17 Makna Kata Halus yang Benar Menurut Bahasa Sunda dan Indonesia

Berikut Makna Kata Halus yang Sebenarnya

0

Sikalem – Mungkin selama ini kamu salah memahami makna kata halus, karena ternyata arti kata halus sendiri sangat banyak, hal ini berdasarkan yang tertulis dalam KBBI juga bahasa Sunda.

Secara nasional, halus memang sebuah istilah yang digunakan sehari-hari, bahkan setiap hari orang menggunakan kata tersebut, tapi banyak yang menggunakan tanpa mengetahui apa makna kata halus.

Sebaiknya, kamu lebih jeli lagi dalam mencari dan memahami suatu kata yang kamu temukan, hal tersebut sangat penting kamu kamu lakukan eksperimen.

Arti Kata Halus

Arti Kata Halus
Arti Kata Halus

Terdapat banyak sekali arti kata halus menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), dimana kata ini dapat kamu lihat artinya, sekaligus sinonim dari kata halus adalah berikut ini.

  1. Lembut
  2. Lunak
  3. Tidak kasar (tentang tekstur benda)
  4. Lentur
  5. Lumat
  6. Kecil-kecil
  7. Halus
  8. Licin
  9. Baik
  10. Sopan (perilaku)
  11. Beradab
  12. Tidak kasar (tentang perbautan)
  13. Bermutu
  14. Roh (makhluk ghaib)
  15. Tidak dapat diraba
  16. Tidak nampak
  17. Baik (kualitas barang tenun)

Dari sinonim kata halus diatas sama dengan artinya, sehingga kamu bisa melihat sendiri bahwa ada banyak sekali arti dari kata halus tersebut yang wajib kamu ketahui, dan dibawah ini juga dapat kamu lihat makna kata halus yang benar, tapi sebenarnya sama saja dengan yang diatas ya.

Baca juga : 7 Arti Kata Lunak Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Makna Kata Halus

Makna Kata Halus
HALUS

Makna kata halus secara harfiah adalah benda yang banyak berukuran kecil-kecil, contohnya tepung. Lalu kata halus bermakna juga lembut yakni barang yang diraba bertekstur lembut.

Di sisi lain, halus pun bisa berarti kaulitas dari bahan kain yang bertekstur sangat lembut, itu juga salah satu makna dari kata halus ya sahabat kalem.

Dan seperti yang kamu lihat, bahwa makna kata ini sangatlah banyak, namun umumnya bisa bermakna lembut, atau kecil-kecil.

Dan kamu dapat melihat kembali dengan menyimak secara seksama apa yang sudah admin jelaskan diatas, bahwa istilah ini mengandung makna yang sangat banyak sekali.

Contoh Kata Halus

Karena makna kata halus ini sangat banyak seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka kamu dapat melihat contoh dibawah ini agar dapat membedakan kondisi dari penggunaan kata tersebut.

Contoh benda berukuran halus:

  • Gula berbentuk kecil-kecil, disebut sebagai halus
  • Tepung berukuran sangat kecil, dan ketika diraba akan bertekstur sangat lembut
  • Apapun yang berukuran kecil disebut sebagai halus

Contoh Halus sebagai makhluk:

  • Jin adalah makhluk halus
  • Semua mahkul yang tidak dapat dilihat secara kasat mata adalah makhluk halus

Contoh halus tekstur:

  • Kain katun saat diraba maka teksturnya terasa sangat lembut atau halus
  • Kulit saat disentuh sangat halus atau lembut

Contoh halus tingkah laku, kebaikan, kesopanan/adab:

  • Orang itu hatinya sangat halus, mulia, dan baik hati
  • Bicaranya halus sekali, membuat orang sangat suka dengan dirinya
  • Jangan kasar kepada wanita, bersifatlah halus

Baca juga : 3 Makna Ungkapan Jatuh Hati dan Contohnya

Halus Dalam Bahasa Sunda

Halus Dalam Bahasa Sunda
Halus Dalam Bahasa Sunda

Dalam bahasa Sunda kata halus memiliki makna dan arti loh sahabat, dimana dalam bahasa Sunda ini halus diambil dari kata Alus, yang berarti bagus atau baik.

Seperti pada kualitas, kesopanan, tingkah laku, fisik, bentuk, dan lainya jika dalam bahasa Sunda itu yang bagus-bagus atau yang baik-baik disebut sebagai Alus.

Karena sama halnya dengan halus. Maka dalam bahasa Sunda, alus juga diaritkan sebagai ukuran yang kecil-kecil, seperti pasir, gula, dan lain sebagainya.

Dalam bahasa Sunda, alus juga dapat berarti lembut, sama halnya dengan yang sudah admin jelaskan, adapun tujuannya agar kamu tahu saja ya apa yang tidak kamu ketahui ini.

Baca juga : Arti Ceunah Dalam Bahasa Sunda (Update)

Kesimpulan

Dari berbagai jenis makna kata tersebut sudah admin jelaskan, sehingga kamu tinggal memaknai itu saja seperti yang sudah ditulis, maka kamu seharusnya bisa membedakan kapan kata tersebut akan kamu gunakan.

Hal itu dikarenakan banyaknya arti dan makna kata halus, jadi pintar-pintarlah dalam menggunakan kata ini, lihat kondisi apakah kata ini pantas dan layak untuk kamu gunakan saat ini?

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.