Kumpulan Contoh Kata Baku dan Tidak Baku Terlengkap

Berikut Adalah Kumpulan Contoh Kata Baku dan Tidak Baku

0

Sikalem – Pada artikel ini kamu akan disuguhi dengan kumpulan contoh kata baku dan tidak baku yang ada dalam kamus berdasarkan terminologi bahasa, dengan demikian kamu tidak akan keliru dalam menggunakan dan menerjemahkan bahasa.

Sebelumnya sudah dijelaskan pengertian kata baku, dan kali ini kita fokus terhadap pembahasan contoh kata baku dan tidak baku agar kamu yakin untuk menggunakan kalimat pada saat membuat sebuah tulisan.

Lantaran, ada beberapa hal yang penting untuk kamu ketahui, penggunaan kata baku dan kata tidak baku selebihnya sudah seharusnya dilakukan berdasarkan penggunaan kata yang tertulis.

Pada saat akan membuat kalimat pada sebuah paragraf, sebaiknya pahami dulu kata-kata yang akan digunakan, seperti mungkin penggunaan kata baku dan tidak baku apakah perlu dalam kalimat yang akan ditulis?

Sehingga, pembuatan kalimat yang tertulis nantinya mudah untuk dipahami, juga semakin membuat kamu yakin akan kemudahan dalam penulisan pada paragraf.

Contoh Kata Baku dan Tidak Baku

Berikut ini admin sudah mengumpulkan contoh kata baku dan tidak baku yang dapat dijadikan sebagai media referensi, dengan mengetahui kata baku, maka kamu tidak akan sulit ketika menyisipkan kalimat jenis mana yang akan kamu terapkan dalam sebuah paragraf.

Singkat salah satu contoh kata baku adalah Izin, sedangkan contoh kata tidak baku adalah Ijin. Lihat perbedaan penggunaan kata yagn tertulis.

Contoh kata baku dan kata tidak baku:

Kata BakuKata Tidak Baku
AdabAdap
AdidayaAdidaya
AdministratorAdmin
AzanAdzan
AfdalAfdol
AdvokatAdpokat
AktivitasAktifitas
AnalisisAnalisa
AntreAntri
ApotekApotik
AaratAparatur
BaligBaligh
BanderolBandrol
BatilBathil
BazarBazaar
BlenderBelender
BlangkoBelangko
BusBis
BayangkaraBhayangkara
BolpoinBolpen
CabaiCabe
CapcaiCapcai
KateringCahtering
CengkeramCengkram
SentimeterCentimeter
SentralCentral
CederaCidera
CokelatCoklat
DakwahDa’wah
DepotDepo
DeputiDeputy
DetailDitel
DarmaDharma
ZuhurDzuhur
DonaturDonator
GaibGhaib
GeiserGeyser
JeniusGenius
GuaGoa
GerebekGrebek
GeregetGreget
GerendelGrendel
HadisHadist
HafalHapal
ImbauHimbau
IsapHisap
IdeologiIdiologi
IkhlasIhlas
IjasahIjasah
IzinIjin
IlusiIllusi
InstingInstink
JagatJagad
IntenIntens
ZamanJaman
JamaahJemaah
JenderalJendral
JogingJogging
KakbahKa’bah

Baca juga : Pengertian, Ciri, Contoh Kalimat Definisi dan Deskripsi

Sahabat kalem, coba kamu perhatikan kembali pada contoh kata baku dan tidak baku yang tertulis pada daftar diatas, seperti yang kamu lihat pada contoh diatas ada perbedaan penulisan, akan tetapi makna yang sama.

Dalam penulisan yang berbeda dengan makna yang sama, seharusnya kamu dapat membedakan mana kata yang baku dan mana kata yang tidak baku.

Untuk itu, perhatikan kembali semua kata-kata yang akan kamu gunakan dalam membuat sebuah kalimat, apalagi saat akan menjelaskan rincian tentang suatu hal guna kepada masyarakat atau yang lainnya, kamu sangat penting memperhatikan penggunaan kata baku dan kata tidak baku.

Sahabat kalem, karena sekarang kita sudah mendapatkan kumpulan contoh kata baku dan tidak baku, maka semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.