5 Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan

1 Like 2 Comments
Manfaat daun pegagan

Berbagai manfaat daun pegagan bagi kesehatan yang akan saya tulis disini untuk kamu menambah pengetahuan.

Kamu tahu apa itu daun pegagan? Daun pegagan adalah tanaman liar yang banyak sekali tumbuh di pemukiman warga hingga hutan.

Nama latinnya Centella Asiacita dan memiliki nama lain, yaitu gotu kola. Tanaman sejuta manfaat ini banyak ditemui di Indonesia, Jepang, India dan Tiongkok.

Daun ini dijadikan sebagai ramuan yang dijadikan sebagai obat dari berbagai penyakit. Ternyata manfaat daun pegagan begitu banyak, tapi masih minim orang mengetahuinya.

Di situlah alasan admin kalem disini membahasnya untuk menambah wawasan dan pengetahuan sahabat kalem.

Baca Juga : 14 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Rambut

Manfaat Daun Pegagan

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan
Daun pegagan

Manfaat daun pegagan dapat melancarkan aliran darah, sehingga tubuh kita akan semakin sehat jika sering mengkonsumsi daun pegagan ini.

Di kampung saya, biasanya daun ini dijadikan sebagai lalab saat makan, di colek ke sambel terasi, nikmat banget rasanya.

Berikut adalah manfaat daun pegagan bagi kesehatan.

1. Mengatasi Cemas dan Stres

Di dalam daun pegagan terdapat kandungan senyawa triterpenoid yang manfaatnya sangat luar biasa, yaitu dapat mengatasi cemas dan stres.

Pasti dong, orang sering mengalami masalah ini, apalagi kalau banyak pikiran akibat adanya sesuatu yang membuat orang stres dan cemas.

Dengan mengkonsumsi daun pegagan ini, bisa dijadikan sebagai lalab, kamu dapat menghilangkan rasa stres dan cemas yang mungkin kamu alami.

2. Mengobati Penyakit Alzheimer

Salah satu penyakit yang pernah menjadi viral karena yang lumayan ini, ternyata cara pengobatannya tidak perlu ke luar negeri.

Jika kamu tahu apa itu daun pegagan, maka daun tersebut dapat membantu mengobati dan mengatasi penyakit alzheimer yang luar biasa itu.

Hal itu dikarenakan, daun pegagan bisa membuat fungsi memori dan saraf lebih meningkat. Nah, penyakit alzheimer ini bisa disembuhkan dengan daun pegagan.

3. Mampu Meningkatkan Fungsi Otak

Selain dapat mengatasi alzheimer, manfaat daun pegagan pun mampu meningkatkan fungsi kognitif otak, tentu saja ini adalah kabar yang sangat gembira.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 silam membuktikan bahwa daun pegagan dapat meningkatkan fungsi otak setelah stroke.

Dan penelitian tersebut di bandingkan dengan asam folat, dan ternyata daun pegagan lebih efektif dalam meningkatkan fungsi otak.

4. Memperlancar Aliran Darah

Daun pegagan pun mampu melancarkan aliran darah, sehingga daun pegagan bisa dikatakan tanaman bebas yang berjuta manfaat.

Selain manfaat diatas, daun pegagan pun mampu melancarkan aliran darah terhadap orang yang memiliki varises dan insufisiensi vena yang merupakan kondisi dimana darah menggenang di kaki

So, kamu yang mengalami masalah seperti yang saya sebutkan itu, kamu dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi tanaman yang banyak banget ditemui ini.

5. Dapat Menyembuhkan Luka Dengan Cepat

Manfaat daun pegagan untuk luka pun ternyata dapat menyembuhkan luka yang kita alami dengan waktu yang sangat cepat.

Berdasarkan informasi yang telah saya dapatkan, daun pegagan dapat dijadikan sebagai salep luka bakar dan mungkin jenis luka yang lainnya.

Manfaat yang satu ini memang sudah dikenal sejak berabad-abad silam, sayangnya, hingga saat ini masih minim orang mengetahuinya.

Baca Juga : Bahaya dan Manfaat Kulit Ayam yang Perlu Diketahui

Efek Samping Daun Pegagan

Khasiat daun pegagan
Daun pegagan

Selain manfaat daun pegagan yang luar biasa diatas, ternyata ada efek samping juga yang terjadi dari daun ini ketika kita menggunakannya sebagai obat.

Ya, disetiap kelebihan pasti ada kekurangan, disetiap manfaat pasti ada efek samping, seperti salah satunya daun dari tanaman yang belum banyak diketahui ini.

Efek samping mengkonsumsi daun pegagan, diantaranya.

  • Sakit kepala dan pusing
  • Sakit perut
  • Mual
  • Muntah
  • Kulit terasa terbakar atau perih
  • Disertai alergi

Lalu bagaimana agar tidak merasakan efek samping yang lumayan ngeri itu? Minimal mengurangi saja.

Kamu dapat mengkonsumsinya dengan dosis yang rendah, kemudian untuk salep, cukup oleskan secara tipis saja.

Dengan melakukan hal tersebut dapat mengurangi efek samping yang sudah saya sebutkan listnya di atas yang dapat kamu rasakan.

Waktu Konsumsi Daun Pegagan

Ada waktu yang dianjurkan untuk mengkonsumsinya daun pegagan yang ternyata kaya akan manfaat ini.

kamu tidak boleh mengkonsumsi tanaman ini selama lebih dari 6 minggu. Cukup dengan waktu maksimal 6 minggu saja untuk konsumsi daun pegagan.

Kalau kamu mau mengkonsumsi dalam jangka panjang, dianjurkan untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter-dokter terdekat.

Baca Juga : 11 Manfaat Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kesimpulan

Simpulnya, daun pegagan memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita agar menjadi lebih baik.

Namun, dibalik manfaat yang sudah saya jelaskan diatas, ada efek samping yang ditimbulkan juga dari daun ini seperti list yang juga sudah saya tulis.

Dan akhir kata, demikian informasi tentang manfaat daun pegagan semoga artikel yang dibuat ini bermanfaat.

Artikel Terkait

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

2 Comments

  1. Ternyata ada banyak sekali ya manfaat daun pegagan. Tapi sayangnya saya kurang suka sama tanaman ini, namun setelah tahu manfaatnya, mau coba ah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.