Makna Persatuan dan Kesatuan yang Wajib Kamu Tahu

Makna Kesatuan dan Persatuan

0

SikalemMakna kesatuan dan persatuan yang wajib kamu ketahui guna menambah eratya bangsa yang gagah dan bersatu, sehingga akan menjadi bangsa yang kuat.

Sebagai masyarakat yang hidup di negara dengan banyak sekali perbedaan, seperti bahasa, budaya, agama, ras, suku, dan daerah hingga berada di tempat yang berbeda.

Tapi tentu kita harus tetap bersatu dalam satu bangsa, sebagaimana dengan makna persatuan dan kesatuan yang sudah seharusnya menjadi panutan.

Bersatu dan bersama yang harus kita jalani itu sangatlah penting, lantaran seseorang yang tidak mau bersatu, dia akan tersingkirkan.

Indahnya Perbedaan

Indahnya Perbedaan
Indahnya Perbedaan, Foto : Apahabar

Indonesia adalah negara dengan berbagai macam perbedaan, namun persatuan dan kesatuan harus di miliki oleh setiap orang-orang yang hidup di negara ini.

Sebagai warga negara yang baik, dengan menyikapi perbedaan dan menerimanya, kita harus bersatu dalam upaya untuk mempererat bangsa kita.

Karena, makna persatuan dan kesatuan yang diambil dari perbedaan di negara kita ini sebaiknya kita pahami dan tekuni agar tetap menjadi bangsa yang tidak terpecah belah.

Sepantasnya kamu menjadi orang yang bertanggung jawab dalam bersatu dari sekian banyaknya perbedaan yang ada di tanah air ini.

Baca juga : 7 Contoh Penerapan Hidup Rukun yang Baik di Lingkungan Sekolah

Baca juga : Arti Penting Persatuan Dalam Keragaman Masyarakat Indonesia

Makna Persatuan dan Kesatuan

Makna Persatuan dan Kesatuan
Bangsa yang Bersatu, Foto : The Colour Of Indonesia

Persatuan berarti gabungan atau ikatan, dan kesatuan berarti sifat yang tunggal atau satu. Sehingga makna persatuan dan kesatuan yaitu menggabungkan perbedaan menjadi satu bangsa yang utuh, yaitu bangsa Indonesia.

Seperti kita tahu perbedaan-perbedaannya, tapi tetap saja bhineka tunggal ika menjadi peribahasa bahwa bersatu dalam perebdaan yang banyak.

Bersatunya warga dari berbagai daerah, pulau, suku, budaya, bahasa, agama, ras, menjadi satu bahasa dan satu bangsa.

Kesatuan dan persatuan tentu saja akan menghasilkan bangsa yang hebat, bangsa yang kuat, bangsa yang utuh, dan bangsa yang tidak akan tertandingi.

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh, banyak sekali pepatah-pepatah yang mewakili bangsa Indonesia dan harus kita ketahui makannya.

Hal itu dikarenakan, banyak sekali keragaman perbedaan yang ada di negara kita ini.

Ketika Persatuan dan Kesatuan Tidak Dilaksanakan

Menjaga Kesatuan Bangsa
Menjaga Kesatuan Bangsa, Foto : Medcom

Jika persatuan dan kesatuan tidak kita laksanakan, dan kita tidak memperdulikannya, bangsa ini akan terjadi perselisihan, percekcokan, hingga berperang di dalam negeri sendiri bersama bangsa yang sama.

Ini akan menjadi kesempatan emas bagi negara orang untuk membuat negara kita hancur, bahkan mereka akan kembali lagi memerangi dan menjajah negeri kita.

Apakah kamu mau hal ini terjadi? Maka dari itu, sikapi makna persatuan dan kesatuan yang membuat kita akan menjadi bangsa yang kuat dan bangsa yang hebat.

Seperti apa yang sudah kita jelaskan diatas, sepertinya kamu sudah tidak ragu lagi untuk bersatu, jangan pernah bercekcok sesama bangsa meskipun wilayah kita berbeda.

Kesimpulan

Sepertinya kita sudah paham sekarang bahwa persatuan dan kesatuan itu ternyata memiliki makna yang dalam, sehingga kita tidak boleh menjadi bangsa yang lemah, bersatulah agar bangsa kita kuat.

Jadi itulah makna persatuan dan kesatuan yang wajib banget kamu ketahui demi menjadi bangsa yang hebat dan kuat, dari berbagai perbedaan menjadi satu yang utuh.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.