Take a fresh look at your lifestyle.

Makmum Masbuq Adalah Makmum yang? Ini Jawabannya

Secara mitologi Islam, makmum masubuk merupakan makmum berikut ini

0

Sikalem – Pada saat yang bersamaan, shalat berjamaah tentu saja harus dilakukan, namun ada istilah imam dan makmum, tahukah kamu makmum masbuq adalah makmum yang seperti apa pada pengertiannya?

Shalat adalah tiang agama, dimana seseorang muslim diwajibkan melaksanakan ibadah shalat fardhu selama 5 waktu.

Shalat berjamaah nyatanya lebih baik daripada shalat secara sendiri. Para ulama pun sepakat bahwa shalat berjamaah pahalanya lebih besar daripada shalat mandiri.

Dalam shalat berjamaah ada yang disebut imam dan makmum, lalu makmum juga terbagi seperti salah satunya adalah makmum masbuq

Apakah kamu tahu makmum masbuq adalah makmum yang bagaimana? Untuk pengertiannya akan kita bahas sesuai dengan mitilogi yang sebenarnya dengan jawaban yang tepat tentunya.

Pengertian Imam & Makmum

Pengertian Imam dan makmum
Shalat berjamaah

Makmum merupakan anggota yang mengikuti shalat berjamaah, makmum dipimpin oleh imam satu orang, sedangkan makmum beberapa orang.

Imam memimpin shalat yang mana terdiri dari banyak sekali anggota atau disebut dengan makmum dan mengikuti tata cara shalat berjamaah sesuai dengan pada umumnya.

Makmum sendiri terdiri dari dua golongan, yakni makmum muwafik dan makmum masbuq. Nah pada kesempatan ini kita menjawab makmum masbuq adalah makmum yang bagaimana?

Karena sebetulnya hal ini sangatlah penting diketahui oleh semua umat muslim, ibadah kita adalah shalat fardhu yang terdapat pada rukun Islam yang ke-2.

Baca juga: Arti Shalat Jamak Menurut Bahasa dan Contohnya

Baca juga: 10 Manfaat Surat Al Waqiah Bagi Umat Muslim

Jenis Makmum

Seperti pada pengertian diatas bahwa makmum dibagi atau dibedakan menjadi dua, yaitu makmum muwafik dan makmum masbuq yang telah menjadi hal umum pada peribadatan umat muslim.

Makmum Masbuq Adalah Makmum yang
Makmum Masbuq Adalah Makmum yang

Makmum Muwafik

Muwafik atau makmum muwafik merupakan jemaah shalat yang telah berjamaah shalat bersama dengan imam (Shalat berjamaah bareng dengan imam semenjak awal dikumandangkannya niat).

Misalnya, kamu mengikuti shalat maghrib berjamaah sejak imam sudah mengumandangkan niat shalat maghrib, lalu kamu mengikutinya.

Makmum Masbuq

Makmum masbuq adalah makmum yang ketinggalan shalat-Nya imam. Artinya kita ketinggalan berjamaah bersama dengan imam.

Disini tentu saja niat shalat kita setelah imam hampir selesai pada rakaat pertama. Mungkin maksudnya kamu sudah paham bukan?

Ya berbeda dengan muwafik, jika muwafik adalah berjamaah bareng dengan imam pada awal shalat, sedangkan masbuq kita ketinggalan bersama imam atau tidak bareng dengan imam.

Sudah paham yang dimaksud diatas sahabat kalem? Ya itulah yang seharusnya kamu pahami dan jawaban yang sebenarnya tentu sudah terjawab dengan tepat.

Akhir kata dalam pembahasan sekaligus kajian untuk kamu agar menambah wawasan, makmum masbuq adalah makmum yang sudah dijelaskan diatas.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.