Kehidupan Sosial Budaya Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

Mari Telusuri Kehidupan Sosial Budaya Indonesia

0

Sikalem – Apakah kamu tahu kehidupan sosial budaya Indonesia itu apa? Mungkin setiap orang memiliki pemahaman yang berbeda dari hal ini, sehingga perlu dibahas lebih lengkap dan lebih lanjut.

Saya yakin semua orang paham bahwa sistem kehidupan sosial budaya Indonesia ini sangat erat dengan beragam perbedaan yang ada, bahkan sebelum-sebelumnya juga sudah banyak dibahas tentang perbedaan disini.

Sebagai warga negara yang baik, kita harus paham betul tentang kehidupan yang ada di negara kita, apalagi budaya yang begitu melekat sebagai nilai dari negara kita ini.

Semacam itulah bahwa kita harus memahami seluruh kualitas bahwa negara kita merupakan negara dengan kebudayaan yang sangat banyak dan beragam dari berbagai daerah yang ada.

Pengertian Kehidupan Sosial Budaya Indonesia

Pengertian Kehidupan Sosial Budaya Indonesia
Kebudayaan Indonesia, Foto : Kumparan

Sistem kehidupan sosial budaya Indonesia adalah kehidupan masyarakat yang berkaitan dengan budaya dan merupakan ciri-ciri nilai sosial, totalitas nilai, serta tata laku manusia. Indonesia harus mampu mewujudkan pandangan hidup pancasila dari segi berbangsa dan bernegara.

Disisi lain, sosial budaya menjadi ciri khas bahwa Indonesia diakui oleh dunia, serta membuat mereka yakin bahwa Indonesia memiliki kebudayaan yang luar biasa.

Terkadang banyak orang di negara sendiri yang tidak paham dengan budaya lokal, sehingga mereka membiarkan budaya lokal hilang dan diganti oleh budaya asing.

Hal ini memang sudah menjadi tolak ukur masyarakat sejak jaman-jaman dulu, faktanya budaya-budaya di Indonesia sekarang ini banyak dari budaya asing, ini fakta loh ya sahabat kalem.

Pengertian lainnya bahwa masyarakat saling berinteraksi, karena memiliki budaya didalam suatu masyarakat, hal ini membuat nilai-nilai sosial menjadi ciri khas dari masyarakat tersebut.

Baca juga : Ini Alasan Mengapa Pembangunan Budaya Harus Dilakukan

Ragam Kehidupan Budaya Indonesia

Ragam Kehidupan Budaya Indonesia
Ragam Budaya, Foto : Kumparan

Lalu kita mesti tahu bahwa beragam kehidupan budaya di Indonesia ini menjadi ciri khas tersendiri, kita tahu mulai dari agama dan suku saja di negara kita ini sangat beragam dari berbagai daerah yang ada.

Kamu wajib tahu, ragam kehidupan sosial budaya Indonesia.

1. Indonesia Memiliki 6 Agama

Indonesia merupakan negara yang kaya akan agama, selama ini ada 6 agama resmi yang diakui di Indonesia, yaitu :

  1. Islam
  2. Kristen
  3. Katolik
  4. Buhda
  5. Hindu dan
  6. Konghucu

Dari perbedaan kepercayaan atau agama, kita tetap menjadi bangsa yang satu, perbedaan ini menjadi ciri bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya.

Baca juga : Kerukunan Dapat Menjadi Penguat Bangsa Hal Itu Seperti Peribahasa

2. Mayoritas di Indonesia Pemeluk Islam

Agama sebagai panutan berbagai masyarakat dan setiap manusia memiliki hak untuk memilih agama tanpa paksaan, sedangkan mayoritas penduduknya sendiri yaitu Islam.

3. Indonesia Memiliki Semboyan Bhinke Tunggal Ika

Bhineka Tunggal Ika yang berarti Berbeda-beda Tapi Tetap Satu Jua, adalah ciri bahwa perbedaan kehidupan sosial budaya Indonesia sangat berarti bagi bangsa yang harus menjadi satu dari setiap perbedaan yang ada.

4 . Menjunjung Tinggi Sikap yang Baik

Sikap gotong royong, menghargai perbedaan dan toleransi terhadap adat, budaya, agama, suku dan ras yang ada di Indonesia.

Dari beragam perbedaan yang di Indonesia, tentu saja dipengaruhi dari berbagai alasan.

Sementara itu, kamu dapat melihat faktor penyebab keragaman di Indonesia yang sebelumnya sudah terbit, dan dapat kamu simak secara seksama agar kamu semakin paham tentang kehidupan sosial budaya di Indonesia ini.

Budaya Indonesia
Budaya Indonesia, Foto : Istimewa

Baca juga : Arti Penting Budaya Daerah yang Perlu Kamu Tahu

Bersatu Dari Budaya yang Berbeda

Banyaknya budaya yang menjadi ciri khas bahwa Indonesia itu negara yang sangat kaya akan budaya sosial, menjadi bentuk apresiasi diri sendiri sebagai warga negara yang harus menjaga budaya agar tetap menjadi ciri nasional.

Di internasional juga budaya Indonesia sudah tidak diragukan lagi, karena sudah diakui dunia. Bahkan kamu dapat mencarinya bahwa Indonesia ini dikenal dengan budaya yang beragam.

Keragaman ini tidak mempengaruhi besarnya tekanan-tekanan yang menjadi perpecahan bangsa, karena tetap saja budaya yang berbeda tetap menjadi bangsa yang satu.

Sementara itu, kamu sendiri harus saling menghargai budaya kamu dan teman kamu jika berbeda, semisal kamu memiliki teman dari luar daerah, tentu budaya sama ya.

Ini sebagai bentuk mengapresiasi kehidupan sosial budaya Indonesia yang berpengaruh pada diri kita masing-masing, semoga artikel ini bisa menjadi pemahaman tentang budaya Indonesia ya sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.