Makna dan Arti Gempa Bumi Menurut Islam

Ternyata Ini Makna dan Arti Gempa Bumi Menurut Islam

0 30

Sikalem – Gempa bumi adalah musibah yang sering terjadi karena adanya pergerakan tanah jika diartikan menurut pandangan ilmiah, lalu bagaimana makna dan arti gempa bumi menurut islam?

Jelas sekali, pandangan Islam dan ilmiah tentang gempa bumi memiliki perbedaan, sama dengan makna yang lainnya. Namun tetap saja musibah ini merupakan suatu hal yang paling diyakini untuk kita takuti.

Arti Gempa Bumi Menurut Islam

Seorang Ilmuwan dan Dokter Islam, Ibnu Sina mengutip beberapa pemikiran ilmuwan Yunani tentang gempa bumi yang diakibatkan oleh dorongan gas untuk keluar dari bumi. Kemudian ia mengungkapkan pemikiarnnya sendiri bahwa gempa bumi terjadi adanya tekanan besar pada rongga udara didalam bumi.

Dalam beberapa analisa, memang gempa bumi adalah bencana yang dirahasiakan oleh Allah. Banyak juga orang yang menyatakan bahwa gempa terjadi karena azab untuk kelakuan manusia.

Allah maha kuasa, tentu saja setiap makhluk harus yakin dengan kebesarannya. Musibah yang terjadi, meskipun ada penyebabnya tidak akan terjadi tanpa kebesaran Allah SWT.

Allah berfirman dalam Surah Al-Isra ayat 17 yang mengaitkan suatu bencana merupakan akibat dosa manusia dari Allah SWT, yaitu :

“Jika Kami berkehendak untuk mengncurkn negeri, Kami memerintah orang-orang yang hidup mewah, namun mereka berdurhaka dalam negeri tersebut, maka sudah sepantasnya Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.”

Akan tetapi, jika dikaitkan dengan bahasa Alam atau bahasa Ilmiah, itu memang seharusnya terjadi, apalagi dunia hanya sementara.

Indonesia berada pada letak rawan gempa, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya penyebab sering gempa di Indonesia.

Jika sering-sering membaca Alquran, maka akan mendapatkan ayat yang banyak dari beberapa surah yang menjelaskan tentang bencana Alam.

Baca juga : 10 Tanda Akhir Zaman Menurut Islam, Beberapa Sudah Terjadi?

Ayat-ayat Bencana Alam Dalam Alquran

Makna dan arti gempa bumi menurut Islam hilangnya keikhlasan para ulama, tidak adanya orang yang mau membayar zakat, kepemimpinan dan amanah, ini merupakan penyebab gempa bumi dari sisi Islam.

Penyebab tersebut dikutip dari laman dalamislam.com. Namun meski demikian, gempa adalah bencana alam yang tentu ada penyebabnya jika seacra ilmiah, dan ini adalah rahasia Allah SWT.

Kita hanya perlu memeperhatikan kondisi saja, bukan cuma ulah manusia sendiri, tapi memang banyak kawasan yang rawan gempa, karena sekali lagi dunia sifatnya hanya sementara.

Berikut ini Ayat-ayat Alquran terntang bencana alam, diantaranya.

  • QS An-Nisa : 78
  • QS As-Syuura : 30
  • QS Al-Isra : 59
  • QS Fushilat : 53
  • QS Al-Ankabuut : 37
  • QS An-aam : 65

Silakan kamu buka dan baca surah dengan ayat tersebut yang menjelaskan tentang bencana alam, dan termasuk juga gempa bumi karena ini bencana alam juga.

Jadi mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan terkait makna dan arti gempa bumi menurut Islam, silakan kamu pahami sendiri dan konsultasi kepada ulama yang sudah memahami dengan dalam tentang kekuasaan Allah ta’ala.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.