kalimat Penjelas
Ilustrasi Menulis Kalimat Penjelas, Foto : Istimewa

Ciri-ciri Kalimat Penjelas

Seharusnya kamu sudah dapat mencirikan beberapa kalimat penjelas, lantaran ini sangat amat berguna dalam penulisan sebuah kalimat setiap paragraf.

Seperti jawaban diatas, kalimat yang berfungsi untuk memperjelas kalimat utama disebut penjelas, maka ciri-cirinya adalah :

  1. Sifatnya khusus
  2. Seharusnya kalimat penjelas memiliki kaitan dengan kalimat sebelumnya
  3. Memiliki kata-kata sambung antar kalimat
  4. Kalimat penjelas biasanya data, fakta, atau opini
  5. Dan tidak bisa berdiri sendiri

Baca juga : Kalimat yang Berfungsi Untuk Menjelaskan Kalimat Utama Dalam Paragraf

So, kamu tidak dapat membuat kalimat penjelas jika memang tidak diperlukan, dan jangan sesekali melenceng dari kalimat utama yang telah kamu buat.

Coba lihat poin 5 diatas dia tidak bisa berdiri sendiri, karena jika dipisah dengan kalimat yang lain, maknanya akan kabur dan mungkin lebih sulit dipahami.

Serta berfungsi dalam menjajarkan suatu kalimat, memaparkan, dan juga lebih mengedepankan agar suatu paragraf lebih terisi.

Dan mungkin pada akhir kalimat ini admin rasa sudah cukup untuk pembahasannya, dan semoga saja kamu dapat memahami yang dijelaskan dengan sempurna.

Akhir kata, kalimat yang berfungsi untuk memperjelas kalimat utama disebut diatas, semoga bermanfaat dan semoga kamu bisa membuat kalimat yang mudah dipahami.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.