Kegunaan dan Manfaat Bauksit Beserta Pengertiannya

0 1.064

Mungkin kamu bertanya-tanya apa saja kegunaan dan manfaat bauksit digunakan untuk apa? Namun kamu juga tentu tidak tahu apa yang dimaksud dengan bauksit, sehingga hal ini membuat admin lebih semangat lagi.

Nah dalam kesempatan di hari ini admin akan mulai menjelaskan pengertian, kegunaan dan manfaat bauksit yang tentu saja akan menambah wawasan bagi kamu yang belum mengetahuinya.

Tentu admin tidak menyerah dalam mencari tahu untuk memberi tahu karena tugas admin disaat ini seperti yang tertulis.

Pengertian Bauksit

Bauksit merupakan batuan yang terbentuk karena adanya proses lateritisasi batuan induk yang kaya unsur aluminia dan bijih utama aluminium yang terdiri dari tiga unsur aluminium hidrat.

Ketiga unsur aluminium hidrat tersebut diantaranya Diaspora, Gibsit dan juga Boehmite. Apakah kamu kenal dengan istilah-istilah tersebut? Haha, admin juga baru mengenalinya.

Baca Juga : Pengertian Jujur dan Lawan Kata Jujur Adalah

Lalu, apa saja kegunaan dan manfaat bauksit? Tenang saja, seperti tujuan admin mencari tahu untuk memberi tahu, berikut ini admin jelaskan.

Manfaat Bauksit
Istimewa

Manfaat Bauksit

Ada beberapa manfaat bauksit bagi kehidupan manusia. Manfaat pertama digunakan untuk memproduksi aluminium. Bauksit juga bermanfaat untuk Proppant.

Baca Juga : 9 Manfaat dan Ciri Ciri Hutan Hujan Tropis

  • Sebagai produksi aluminium karena sudah sangat jelas bauksit merupakan bijih utama aluminium seperti pada pengertian diatas. Cara melakukannya yaitu melakukan proses bayer yaitu pemanasan batuan bauksit dalam lauran panas natrium.
  • Bauksit juga dapat digunakan untuk Proppant yang merupakan partikel tersuspensi yang digunakan untuk menutup rekahan dalam batuan reservoir.
  • Membuat kemasan makanan dalam tin.
  • Membuat struktur atap, pabrik, rumah maupun gedung.
  • Bahan pembuatan tinta mesin fotokopi.
  • Bahan pembuatan pita pada kaset perekaman.
  • Sebagai bahan baku pembuatan besi.

So, mungkin itulah kegunaan dan manfaat bauksit yang sudah admin temukan. Mungkin apa yang tertulis diatas bisa menambah wawasan bagi kamu, mudah-mudahan saja itu benar.

Penemu Bauksit

Bauksit pertama kali ditemukan oleh seorang geolog bernama Pierre Berthier pada tahun 1821. Tidak ada informasi lebih mengenai penemuan bauksit, hanya saja itu yang dapat admin sampaikan.

Baca Juga : Biografi Penemu Elektron dan Penelitiannya

Proses Pembuatan Aluminium

Manfaat bauksit diatas tertulis bahwa bermanfaat sebagai aluminium dan itu adalah manfaat utama. Sedangkan kegunaan-kegunaan lainnya hanya sebagai kegunaan umum dari bauksit.

Ada dua proses pembuatan bauksit, diantaranya.

  • Proses Bayer merupakan proses pemurnian bijih bauksit untuk memperoleh aluminium oksida (alumina).
  • Proses Hall-Heroult merupakan proses peleburan aluminium oksida untuk menghasilkan aluminium murni.

Mungkin hanya itu saja yang dapat admin sampaikan, semoga pembahasan tentang kegunaan dan manfaat bauksit ini bermanfaat bagi kamu agar bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.