Kenali Apa itu Gigi Palsu dan Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakannya

By Anlene

Kenali Apa itu Gigi Palsu dan Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakannya
Kenali Apa itu Gigi Palsu dan Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakannya

Sikalem – Gigi palsu, siapa yang tidak tahu dengan gigi palsu? Ya merupakan sebuah gigi yang ditempelkan pada mulut ketika seseorang sudah kehilangan giginya.

Pada umumnya, gigi palsu digunakan oleh lansia, namun tak hanya lansia saja banyak juga orang-orang yang tengah menggunakan gigi palsu dikarenakan ada alasan-alasan tertentu.

Seperti salah satunya adalah gigi yang tidak tumbuh, padahal usia masih muda. Kasus seperti ini tentunya tidak hanya dirasakan oleh lansia saja, melainkan juga usia yang lebih muda.

Mengenal Gigi Palsu

Sebelum kamu memutuskan untuk mengenakan gigi palsu, sebaiknya kenali apa itu gigi palsu terlebih dahulu.

Pada umumnya, lansia yang berusia diatas 60 tahun giginya cenderung lebih lemah sehingga mulai terlepas dengan sendriinya. Berbeda dengan gigi anak-anak yang melepas dan lalu tumbuh kembali.

Akan tetapi, di usia yang sudah puluhan itu sudah tidak akan lagi tumbuh, hal inilah yang membuat lansia mengenakan gigi palsu, dan tentu saja dengan alasan yang nyata.

Baca juga: 6 Arti Mimpi Gigi Copot Menurut Islam Tanda Rezeki

Baca juga: Menjaga Kesehatan Tulang Dengan Cara Sederhana

Perhatikan Hal ini Sebelum Menggunakan Gigi Palsu

Saat usia sudah mencapai melebihi yang disebutkan diatas, kemudian gigi mulai hilang dengan sendirinya. Namun kita tentu saja tetap ingin memiliki gigi, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan gigi palsu.

Namun, sebelum kamu menggunakan gigi palsu, alangkah lebih baik memperhatikan beberapa hal berikut terlebih dahulu. Karena hal ini benar-benar penting untuk setiap orang yang menggunakan gigi palsu.

1. Pastikan Gigi Dibuat Oleh Dokter

Karena masalah yang dihadapi setiap orang berbeda-beda, maka pastikan bahwa gigi palsu yang akan kamu gunakan dibuat oleh dokter spesialis.

Jangan berfikir ingin lebih hemat, sehingga kamu tidak menggunakan gigi yang dibuat oleh dokter, hal ini akan menyebabkan masalah fatal. Jadi ini penting ya, pastikan gigi yang palsu yang diproduksi oleh dokter yang akan kamu gunakan.

2. Merawat Gigi Palsu

Setelah kamu menggenakan gigi palsu yang sudah menempel di mulut kamu, jangan sampai kamu membiarkannya begitu saja karena gigi palsu perlu dirawat agar terjaga.

Merawatnya memang sama dengan gigi asli, namun merawat gigi palsu sebaiknya kamu lepas terlebih dahulu dan sikat gigi tersebut pada air yang megalir.

Menggunakan pasta gigi dan sikat yang lebih lembut, dengan cara yang dilepas tentu saja akan memudahkan kita dalam merawat dan membersihkan gigi palsu tersebut.

3. Lepaskan Gigi Palsu Saat Akan Tidur

Ketika kamu hendak tidur, jangan lupa dilepas terlebih dahulu gigi tersebut lalu rendamlah dalam air yang bersih, hal ini juga salah satu cara merawat gigi palsu yang lebih baik lagi.

Air yang digunakan untuk merendam gigi palsu juga sebaiknya dicampur dengan larutan khusus. Dan jangan menggnakan air panas karena akan merusak gigi palsu, gunakanlah air dingin.

4. Saat Gigi Sudah Lama, Pergi ke Dokter

Menggunakan gigi palsu dalam janga yang panjang, tentu saja akan menyebabkan kerusakan. Apalagi saat usia gigi palsu yang kita gunakan sudah bertahun-tahun.

Setelah lama, sebaiknya pergi ke dokter dan berkonsultasi, apakah gigi masih layak untuk digunakan atau memang perlu diganti? Nah ini sangat penting ya sahabat kalem.

Jadi, hal-hal diatas sangat penting sekali untuk kamu perhatikan jika ingin menggunakan gigi palsu, apalagi bagi kalian yang sudah berusia diatas 60 tahun yang rentan giginya terlepas. Salah satu solusi untuk tetap memiliki gigi adalah dengan menggunakan gigi palsu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.