Latar Belakang Munculnya Masalah Apartheid Adalah Hal Ini

Latar Belakang Munculnya Masalah Apartheid Adalah Hal Ini
Ilustrasi

Sikalem – Apartheid merupakan sistem pemisah ras di Afrika selatan yang ditetapkan oleh pemerintah kulit putih, sementara itu tahukah kamu latar belakang munculnya masalah apartheid adalah disebabkan oleh apa?

Dalam beberapa pemahaman, mungkin diantara kalian ada yang sudah mengetahuinya, namun tentu saja butuh informasi yang lebih baik lagi untuk membuat keyakinan dalam jawaban yang telah kalian ketahui.

Maka, oleh karena itu disini tentu saja admin seperti biasa akan berbagi ilmu pengetahuan kepada kalian. Tahukah kamu latar belakang munculnya masalah apartheid adalah apa?

Jangan salah ketika kamu menemukan jawabannya, silakan kamu cek dan simak dibawah ini merupakan penyebab atau latarbelakang yang membuat munculnya masalah apartheid tersebut.

Baca juga: 8 Bentuk Sikap Positif Terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia di Lingkungan Keluarga

Baca juga: Mengapa Istilah Praaksara Lebih Tepat Dibandingkan Dengan Istilah Prasejarah?

Sistem Ras Dalam Pemerintahan Kulit Putih Afrika

Salah satu yang masih terbilang begitu menarik yakni terbentuknya sistem pemisah ras yang dibentuk langsung oleh pemerintahan kulit putih di Afrika.

Seperti kita ketahui bahwa Afrika merupakan sebuah benua dan bahkan negara sekaligus yang tergolong memiliki ras kulit hitam, tapi juga ternyata banyak orang kulit putih disana.

Itulah yang memunculkan terbentuknya sistem pemisah ras disana yang disebut sebagai apartheid. Lalu mungkin menjadi beberapa masalah, dan apakah kamu tahu latar belakang munculnya masalah apartheid adalah bentuk dari apa?

Sistem Politik Apartheid Afrika Selatan
Ilustrasi

Latar Belakang Munculnya Masalah Apartheid di Afrika

Latar belakang yang memunculkan masalah apartheid di Afrika Selatan adalah adanya pandangan rendah dari bangsa Eropa terhadap bangsa Afrika.

Sementara itu, beberapa orang mungkin menganggap ada hal lain dari latar belakang munculnya masalah apartheid adalah membuat perbedaan yang menyebabkan kerusuhan.

Tapi menurut beberapa pandangan, banyak juga masalah yang bermunculan karena adanya pemisah ras antara kulit putih dan kulit hitam.

Tahukah kamu? Bahwa banyak sekali masalah yang bertentangan akibat adanya sistem apartheid tersebut?

Dampak Sistem Apartheid di Afrika

Seperti pada penjelasan diatas telah disampaikan latar belakang munculnya masalah apartheid adalah terdapat hal yang memicu masalah sistem tersebut.

Namun, di balik semua itu ternyata ada banyak sekali dampak yang terjadi pada saat sistem apartheid ini masih berlaku, beruntung ya sekarang sudah enggak ada lagi.

Berikut adalah dampaknya:

  • Fasilitas publik ternyata penggunaannya dipisah, artinya kulit putih dan kulit hitam memiliki fasilitas publik khusus.
  • Pendidikan warga kulit hitam tidak setara dengan kulit putih.
  • Banyaknya aturan yang merugikan sebelah pihak, seperti orang kulit putih tidak boleh menikah dengan orang kulit hitam

Dan tentu masih banyak lagi dampak yang membuat sebelah pihak merasa dirugikan. Sehingga politik sistem apartheid ini telah dihapus dan sekarang sudah tidak ada lagi hal demikian di Afrika Selatan.

Ilustrasi sistem politik apartheid
Ilustrasi

Penghapusan Politik Apartheid

Menurut wikipedia bahasa Indonesia sistem politik apartheid di Afrika Selatan ini terbentuk dari awal abad ke 20 sampai dengan tahun 1990.

Namun beberapa sumber juga menyebutkan bahwa sistem politik ini resmi di hapus pada tahn 1991, tepatnya pada tanggal 21 Februari saat di pimpin oleh presiden Frederik Willem de Klerk yang menjabat dari tahun 1989 s/d 1994.

Nah sahabat kalem, sistem pemerintahan seperti itu memang sangat merugikan sebelah pihak dan tergolong lebih mementingkan dan menguntungkan satu pihak saja.

Padahal di Afrika Selatan seperti kita ketahui ras utama mereka adalah kulit putih, tapi mereka mendapatkan kerguian saat adanya sistem politik tersebut.

Jadi, karena kita sudah tahu latar belakang munculnya masalah apartheid adalah hal diatas, semoga saja artikel ini bermanfaat dan membantu menambah wawasan ya sahabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.