Kunci Jawaban : Hubungan Antar Tulang Tengkorak Termasuk Sendi

Hubungan Antar Tulang Tengkorak Termasuk Sendi Apa ya? Ini Jawabannya

0

Sikalem – Jawaban dari pertanyaan hubungan antar tulang tengkorak termasuk sendi apa? Jawaban yang benar ini sesuai dengan pertanyaan tersebut yang mengharuskan kamu menjawabnya.

Hubungan antar tulang tengkorak termasuk sendi yang tentunya ada dalam daftar dunia keragaan manusia. Apakah kamu tahu apa yang terjadi pada sendi tersebut?

Mari kita cari tahu jawabannya sesuai dengan yang harus kamu jawab, karena dengan menjawab pertanyaan yang benar kamu akan mendapatkan nilai plus.

Hubungan Antar Tulang Tengkorak Termasuk Sendi

Hubungan antar tulang tengkorak termasuk sendi Sinartrosis Sinfibrosis, yaitu persendian pada tubuh yang tidak memungkinkan terjadinya pergerakan dan dihubungkan dengan jaringan ikat padat.

Sementara itu, tulang tengkorak yang menghubungkan dengan sendi tulang atas adalah sendi putar. Nah sekarang kamu tahu kan jawabannya sesuai dengan jawaban yang sebenarnya.

Hubungan Antar Tulang Tengkorak Termasuk Sendi
Ilustrasi Persendian, Foto : Istimewa

Nah, sekarang kita mengenal 3 jenis sendi yang juga diatas sudah dijelaskan dengan seharusnya, untuk itu mari kita bahas lebih lengkap lagi agar tidak ada kesalahan dalam pemahaman yang kamu simak.

Baca juga : Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Politik, Budaya, dan Ideologi

1. Sendi Diartosis

Sendi diartosis merupakan sendi yang menghubungkan antartulang dan memungkinkan gerakan sangat luas. Sendi diartosis juga memiliki beberapa jenis gerakan, dan berikut ini adalah jenis-jenisnya.

  • Sendi peluru, contohnya tulang lengan atas dengan tulang belikat;
  • Sendi kaku, contonhnya sendi pada tulang ditelapak tangan dan telapak kaki;
  • Sendi gulung, contohnya sendi antar tulang telapak tangan dan tulang pengumpil;
  • Sendi engsel, contohnya sendi antar tulang siku, ruas antar jari, mata kaki dan juga lutut;
  • Sendi putar, contohnya sendi tulang kepala dan tulang atlas;
  • Sendi pelana, contohnya sendi tulang ibu jari;

2. Sendi Sinartrosis

Seperti pada jawaban diatas, bahwa hubungan antar tulang tengkorak termasuk sendi Sinartrosis, dan sekarang kita cari tahu juga lebih lengkap tentang sendi yang satu ini.

Pada jawabannya sudah kita jelaskan kalau sendi ini memungkinkan tidak terjadi gerakan, namun ada dua jenis dari sendi ini, diantaranya adalah:

  • Sinfibrosis yang merupakan kedua tulang disatukan oleh jaringan ikat, contonhya adalah hubungan antar tulang terngkorak;
  • Sinkondrosis merupakan sendi yang kedua tulang dihubungkan oleh jaringan tulang rawan hialin, contohnya adalah hubungan antar ruas tulang belakang;

3. Sendi Amfiartrosis

Sendi ini merupakan sendi yang menghubungkan antar tulang dan memungkinkan terjadinya sedikit gerakan, meski hanya sedikit gerakan, namun tentu akan ada manfaatnya. Dibagi menjadi dua jenis, diantaranya:

  • Sindesmosis yaitu sendi yang dihubungkan oleh jaringan ikat serabut dan juga ligamen, contohnya adalah sendi antar tulang kering dan tulang betis;
  • Simfisis yaitu sendi yang dihubungkan oleh kartilago serabut pipih, contonhya adalah sendi antar tulang belakang dan sendi kemaluan;

Baca juga : 7 Manfaat Gaya Otot dan Kegiatannya

Oke kita sudah membahas dan menjelaskannya sesuai dengan pengertian dari beberapa sendi yang sudah dicatat diatas, guna melengkapi bahwa benar hubungan antar tulang tengkorak termasuk sendi yang tertulis diatas berdasarkan apa yang sebenarnya terjadi.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.