Kesan dan Arti Syair Lagu Cublak-Cublak Suweng

Apa Arti dan Kesan Syair Lagu Cublak-Cublak Suweng?

0 7.742

Sahabat kalem, salah satu permainan yang diiringi oleh lagu adalah cublak-cublak suweng, tahukah kamu makna dan arti syair lagu cublak-cublak suweng?

Tenang saja, jika kamu ingin tahu apa arti syair lagu cublak-cublak suweng dalam sebuah permainan tersebut, berikut admin sudah merangkumnya.

Kamu juga akan tahu apa saja kesan lagu cublak-cublak suweng setiap dinyanyikan oleh beberapa orang yang ikut serta dengan permainan ini?.

Sebelumnya, kalau kamu tidak tahu permanan ini adalah permainan tradisional, lagunya pun berasal dari bahasa Jawa, sehingga jelas bahwa permainan ini pun berasal dari daerah Jawa.

Baca juga : Makna Pepatah Dimana Bumi Dipijak, Disana Langit Dijunjung

Makna dan Arti Syair Lagu Cublak-Cublak Suweng

Cublak adalah tempat, sedangkan suweng artinya perhiasan wanita Jawa, sehingga arti cublak-cublak suweng bisa diartikan sebagai “Tempat harta berharga”.

Sehingga dalam lirik tersebut ada banyak kata, dan tenang saja admin pun akan membahas arti dari lirik yang ada.

Meski tujuannya hanya untuk memberikan arti judulnya saja, namun ada juga maksud dari kamu yang ingin mengetahui secara keseluruhan.

Kesan Lagu Cublak-Cublak Suweng

Jika dinyanyikan dengan tempo cepat, kesan lagu cublak-cublak suweng adalah senang, riang, dan gembira, sedangkan jika dinyanyikan dengan tempi lambat, maka kesannya khidmat, damai, tenang atau indah.

Jelas, kita bisa melihat kesan dari lagu ini berdasarkan tempo yang dinyanyikan seperti yang admin jelaskan tersebut.

Jadi tentu ada kesan dibalik lagu dari sebuah permainan yang merupakan permainan tradisional tersebut, kamu bisa juga memainkan lagu dan permainan ini.

Lirik dan Arti Lagu Cublak-Cublak Suweng

Arti syair lagu cublak-cublak suweng, atau kesan lagu cublak-cublak suweng yang sudah ditulis diatas merupakan sebuah lagu pengirim permainan yang namanya pun sama dengan judul lagunya.

Cublak-Cublak suweng berasal dari daerah Jawa, namun mungkin di daerah apapun permainan ini bisa dimainkan dengan sepenuhnya.

Baca juga : Lirik Lagu Mencari Alasan – Exist Band (Malaysia)

Berikut arti dan liriknya:

  • Cublak-Cublak suweng : Tempat suweng
  • Suwenge teng glenter : Suwengnya berserakan
  • Mambu ketundhung gundel : Baunya dituju anak kerbau
  • Tak gento lela telo : Bapak ompong menengok kanan kiri
  • Sapa ngguyu ndele’ akeSir-sir pong dele kopong : Siapa tertawa dia yang menyembunyikan Hati nurani kedelai kosong tanpa isi
  • Sir-sir pong dele kopong : Hati nurani kedelai kosong tanpa isi 2x

Oke jadi itualah arti syair lagu cublak-cublak suweng yang menjadi pedoman sebagai salah satu permainan dengan nama yang sama seperti pada judul lagu tersebut.

Apakah kamu tahu, siapa pencipta lagu cublak-cublak suweng? Kalau belum tahu, mari kita lihat dibawah ini untuk mengetahuinya.

Asal Daerah dan Pencipta Lagu Cublak-Cublak Suweng

Lagu cublak-cublak suweng diciptakan oleh Sunan Giri, kata suweng diartikan sebagai Suwung, lagu ini berasal dari Provinsi Jawa Timur.

Meski dari Jawa Timur, permainan dan lagu ini banyak dimainkan di daerah yang lainnya, layaknya lagu Lir Ilir ciptaan Sunan Kalijaga.

Tahu siapa Sunan Giri dan Sunan Kalijaga? Mereka ada 9 Walisongo (9 Wali Allah) yang ditugaskan untuk menyebarkan Islam di tanah Jawa pada masa itu.

Sekarang kita sudah tahu arti syair cublak-cublak suweng yang merupakan pengiring musik dalam sebuah permainan dari Jawa.

Karena itu, mari tetap lestarikan karena kemungkinan permainan bersejarah seperti ini akan punah dan tidak ada lagi yang memainkannya.

Ada baiknya terus kenalkan kepada penerus-penerus kita agar mereka juga tahu bahwa ada sebuah permainan yang asiknya sangat menggiurkan.

Kenapa asik? Karena memang permainan jaman dulu tidak terkalahkan, selalu saja bikin hati bersemangat, apalagi dimainkan dengan teman-teman sebaya.

Kesimpulan

Sahabat kalem, jadi apakah kamu sudah tahu sekarang? Kalau iya, maka terimakasih dan admin ucapkan semoga kamu menjadi pribadi yang baik.

Makna, arti dan lirik dari lagu tersebut sudah admin tulis, ketika bermanfaat, jangan lupa share ke sosial media untuk memberi tahukan kepada orang lain agar mereka juga tahu.

Itulah kesan lagu cublak-cublak suweng dan arti lagu syair cublak-cublak suweng yang dapat admin sampaikan saat ini, kalau ada yang belum kamu ketahui, silakan tunggu artikel bermanfaat pada kesempatan berikutnya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.