Makna dan Arti Kata Azamta Dalam Bahasa Arab

0 1.099

Arti kata azamta yang sudah admin telusuri sangat sulit ditemukan, namun bukan berarti admin tidak menemukannya karena admin tidak mudah nyerah orangnya, termasuk mendapatkan si doi.

Memang minim sekali pengetahuannya, tapi arti kata azamta ini ada dalam Alquran surah Al-Imran ayat ke 159. Didalam surat tersebut terdapat bacaan Azamta, lantas apakah artinya?.

Arti Kata Azamta

Azamta tertulis dalam surah Al-Imran ayat 159 yang artinya (Kamu) membulatkan tekad. Jika disederhanakan maka menjadi arti kamu telah membulatkan tekad.

Sebagai bentuk tulisan yang terdiri dari Ain, Jay, nun mati dan ta, bacaan ini merupakan bacaan yang termasuk kata kerja aktif bentuk lampau yang terdiri dari 4 kata (huruf hijaiyah) bahasa arab.

KalimatAzamta
ArtiKamu Telah Membulatkan Tekad
Jenis KataKata Kerja Aktif Lampau
Jenis HurufHijaiyah
AsalArab
Jumlah4 Kata
Tertulis DalamSurah Al-Imran : 159

Makna Dari Ayat 159 (Al-Imran)

Dalam surah Al-Imran yang admin sebutkan bahwa arti kata azamta adalah membulatkan tekad, maka ada makna yang sangat mendalam didalam surah tersebut.

Makna yang menurut admin adalah kita harus bertawakal kepada Allah SWT karena sesungguhnya Allah menyukai semua orang yang bertawakal hanya kepada-Nya.

Jadi kita harus benar-benar seorang muslim yang baik, karena Allah sangat menyukai orang tersebut (yang bertawakal), maka di kabulkanlah doa yang ia panjatkan kepada-Nya.

Baca Juga : Pengertian dan Arti Thaharah : Mengapa Thaharah Itu Penting?

Isi Surah Al-Imran 159

Tentu saja dalam kalimat Azamta yang admin jelaskan terdapat pada surah Al-Imran, didalam surah tersebut sangat jelas bahwa Allah menyukai orang-orang yang bertawakal hanya kepada-Nya.

Isi surah Al-Imran sangat bermakna, berikut adalah artinya.

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya”.

Baca Juga : Arti Istiqomah dan Alasan Mengapa Kita Harus Istiqomah?

Kesimpulan

Mungkin yang admin sampaikan itu saja karena menurut admin itu sudah cukup untuk pembahasan kali ini yang dapat admin berikan kepada kalian yang mencari ilmu secara daring.

Maka, dalam Surah tersebut tertulis bahwa Allah memberikan kita kesempatan untuk bertawakal kepada-Nya, sedangkan jika tekad kita sudah bulat, berdasarkan dari kalimat Azamta tersebut.

Demikian penjelasan mengenai arti kata azamta dalam bahasa Arab yang tertulis dalam Surah Al-Imran, semoga apa yang sudah dibahas diatas bermanfaat dan membuat kamu lebih tahu.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.