14 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Rambut

Manfaat lidah buaya bagi kecantikan sudah dikenal sejak dulu, ada banyak sekali khasiat dari tanaman ini untuk membuat wajah cantik.

Tanaman herbal yang satu ini manfaatnya memang tidak diragukan lagi, salah satu manfaat lidah buaya yang sangat populer adalah dijadikan scrub agar wajah terlihat bersih.

Bahkan, produk-produk kecantikan kini menggunakan bahan lidah buaya karena memang di ekstrak dari tanaman ini sangat ampuh untuk membuat wajah bersih.

Memiliki nama lain yang disebut-sebut sebagai aloe vera, di dalamnya terdapat kandungan nutrisi yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan kulit.

Bukan cuma kulit saja, manfaat lidah buaya juga dapat membuat rambut menjadi lebih sehat, hitam dan tebal.

Ya, itulah sebabnya kenapa produk-produk kecantikan dan perawatan menggunakan aloe vera sebagai bahan utama yang mereka gunakan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit Wajah

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan
Cantik kan?

Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah salah satunya dapat membuat wajah lembab hingga terlihat lebih glowing dan cantik berseri. Salah satu manfaat ini umum diketahui oleh sebagian orang.

Berikut sederet manfaat lidah buaya bagi kulit wajah.

1. Melembapkan Semua Jenis Kulit

Manfaat lidah buaya yang paling fenomenal adalah dapat membuat wajah lebih lembap. Apa saja jenis kulitnya, dengan ekstrak lidah buaya ini bisa selembap yang di harapkan.

Lidah buaya sendiri mengandung zat polisakarida dan sterol, dimana kedua zat itu mampu mempertahankan kelembapan kulit.

Tentu saja, dengan ini kulit wajah akan terlihat lebih cantik berseri dan tingkat kepercayaan diri semakin tinggi.

2. Menghaluskan Setiap Permukaan Kulit

Lidah buaya juga dapat membuat permukaan kulit lebih halus lagi. Mungkin selama ini kamu memiliki kulit yang kasar, coba saja gunakan lidah buaya untuk menghaluskannya.

Lidah buaya membantu mengangkat sel-sel kulit yang mati, kemudian diganti dengan sel-sel yang baru dan lebih sehat.

Dari situlah nanti akan terlihat setelah beberapa hari pemakaian ekstrak lidah buaya, baik dalam produk maupun langsung menggunakannya, kulit akan menjadi lebih halus.

3. Menyembuhkan Luka Dengan Cepat

Jika kamu mengalami luka pada kulit, coba saja gunakan ekstrak lidah buaya untuk menyembuhkannya.

Luka akan hilang dengan cepat daripada yang biasanya mungkin agak lama. Hal itu karena didalam lidah buaya terkandung antioksidan dan kalsium.

Kandungan itu mampu membelah sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin) dengan cepat juga menguatkan jaringan wajah, luka akan sembuh secara seketika.

4. Meredakan Gatal dan Randang

Selain dapat membuat luka sembuh lebih cepat, manfaat lidah buaya juga ampuh meredakan gatal dan radang pada kulit.

Daun lidah buaya mempunyai kandungan zat antimikroba dan antiradang yang tentunya membuat radang juga gatal akan reda.

Seperti contohnya jerawat pada wajah, dengan lidah buaya nanti akan sembuh, dan tentu saja kulit lebih cantik berseri.

5. Menangkal Radikal Bebas

Vitamin yang terkandung di dalam lidah buaya mampu menangkal radikal bebas akibat paparan sinar matahari.

Di dalamnya mengandung vitamin A, C dan juga E yang juga sebagai antioksidan. Kamu yang takut mengalami kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, gunakan saja lidah buaya.

Jadi, kamu enggak perlu lagi khawatir jika sering beraktivitas di luar dan terkena paparan sinar matahari, gunakan lidah buaya untuk membasmi radikal bebasnya.

6. Mencegah Penuaan Kulit

Jika ingin memiliki kulit yang sehat dan tidak mengalami penuaan, lidah buaya adalah bahan alami yang dapat dijadikan sebagai pencegahnya.

Didalam lidah buaya terkandung berbagai zat enzim yang tentunya mampu mencegahadanya penuaan terhadap kulit.

Nah, daripada melakukan perawatan yang mahal-mahal, gunakan saja yang gratis dan mudah didapatkan, seperti lidah buaya ini, banyak loh ditemui didepan-depan rumah.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Jenis Kulit

Manfaat lidah buaya berbagai jenis kulit
Wow

Kulit ada banyak jenisnya, ada kulit sensitive, kulit kering, kulit normal dan sejenisnya. Nah, manfaat lidah buaya bagi berbagai jenis kulit itu juga ada banyak loh.

Gak percaya? Berikut manfaat lidah buaya untuk berbagai jenis kulit.

1. Jenis Kulit Normal

Kulit normal alias kulit yang jarang sekali kena masalah, tapi bukan berarti sehat begitu saja, kita harus lebih merawatnya agar tidak bermasalah.

Seperti manfaat lidah buaya untuk kulit normal untuk mencegah terjadinya penuaan, jerawat dan masalah pada kulit lainnya.

Dengan ini, kamu akan terhindar dari berbagai masalah kulit yang biasanya menyerang tanpa adanya batasan umur.

2. Jenis Kulit Kering

Jika kamu salah satu pemilik kulit kering, tentu ini menjadi masalah yang besar bagi kamu. Cobalah untuk memperhatikan kondisi itu.

Gunakan lidah buaya untuk membantu maupun produk yang mengandung lidah buaya sebagai pelembap wajah.

Hal ini akan membantu menghindari kulit iritasi, gatal dan jerawat. Dengan demikian, nanti akan terlihat hasil di wajah kamu yang lebih sehat.

3. Jenis Kulit Berminyak

Ada juga orang yang jenis kulitnya berminyak. Jika ini salah satunya adalah kamu, jangan diamkan begitu saja karena akan mengganggu.

Coba pakai pelembap yang mengandung lidah ekstrak lidah buaya guna menghindari timbulnya jerawat dan juga peradangan pada kulit.

Jika kamu menggunakan produk, hindari produk yang mengandung minyak mineral, karena malah akan membuat wajah semakin berminyak.

4. Jenis Kulit Sensitif

Jenis kulit sensitif biasanya mudah mengalami masalah jika terpapar sinar matahari. Seperti perih, panas bahkan jerawat.

Untuk mencegahnya, gunakan produk yang mengandung ekstrak aloe vera atau lidah buaya yang tidak mengandung alkohol dan parfum.

Sehingga, hal ini dapat membantu membuat kulit wajah kamu menjadi lebih sehat daripada di hari-hari biasa tanpa perawatan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut
Rambut…

Seperti yang sempat saya singgung di atas, manfaat lidah buaya juga berperan penting terhadap kesehatan rambut.

Seperti membuat rambut lebih tebal, mencegah adanya percabangan rambut, mencegah rambut rontok dan banyak lagi.

Berikut adalah manfaat lidah buaya untuk rambut.

1. Mencegah Rambut Rontok dan Bercabang

Bagi kamu yang mengalami rambut mudah patah, rontok atau bercabang, kamu tidak perlu khawatir, yang perlu kamu lakukan adalah merawatnya dengan lidah buaya.

Lidah buaya mampu mengawetkan rambut agar terlihat lebih muda karena kandungan keratin yang ada di dalamnya.

Selain untuk mencegah rontoknya rambut, lidah buaya juga dapat mencegah terjadinya rambut bercabang. Sehingga, untuk merawat rambut yang lebih mudah, gunakan gel lidah buaya.

2. Mencegah Ketombe

Ketombe adalah masalah masalah paling umum terhadap rambut, mengganggu tentunya, maka dari itu cegah agar ketombe tidak timbul dengan lidah buaya.

Selain mencegah timbulnya ketombe, rambut yang berketombe juga akan hilang di usir secara langsung dengan ekstrak lidah buaya ini.

Caranya, teteskan 5-10 perasan lemon kedalam 3 sendok makan gel lidah buaya. Kemudian pijatkan ke rambut 1 jam sebelum keramas dan diamkan selama 10 menit.

3. Menutrisi Rambut dan Kulit Kepala

Lidah buaya juga dapat dijadikan bahan untuk menutrisi rambut serta kulit kepala dengan menjadikan kondisioner ataupun masker rambut.

Jika dilakukan secara teratur, rambut akan lebih kemilau serta mengembalikan vitalitas rambut yang telah hilang akibat hal-hal tertentu.

Setelah keramas, pijatlah rambut dengan gel aloe vera selama beberapa menit agar rambut dan kulit kepada dapat di nutrisi oleh lidah buaya.

4. Melembapkan Rambut

Esktrak lidah buaya pun dapat membuat rambut lebih lembap lagi dengan menggunakan kondisioner gel aloe vera.

Caranya cukup mudah, kamu cukup mengambil gel lidah buaya kemudian jadikan kondisioner mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Lalu bungkus dengan handuk selama kurang lebih 15 menit saja, dan bilas dengan shampo yang kamu miliki.

Baca Juga : 11 Manfaat Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kesimpulan

Jadi, lidah buaya tak hanya berlaku untuk kecantikan saja, namun juga dapat membuat rambut lebih sehat, lebih tebal dan yang lainnya.

Mungkin manfaat di atas tidak semuanya tertulis, ada lagi mungkin manfaat yang lainnya yang belum saya ketahui.

Dan itulah manfaat lidah buaya untuk kulit dan rambut, semoga artikel ini bermanfaat ya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.