Take a fresh look at your lifestyle.

Ketahui Kelebihan dan Kelemahan Metode SQ3R

Sebelum melakukannya, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui kelemahan dan kelebihan SQ3R

0

Sikalem – Metode SQ3R mungkin banyak dibicarakan oleh sebagian orang, namun apakah kamu tahu bahwa ada kelebihan dan kelemahan metode sq3r?

Metode sq3r merupakan sebuah metode pembelajaran dan disingkat dari Survey, Question, Read, Recite & Review.

Lalu, artinya itu apa? Yang berarti kita harus melakukan survey, bertanya, membaca, menghafal atau mengingat atau mengutarakan dan mengulang kembali, atau bisa juga mengulas kembali.

Disini kita harus melakukan menyurvey yaitu melakukan penelaahan atau penelitian atau pendahuluan dari hal-hal yang akan kita pelajari.

Lalu, bertanya dan kemudian membaca, utaran kembali lalu terakhir ulang kembali.

Sudah pahamkah kamu apa yang dimaksud dengan sq3r tersebut? Coba kamu perhatikan kembali dan tanyakan sesuai dengan apa yang disampaikan disini.

Pertanyakan saja kepada diri kamu sendiri, lalu baca lagi dan lihat kembali pengertian dari sq3r tersebut, dan kamu akan segera memahaminya dengan sempurna.

Tahukah kamu, bahwa ada kelebihan dan kelemahan metode sq3r ini, dan tidak semua isi bacaan bisa dilakukan dengan metode ini adalah salah satu kelemahan yang dimaksud.

Kelebihan dan Kelemahan Metode SQ3R

Bagi yang tertarik dengan metode ini, sebaiknya kamu lakukan sebagaimana dengan kemampuan kamu sendiri, karena memang seperti pada singkatan diatas akan sangat membantu untuk memahami lebih jelas dan lebih detail dari apa yang kita pelajari.

Kelebihan metode sq3r adalah pembaca bisa lebih menguasai isi bacaan yang terlihat dan telah mereka baca, lalu akan menghasilkan pikiran secara abstrak, logis dan sistematik.

Baca juga: Metode Berpidato yang Dengan Menghapalkan Naskah Teks Pidato Terlebih Dahulu Disebut

Baca juga: Alasan Mengapa Dalam Menerapkan Metode Ilmiah Diperlukan Sikap Ilmiah

Sementara, kelemahan atau kekurangan metode sq3r adalah tidak semua jenis bacaan dapat dipelajari dengan metode sq3r, jadi hanya jenis bacaan tertentu yang dapat dilakukannya.

Dari kelebihan dan kelemahan yang tertulis sudah jelas bahwa metode ini memang terbatas, namun hasil didapatkan jauh lebih baik dan lebih rapi.

Semua akan terjadi sesuai dengan harapan, namun dengan besar hati bagi yang memaksa untuk membaca isi bacaan yang tidak dapat dilakukan dengan metode sq3r ini, mungkin kamu akan kesulitan dan kewalahan melakukannya.

Hal Itu memang sangat wajar, dan kewajarannya karena sudah dijawab diatas bahwa memang tidak semua bacaan dapat kita baca dengan metode tersebut.

Seperti itulah kelebihan dan kelemahan metode sq3r, dimana tidak ada banyak dari daftar semuanya namun hanya sebagian saja dan itu sudah menjadi hal yang jelas.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.