Kapal Laut Dapat Terapung di Permukaan Air Karena Ini

Kapal Laut Dapat Terapung di Permukaan Air Karena Ini
Kapal Laut Dapat Terapung di Permukaan Air Karena Ini

Sikalem – Pernahkah kamu berfikir kapal laut dapat terapung di permukaan air karena hal apa? Ternyata ini semua karena sedikit saja hal yang mempengaruhinya yang dapat kamu simak dibawah ini yang sudah admin rangkum.

Seperti yang telah kita ketahui, memang sepertinya terlihat sangat mustahil benda berat seperti kapal laut kenapa bisa terapung di atas air? Dan tidak tenggelam?

Terlebih kapal yang bobotnya sangat besar, seperti kapal pesiar atau kapal pemotor yang banyak mengangkut jumlah penumpang hingga kendaraan yang berat.

Jika kita itung, tentu saja jumlahnya mencapai ratusan hinga mungkin ribuan ton? Tapi kenapa ya kapal masih bisa terapung di atas permukaan air?

Nah, inilah yang akan menjadi pembahasan kita kali ini bahwa kapal laut dapat terapung di permukaan air karena satu hal yang seharusnya kamu ketahui.

Meskipun kita sedikit berfikir, enggak ada gunanya juga mengetahui hal itu. Tapi itu salah, pada dasarnya ini berakitan dengan ilmu alam yang tentu saja harus kamu ketahui.

Baca juga: Umumnya Masa Paceklik Ikan Bagi Nelayan di Indonesia Terjadi Pada Bulan Desember

Baca juga: Segala Sesuatu yang Menempati Ruang dan Memiliki Massa Disebut Ini

Kapal Laut Dapat Terapung di Permukaan Air Karena

Menurut para ahli, kapal laut dapat terapung di permukaan air karena massa jenis kapal lebih kecil daripada massa jenis air. Meskipun bobot dan ukuran kapal sangat besar, tapi didalamnya memiliki rongga yang berisi udara.

Sehingga udara yang ada didalam rongga-rongga kapal tersebut membuat massa jenis kapal menjadi lebih kecil, hal itulah yang membuat kapal dapat terapung dengan santai diatas permukaan air.

Memang kalau kita perhatikan lebih detail sih kayanya mustahil ya, badan kita saja yang beratnya kecil dan ukurannya pun tidak sebesar kapal tenggelam di air, tapi kok kapal mah enggak ya?

Dan itu semua karena apa yang seperti disampaikan diatas, tidak ada yang mustahil memang, kepintaran para penemu itu sungguh luar biasa, kapal yang terbuat dari besi saja bisa mengambang kok di air.

Kapal
Ilustrasi kapal pesiar

Besarnya Massa Jenis Air

Meskipun air terlihat lebih halus dan mudah menenggelamkan benda-benda berat, tapi ternyata massa jenis air bisa berubah menjadi lebih besar.

Seperti yang telah admin rangkum diatas bahwa kapal laut dapat terapung di permukaan air karena massa jenis keduanya berbeda, sehingga kapal yang lebih besar ukurannya dan bobotnya yang berat dapat terapung diatas permukaan air.

Massa jenis air ternyata memiliki volume yang lebih besar, oleh karena itu dapat membuat kapal ngambang atau terapung diatas permukaannya.

Namun tentu saja karena kapal juga memiliki massa jenis yang lebih kecil karena terdapat rongga yang berisi udara, kita tahu benda apapun yang didalamnya terdapat udara atau oksigen itu bisa mengambang di atas permukaan air.

Coontoh kecil saja adalah ban, ban kalau tidak di pompa atau diisi air, kita tumpangi pasti tenggelam, tapi kalau disini oksigen pasti terapung.

Sahabat kalem, jadi itulah yang sebenernya kapal laut dapat terapung di permukaan air karena apa yang sudah dijelaskan diatas, semoga membantu dan bermanfaat menambah ilmu pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.