Macam-Macam Aplikasi Internet dan Fungsinya Terlengkap

8 Likes comments off

Sebagai pengguna internet tentu informasi tentang macam-macam aplikasi internet dan fungsinya penting untuk diketahui. Hingga saat ini jumlah aplikasi internet cukup banyak dan keberadaannya sangat bermanfaat. Tidak mengherankan jika kemudian keberadaannya digunakan dalam berbagai bidang. 

Mulai dari bidang akademik, medis, militer, periklanan, media massa, industri dan bidang-bidang lainnya. Namun, dari sekian banyak aplikasi internet hanya beberapa saja yang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Lalu, apa nama aplikasi-aplikasi internet tersebut?

Apa Itu Internet?

macam-macam aplikasi internet dan fungsinya
sumber gambar; bergasku.com

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network yang berarti jaringan komunikasi global yang menghubungkan komputer dan juga jaringan komputer di seluruh dunia. Keberadaan internet memungkinkan Anda untuk berbagi informasi maupun berkomunikasi dari mana saja dan dengan siapa saja. 

Saat ini hampir semua orang menggunakan internet untuk berbagai hal. Mulai dari komunikasi, bermain game, mencari informasi dan hal-hal lainnya. Perlu diketahui juga jika ada bermacam-macam aplikasi internet yang harus dikenal beserta dengan fungsinya. 

Baca Juga: Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Pada Android

Macam-Macam Aplikasi Internet dan Fungsinya

1. Word Wide Web (Web)

Pertama ada Word Wide Web atau yang disingkat www. Web atau www adalah kumpulan dokumen atau file-file yang ada di internet dan tersimpan pada beberapa server penyedia jasa internet di seluruh penjuru dunia.  Aplikasi internet ini menjadi yang paling populer dan paling sering digunakan. Selain itu, aplikasi ini menjadi aplikasi yang paling penting ketika menjelajahi dunia maya. 

HTML atau Hypertext Markup Language  adalah format yang digunakan untuk menampilkan dokumen web sehingga bisa diakses oleh siapa saja, dimana saja serta menggunakan platform apapun. Dokumen web ini dibuat dan dilengkapi dengan link sehingga bisa menghubungkan suatu dokumen dengan dokumen lainnya melalui halaman web yang sama atau halaman web yang berbeda. dokumen web yang disusun dan juga dibuat menggunakan HTML bisa digunakan untuk menyimpan data ataupun informasi berbentuk teks, animasi, gambar, audio dan video. 

2. Electronic Mail (Email)

Email atau surat elektronik merupakan aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Ada banyak situs yang memberikan email, seperti Gmail, yahoo, bolehmail dan masih banyak lagi. Mengirim surat melalui email sangat sering dilakukan karena sangat mudah dan cepat.

Tidak hanya itu saja, dokumen yang bisa dikirimkan juga banyak seperti dalam bentuk file, gambar, video, suara dan sebagainya. Dokumen atau surat yang dikirim melalui aplikasi internet ini bisa dengan cepat sampai ke penerimanya. Sebelum mengirim dokumen, jangan lupa untuk menuliskan email penerima dengan benar.

3. Newsgroup

Newsgroup adalah aplikasi internet yang berfungsi untuk berkomunikasi atau bertukar pikiran dengan orang lain dalam sebuah forum tetapi tidak harus terdaftar ke dalam Newsgroup. Anggota forum tersebut biasanya memiliki kepentingan atau minat yang sama dengan orang lain untuk membahas topik yang sama,

Newsgroup ini hampir sama dengan bulletin board karena setiap orang bebas untuk menyampaikan pendapatnya agar dibaca oleh orang lain melalui forum tersebut. Newsgroup ini memungkinkan penggunaan multi media (audio visual) dan juga konversi video, teks, teks saja dan audio fasilitas chat yang disediakan. 

4. Mailing List

Aplikasi internet Mailing list juga sering disebut milis. Mailing List sendiri merupakan aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana untuk berbagi pengalaman ataupun saling bertukar informasi dan pengalaman dalam sebuah komunitas. Komunitas tersebut memiliki visi dan misi yang sama. Supaya mendapatkan update informasi dari milis maka harus terdaftar terlebih dahulu. 

Pada aplikasi internet ini juga ada alamat email milis yang digunakan sebagai email kelompok. Jadi, jika ada salah satu anggota kelompok yang mengirimkan email ke alamat milis tersebut maka otomatis akan diteruskan ke seluruh anggota kelompok tersebut melalui alamat email anggora kelompok yang terdaftar.  

Baca Juga: Aplikasi Like FB Banyak Terbaik yang Terbukti Berhasil

5. Internet Relay Chat

Internet Relay Chat (IRC) merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi atau bercakap-cakap di internet yang saat dikenal dengan nama chatting. Chatting dilakukan dengan cara menulis atau mengetik apa yang ingin Anda katakan kepada teman chatting, lalu mengirimkannya dalam bentuk teks.

Chatting merupakan suatu program untuk para pengguna internet agar bisa berkomunikasi atau berbincang-bincang dengan orang lain kapan dan dimana saja. Tidak hanya bisa mengirimkan teks, pengguna aplikasi ini juga bisa melihat wajah orang yang diajak berkomunikasi apabila komputer yang digunakan dilengkapi dengan alat WEBCAM.

6. File Transfer Protocol (FTP)

Macam-macam aplikasi dan fungsinya selanjutnya adalah File Transfer Protocol (FTP). Aplikasi internet satu ini bisa digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lainnya. 

FTP sendiri sering digunakan untuk mencari dan juga mendownload arsip file di suatu server di internet. Selain itu, juga bisa digunakan untuk meng-upload file sehingga bisa diakses oleh semua pengguna internet di seluruh dunia.

7. Gopher

Gopher adalah aplikasi internet yang berfungsi untuk mencari informasi di internet. Fungsi Gopher sama seperti web atau www namun berbeda dalam bentuk format teks saja. Jika ingin menggunakan Gopher untuk mencari informasi maka Anda terlebih dahulu harus terhubung ke Gopher servernya. 

Perbedaan lain Gopher dengan web adalah web menggunakan port 80 sehingga bisa menampilkan informasi dalam bentuk gambar. Sedangkan Gopher menggunakan port 70 sehingga hanya bisa menampilkan teks saja. 

8. Telnet

Telnet merupakan aplikasi internet yang berfungsi untuk mengakses komputer lainnya yang letaknya berjauhan. Telnet hanya bisa digunakan jika Anda mempunyai alamat IP (IP Address) dari komputer yang dimaksud. Selain itu, juga harus memiliki izin akses ke komputer tersebut  (User Id dan Password). Menggunakan Telnet akan membuat Anda bisa mengakses data base online, layanan chatting, katalog perpustakaan dan sebagainya. 

Baca Juga: Cara Memasukan Aplikasi ke Playstore Terbukti Berhasil

9. Ping 

Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher. Aplikasi internet ini bisa digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang digunakan terhubung atau terkoneksi dengan komputer lainnya (server) di internet. Pengecekan hubungan bisa dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data. 

10. VoIP

VoIP atau Voice over Internet Protocol adalah suatu layanan yang bisa digunakan untuk melakukan telepon melalui internet. Layanan ini sangat bermanfaat karena bisa menghemat pulsa interlokal atau internasional karena akses internet hanya menggunakan pulsa telepon lokal.

Nah itulah informasi tentang macam-macam aplikasi internet dan fungsinya terlengkap. Bagi Anda pengguna internet harus mengetahui informasi yang disebutkan diatas. Semoga bermanfaat ya!

5/5 - (88 votes)

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News