Kelebihan yang Mendukung Peran Sebagai Guru Penggerak

Telusuri berbagai contoh yang mendukung peran sebagai guru penggerak

Kelebihan yang Mendukung Peran Sebagai Guru Penggerak
Ilustrasi Guru, Foto: Istimewa

Sikalem – Apa itu guru penggerak? Apakah kamu memiliki kelebihan yang mendukung peran sebagai guru penggerak? Hal ini tentunya akan kita bahas agar kamu menjadi seorang guru penggerak sebagaimana dengan faktor yang mempengaruhinya.

Beberapa diantaranya mungkin sudah kamu miliki bahwa kamu merupakan orang yang pantas sebagai guru penggerak. Namun tentu saja, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk menjadi guru penggerak.

Tidak ada yang mustahil tentunya selagi kita benar-benar memiliki kemampuan yang mendukung peran sebagai guru penggerak. Sehingga artikel ini akan membantu kamu menemukan apa saja kelebihan yang mendukung peran sebagai guru penggerak yang harus kamu perhatikan?

Sehingga, kamu yang ingin menjadi guru penggerak, atau siapapun itu tidak ada lagi hal yang perlu dikhawatirkan karena ada sisi yang mendorong dan juga menunjukkan kita bahwa pantas sebagai seorang guru penggerak.

Baca juga: 15 Sumber Sumber Informasi Lisan Meliputi? Dan Pengertiannya

Baca juga: Jenis Kewajiban Warga Negara dan Contoh Perwujudannya

Apa itu Guru Penggerak?

Guru penggerak atau disebut pendidikan guru penggerak merupakan program pendidikan kepemimpinan guru yang berperan sebagai pemimpin pembelajaran.

Program yang ada didalamnya tentu saja tidak hanya satu atau dua saja, melainkan ada beberapa program yang ada dalam program guru penggerak.

Ilustrasi guru penggerak
Ilustrasi guru penggerak

Program-program guru penggerak meliputi:

  • Lokakarya
  • Pelatihan daring
  • Konferensi
  • Pendampingan

Dan kemungkinan besar, masih banyak pula program-program yang seharusnya di perhatikan. Tapi itu adalah program utama sebagai guru penggerak.

Kelebihan apa Saja yang Mendukung Peran Sebagai Guru Penggerak?

Kelebihan yang mendukung peran sebagai guru penggerak adalah mampu mengembangkan materi pelajaran secara kreatif agar dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang sangat mendalam.

Selain itu, sebagai guru penggerak seharusnya mampu menguasai progarm-program yang tertulis diatas, dan sebagai guru penggerak kita juga harus bisa bertindak refletik.

Guru penggerak sebaiknya mampu memahami dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran hingga pengembangan diri.

Hal-hal diatas adalah apa yang sebaiknya kamu lakukan dan apa yang sebaiknya ada dalam diri kamu agar mampu mendorong dan mendukung bahwa kita pantas sebagai guru penggerak.

Kelebihan yang mendukung peran sebagai guru penggerak
Ilustrasi

Yang Akan Didapatkan Menjadi Guru Penggerak

Setelah kita mengetahui bahwa kelebihan yang mendukung peran sebagai guru penggerak itu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, sekarang kita seharusnya bisa menjadi seperti itu. Lalu, apa saja yang akan kita dapatkan dari guru penggerak?

  1. Peserta guru penggerak akan mendapatkan pengalaman bimbingan atau mentoring dari pengajar.
  2. Peserta akan mendapatkan komunitas.
  3. Para peserta yang lulus program ini akan mendapatkan sertifikat 360 JP dan
  4. Peserta yang lulus pun akan mendapatkan piagam penghargaan sebagai guru penggerak.

Kompetensi yang Harus Dimiliki Guru

Seorang guru tentunya harus memiliki Kompetensi sebagaimana bahwa kita adalah guru. Hal ini sangatlah penting karena seorang guru itu harus benar-benar memiliki keahlian dibidangnya.

Kompetensi yang wajib dimiliki guru diantaranya:

  • Kompetensi Sosial
  • Kompetensi Pedagogik
  • Kompetensi Profesional dan
  • Kompetensi Kepribadian

Sahabat kalem, seperti yang sudah admin jelaskan diatas bahwa kelebihan yang mendukung peran sebagai guru penggerak itu memang benar-benar yang mendorong kita sebagai guru penggerak.

Serta merta, kita juga harus memperhatikan beberapa hal yang sangat penting untuk menjadi guru penggerak, hal ini tentu saja tidak semena-mena ya.

Dan mungkin dalam beberapa pengetahuan dan informasi yang sudah admin sampaikan diatas dapat membantu kamu untuk menjadi peserta guru penggerak, apakah kamu sudah yakin mengikuti program guru penggerak?

Dan semoga kelebihan yang mendukung peran sebagai guru penggerak dimiliki oleh diri kamu sendiri, dan semoga artikel ini membantu menambah informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.