Arti dan Makna Kata Tinggi Hati

0 764

Siapa yang belum tahu makna kata tinggi hati maupun artinya? Jika kamu tidak tahu akan makna dari istilah tersebut, maka disini admin akan menjelaskannya secara terperinci.

Mungkin kamu sering mendengar ungkapan orang “dia orangnya tinggi hati” namun kamu hanya mendengar saja tanpa tahu apa makna kata tinggi hati yang seringkali kamu dengar itu.

Sehingga, admin kalem disini memiliki penjelasan yang akan membuat kamu tahu arti kata dari istilah yang tertulis diatas. Bagaimana penjelasannya? Berikut selengkapnya.

Baca Juga : Arti Rendah Hati : Pengertian dan Contoh Kalimatnya

Makna Kata Tinggi Hati dan Artinya

Makna Kata Tinggi Hati dan Artinya
Makna Tinggi Hati

Makna kata tinggi hati adalah sombong atau angkuh, orang yang memiliki sifat dan sikap tinggi hati akan dijauhi oleh teman-temannya maupun orang-orang yang biasanya senang bersama dirinya.

Namun, karena dia tinggi hati, selalu saja membeberkan apa yang kelebihan yang ia miliki, maka orang lain pun akan menjauh darinya bahkan tidak mau melihat dirinya sekalipum.

Jadi, apa yang sedang kita bicarakan ini mengenai arti tinggi hati adalah sikap atau sifat seseorang yang sama sekali tidak baik atau sifat yang sangat buruk sehingga orang tinggi hati dijauhi dan tidak disukai oleh orang-orang.

Mungkin sampai disini kamu sekarang sudah paham bahwa tinggi hati adalah sifat yang bermakna sombong atau angkuh, selalu saja ingin diatas padahal tidak seharusnya dia seperti itu.

Baca Juga : Arti Pansos Menurut Kita Gaul Jaman Now

Contoh Penggunaan Kata Tinggi Hati

Seperti makna kata tinggi hati yang telah admin sampaikan diatas, maka admin perlu memberikan juga sedikit saja contoh penggunaan katanya agar kamu semakin yakin tentang apa yang sedang kita bicarakan ini.

Contohnya berikut ini.

  • Si Andi orangnya tinggi hati, pantas saja dia dijauhi teman-temannya
  • Dia tidak tinggi hati, dia pantas menjadi pemimpin di sekolah kita
  • Si Eko selalu saja tinggi hati, bicaranya membuat orang-orang ingin baku hantam

Itu saja sedikit contohnya, namun admin juga akan memberikan kata-kata motivasi yang bisa admin katakan agar kamu tidak memiliki sifat tinggi hati seperti apa yang admin sampaikan maknanya.

Baca Juga : Arti COD Dalam Jualan Online

Kata-kata Bijak Sombong Hati

Berikut ini beberapa kata-kata bijak atau motivasi mengenai tinggi hati berdasarkan maknanya agar kamu tidak memiliki sifat ini yang dapat dijauhi orang-orang.

Baca Juga : Arti LDR Dalam Hubungan Percintaan

  • Tinggi hati membuat orang lupa akan orang lain, jadi sebaiknya hindarilah
  • Jangan menjadi orang selalu meninggikan hati ya, jadilah orang yang apa adanya
  • Kalau mau di sukai banyak orang, jangan bersifat tinggi hati, karena kamu akan rugi

Oke mungkin itu saja beberapa yang dapat admin berikan, maaf saja bila kurang bagus, admin hanya bermaksud agar kamu semakin percaya kalau tinggi hati itu sifat yang sangat buruk.

Ciri-ciri Orang yang Tinggi Hati atau Sombong

Ciri-ciri Orang yang tinggi hati
Ciri-ciri Orang yang Tinggi Hati

Bukan hanya makna kata tinggi hati dan contoh penggunaan katanya, namun admin disini juga akan memberikan sedikit contoh atau ciri orang yang sifatnya tinggi hati.

Bagaimana ciri-ciri orang yang tinggi hati atau sombong atau angkuh? Berikut ini mungkin dapat dijadikan sebagai inspirasi kamu agar lebih meyakini lagi bagaiman dengan orang di dekatmu apakah dia tinggi hati? Atau bahkan kamu sendiri.

  • Orang yang tinggi hati atau sombong selalu menghargai dirinya secara berlebihan, atau melebih-lebihkan dirinya
  • Dia juga tidak mau mendengarkan dan menerima apa nasehat dari orang lain
  • Orang yang tinggi hati menolak kebenaran
  • Dia juga sangat menyikuai pujian, pantas saja dia selalu ingin terlihat orang lain, padahal malah akan dijauhinya
  • Sikapnya juga kasar, karena dia merasa dia paling benar
  • Dia juga selalu memperlihatkan apa kelebihan yang dia miliki
  • Karena sombong, dia merasa dunia milik dia sendiri

Nah kira-kira itulah ciri-ciri orang yang bersifat tinggi hati atau bisa juga dikatakan orang yang sombong, dari sifat itu bisa kita simpulkan bahwa tinggi hati membuat orang lupa diri.

Dan sekarang kamu sudah semakin paham bukan? Jika sudah maka admin berharap kamu tidak memiliki sifat buruk seperti ini ya karena akan merugikan diri sendiri.

Mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan kali ini mengenai makna kata tinggi hati, admin berharap penjelasan ini dapat membantu kamu yang membutuhkan makna dari kata tersebut.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.