Koda Adalah : Pengertian, Fungsi, dan 2 Arti Koda

Koda Adalah Apa? Ternyata Ada Macam-macam Pengertian Koda Loh Sahabat

0 51

Sikalem – Pada sebuah teks, baik itu novel, cerpen, fabel, dan lainnya ada yang dinamakan koda, lantas pengertian dari koda adalah apa? Nah, sahabat kalem tinggal memahami apa yang admin jelaskan disini, karena ternyata yang sudah admin temukan koda ini berbeda-beda pengertian loh, makanya simak dengan seksama ya.

Pengertian Koda Adalah

Pengertian Koda Adalah
KODA

Menurut KBBI, Koda adalah sebuah komposisi musik sebagai penutup, penutup lagu. Namun, menurut sumber lain, koda merupakan struktur pada sebuah cerita yang menyampaikan amanat yang diteladani pada akhir cerita.

Pada dasarnya, kedua pengertian tersebut membenarkan bahwa pada setiap akhir kalimat, baik itu dalam sebuah lagu atau novel, cerpen dan lainnya terdapat koda.

Jika dalam bacaan seperti novel, fabel, cerpen dan sejenisnya, koda difungsikan sebagai pesan atau amanat yang disampaikan untuk para pembacanya, sedangkan untuk sebuah lagu sebagai komposisi penutup pada lagu.

Baca juga : Arti Reservasi : Pengertian, Jenis dan Makna Kata Reservasi

Koda Dalam Musik

Dalam sebauh lagu dan musik, admin sudah menyinggung bahwa koda adalah kompisisi lagu yang adanya diakhir, karena secara harfiahnya koda ini disebut juga sebagai penutup.

Tentu ini menjadi bahan pertimbangan bagi kita, adapun masalahnya adalah perbedaan pada dua bidang, yakni seni musik dan seni cerita, jelas membuat kita bingung.

Koda Dalam Cerita

Seperti cerpen, novel, fabel, dongeng, atau cerita sejenisnya adalah sebuah pesan yang disampaikan yang harus kita pahami, salah satu contonhya yaitu cerita malin kundang, kita harus tetap berbakti kepada orang tua.

Pernahkah kamu mendengar cerita lainnya yang didalamnya terdapat pesan untuk kita simak dan kita patuhi? Nah itu adalah koda dalam sebuah cerita ya sahabat kalem.

Baca juga : Denotatif Adalah : Pengertian, Contoh dan Sinonim

Fungsi Koda

Fungsi Koda
Fungsi Koda

Yang dijelaskan diatas secara beruturan sudah sangat jelas keduanya memiliki fungsi yang sama namun berbeda. Kedua koda dilengkapkan pada akhir sebuah cerita dan akhir sebuah lagi yang menyampaikan amanat dan pesan untuk kita pahami dan kita renungkan.

Namun, apakah dalam sebuah lagu juga termasuk amanat? Admin tidak yakin, kecuali kalau memang lagunya lagu daerah yang penuh dengan makna dan amanat.

Akan tetapi, kita bisa menyimak sebuah lagu, apakah ada pesan yang harus kita perhatikan dan kita pahami? Maka itu termasuk kedalam koda. Jadi sebaiknya kita melihat lebih dalam lagi koda adalah apa?

Contoh Koda

Cobalah kamu baca-baca novel, cerpen, dongeng, fabel, atau ada tuh yang dulu sering ditayangkan di TV, yaitu cerita si Malin Kundang, apa pesan yang kamu dapatkan darinya?

Pada akhir cerita, si Malin Kundang ini di kutuk oleh ibunya karena dia sudah menjadi anak durhaka, tidak mengakui ibunya.

Pesan dan amanat yang kita temukan dari cerita malin kundang adalah untuk menjadi anak yang baik dan berbakti kepada orang tua meskipun kita sudah sukses, jangan malah menjadi anak durhaka, kalau durhaka kita akan menjadi seperti malin kundang yang dikutuk menjadi batu.

Baca juga : Pengertian Molekul Adalah : Arti Kata, Contoh dan Jenisnya

Kesimpulan

Maka, sahabat kalem perlu mengulanginya lagi agar bisa memahami dengan sempurna. Namun kesimpulannya, koda ini dapat diartikan sebagai amanat yang disampaikan dalam sebuah cerita, dan masih termasuk kedalam sebuah kompisisi lagu.

Sudah paham sahabat kalem? Jadi sekarang kita sudah tahu bahwa koda adalah apa yang sudah dijelaskan diatas, semoga artikel ini bermanfaat ya, jangan lupa bahagia, #KalemAjaDulu.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.