Kumpulan Contoh Biantara Bahasa Sunda

Berikut Kumpulan Contoh Biantara Bahasa Sunda

0

Sikalem – Berikut ini kumpulan contoh biantara bahasa Sunda yang dapat kamu simak untuk kebutuhan pelajaran dan wawasan kamu tentang biantara.

Biantara adalah pidato, sebagaimana dengan tujuannya yaitu berbicara didepan banyak orang dengan topik-topik tertentu, sedangkan dalam bahasa Sunda disebut dengan biantara.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan contoh biantara bahasa Sunda, meskipun singkat tapi apa yang akan admin berikan disini sepenuhnya untuk kamu.

Maka, bagi sahabat kalem yang mau mencoba membuat biantara bahasa Sunda, sebaiknya lebih memperhatikan cara penulisannya terlebih dahulu.

Pidato atau Biantara Bahasa Sunda

Pidato atau Biantara Bahasa Sunda
Ilustrasi Pidato, Foto : istimewa

Pidato yang disampaikan dengan menggunakan bahasa Sunda, biasanya pada kondisi-kondisi tertentu, seperti pagi, siang, sore, atau malam hari itu seharusnya dengan tema atau topik yang sesuai.

Pada hal itu, sehabikanya kamu memperhatikan topik yang akan kamu buat, karena contoh biantara bahasa Sunda ini hanya beberapa topik saja, dan mungkin tidak semua topik admin berikan disini.

Kemudian, dalam pembuatan pidato atau biantara berbahasa Sunda tidak boleh sembarangan, sama dengan pidato bahasa lainnya yang harus lebih mengedepankan kaulitas tulisan, seperti bahasa yang mudah dipahami serta topik yang masuk.

Hal Penting Pembuatan Biantara Bahasa Sunda

Sebelum kita ke contoh biantara bahasa Sunda, sebaiknya kamu buat terlebih dahulu secara mandiri, namun dengan hal-hal penting yang harus kamu pahami.

Seperti yang sedikit admin singgung, ada beberapa hal penting yang wajib kamu perhatikan dalam pembuatan pidato atau biantara dalam bahasa Sunda.

Berikut ini tips atau hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam pembuatan biantara Bahasa Sunda, yakni:

  • Dalam pembuatan biantara, sebaiknya gunakan bahasa yang mudah dipahami, meskipun singkat namun bahasa sangat penting untuk kamu perhatikan.
  • Perhatikan pola atau struktur dari bahasa yang kamu gunakan, dengan begitu orang-orang yang mendengar pidato tesebut akan sangat terkesan.
  • Seperti pada umumnya, buatlah salam pembuka diawal biantara yang akan kamu buat.
  • Gunakan bahasa Sunda yang bervariasi, lebih baik tidak dengan menggunakan bahasa Sunda kasar, gunakan Sunda alus.

Tentu saja, selain hal-hal diatas, ada banyak hal-hal yang penting kamu perhatikan dalam pembuatan biantara bahasa Sunda.

Baca juga : Ucapan Belasungkawa Dalam Bahasa Sunda yang Benar

Contoh Biantara Bahasa Sunda

Sekarang kita waktunya membaca contoh biantara bahasa Sunda yang sudah admin kumpulkan, dengan demikian kamu nanti dapat menjadikan referensi dari apa yang admin sampaikan disini tentunya.

Silakan kamu perhatikan contoh dibawah ini, semuanya mungkin tidak terlalu banyak, dan singkat saja karena ini hanya sebagai bahan referensi untuk kamu.

Contoh Biantara Bahasa Sunda
Ilustrasi Membaca Pidato, Foto : Istimewa

Contoh Biantara Tentang Agama

Assalamualaikum wr.wb…

Puji syukur urang haturken ka gusti Allah anu maha kawasa, dina dinten ieu urang masih dipasikan kasempetan nincak dina tanehna gusti Allah.

Iman ka sadayana rukun Iman anu sakabehna aya 6, sakabeh rukun iman anu wajib ku urang diperhatiken sareng di imanken. Rukun iman nyaeta rukun anu sadaya esi kudu ku urang dilakonan, anu hartina urang percaya kana kawasa gusti Allah.

Patuh kana rukun iman sanes sapatuh-patuhna, tapi urang kudu bisa ngajadiken rukun Iman eta jeung panutan kahirupan urang sadayana.

Mugi urang dikuatken iman sareng islamna, hayu urang sadayana kuatken iman ka gusti Allah anu mahasa kawasa.

Panginten sakitu we anu ku sim abdi dihaturken ka sadaya anu atos ngariung dina dinten ie, mugi aya manfaat sareng safaatna.

Hampura bilih aya bahasa atawa kata anu salah, wasalamualikum wr.wb.

Contoh Biantara Bahasa Sunda Kesehatan

Assalamualaikum wr.wb…

Bismillahrahmanirrahim….

Sakabeh puji urang panjatken ka gusti Allah anu maha kawasa, alhamdulillah dina dinten ie urang masih dipasihan kasehatan.

Dina dinten ie oge abdi bade ngahaturken ka sadayana anu atos hadir dina acara ririungan ie.

Anu mana, kasehatan urang teh penting pisan, sakabeh jalmi pati hotong sehat walafiat, urang nu alhamdulillah masih dipasihan kasehatan ie tong di sia-siaken.

Anu mana, kasehatan sakabeh jalmi penting pisan, lamun diri urang te sehat, kumaha urang bade neangan nafakah sareng neangan elmu?

Dina hal eta pentingna kasehatan anu aya dina diri urang, mari urang sasarengan ngajaga diri urang supaya tetep sehat salila urang hidep di dunja ie.

Panginten sakitu we anu disampeken ku sim abdi, mugi aya manfaatna bagi sakabeh hadirin anu tos ngiring dina acara ririungan ie.

Wasalamualikum wr.wb.

Membaca Pidato
Membaca Pidato, Foto : Istimewa

Contoh Biantara Bahasa Sunda Kebersihan

Jika diatas adalah contoh biantara bahasa Sunda dengan topik yang berbeda, dan yang berikut Ini adalah biantara untuk kebersihan, mungkin semua biantara tidak banyak dan hanya singkat, namun ini hanya contoh sebagai referensi pengetahuan saja.

Assalamualaikum wr.wb…

Bismillahrahmanirrahim, kahaturan ka sadayana anu tos ngiring dina acara ririungan ie, kahiji urang panjatken puji sareng syukur ka gusti Allah anu maha kawasa.

Para wargi sadaya, dina waktos ie sim abdi dipasihan kesempatan jeung mere beja ka sadaya dina kebersihan lingkungan urang.

Kebersihan eta penting nu kudu ku urang dilakuken, sakabeh lingkungan dina kampung urang hayu urang sasarengan jaga kabersihana.

Sim abdi ngeun saukur bisa ngajak ka sadaya wargi dina waktos ie, nu mana lingkungan urang supaya geunah di tingali nayeta jaga kebersihanna.

Lingkunan anu bersih oge bakal nyehatken diri urang sadaya, margi ka sadaya hayu urang sasarengan migawe dina kebersihan lingkunan urang.

Sakitu we nu tiasa di sampaiken ku sim abdi, mugi aya manfaatna.

Wasalamualikum wr.wb…

Baca juga : Ucapan Selamat Menikah Bahasa Sunda yang Baik dan Benar

Kesimpulan

Dan mungkin hanya itu saja yang bisa admin berikan contonhnya, dan contoh yang tertulis mungkin hanya sekedar saja, jadi apa adanya dan hanya sebagai referensi saja, itupun admin sengaja tulis seadanya, dan mungkin kamu bisa menjadikan itu sebagai referensi.

Akhir kata, itulah kumpulan contoh biantara bahasa Sunda, semoga apa yang disampaikan diatas bermanfaat, mohon maaf bisa ada kekurangan dalam penulisan biantara atau pidato diatas, karena admin tidak pandai membuat pidato.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.