Manfaat pare

11 Manfaat Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pare merupakan makanan sayur yang pahitnya minta ampun. Tapi, di balik rasa pahitnya, ternyata ada banyak manfaat pare yang benar-benar wajib kamu tahu loh sahabat kalem.

Kita tentu saja belajar dari manfaat pare yang rasanya pahit, tetapi memiliki khasiat yang luar biasa. Begitu pula dengan manusia, jangan dilihat dari luarnya saja.

Kok jadi curhat? Gak papa lag, sedikit-sedikit agar kita lebih semangat lagi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Baik, kita akan langsung mengetahui apa saja manfaat dari buah pare yang rasanya sangat pahit itu, tidak manis semanis janjimu.

Baca Juga : Bahaya dan Manfaat Kulit Ayam yang Perlu Diketahui

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Manfaat pare untuk kesehatan
Manfaat pare untuk kesehatan

Ada sederet manfaat pare yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Terutama masalah pada jantung. Ternyata, pare dapat dijadikan sebagai obat jantung.

Berikut ini informasi lengkapnya mengenai khasiat dan manfaat makanan pahit yang luar biasa itu.

1. Mengatasi Diabetes

Manfaat pare untuk kesehatan yang paling menakjubkan adalah dapat mengobati diabetes. Bagi kamu yang ingin mengatasi penyakit yang umum menyerang itu dapat di atasi dengan mengkonsumsi pare.

Alasan tersebut dari khasiatnya yang dapat menjaga hormon endokrin didalam tubuh. Hormon tersebut sangat berperan penting dalam penyakit diabetes yang tak terbendung itu.

Pare mengandung Phytonutrient dan Polipeptida-P yang berguna sebagai insulin untuk menurunkan kadar gula darah. Kamu yang hendak mengatasi diabetes dengan cara alami dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi pare.

2. Mengatasi Penyakit Jantung

Selain untuk mengatasi diabetes, buah pare yang kamu konsumsi juga berperan untuk mengatasi masalah jantung. Dimana, pare dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang menyumbat dalam dinding arteri.

Kadar kolesterol jahat yang dapat di basmi oleh pare ini tentu saja membuat kamu terhindar dari penyakit jahat. Maka dari itu, jangan lupakan sayuran saat kamu makan.

3. Mengatasi Masalah Pada Pencernaan

Manfaat pare juga dapat mengatasi masalah pada pencernaan. Bagi kamu yang mengalami masalah pencernaan, terutama sembelit dapat di atasi dengan mengkonsumsi pare.

Hal itu terjadi karena pare dapat merangsang pencernaan makanan lewat usus serta dapat merangsang gerak peristaltik. Jika kamu rajin mengkonsumsi pare, besar kemungkinan semua masalah pencernaan dapat teratasi.

4. Mencegah Kenaikan Asam Lambung

Mungkin ini masih di dalam masalah pencernaan, dimana selain membantu merangsang pencernaan dan gerak peristaltik, pare pun dapat mencegah naiknya asam lambung.

Itu dikarenakan dari rasa pahitnya yang menstimulasi sekresi lendir yang menyeimbangkan asam lambung. Jadi, kamu jangan cemas ketika mengalami masalah pada pencernaan, konsumsi saja buah pare sesering mungkin, tapi harus di atur, jangan berlebihan.

5. Mencegah Radikal Bebas

Kandungan kalori di dalam buah pare sangat rendah, hanya sekitar 177 kalori saja dalam 100 gram. Juga mengandung vitamin C, serat dan kalori yang tentunya sangat penting bagi tubuh.

Manfaat kandungan vitamin C dalam buah pare berguna sebagai antioksidan. Dimana, antioksidan tersebut bisa mencegah radikal bebas yang membahayakan tubuh.

6. Mengatasi Masalah Pernafasan

Buah pare juga dapat mengatasi masalah terhadap pernafasan. Dimana, berdasarkan informasi yang saya dapatkan, buah pare membantu masalah pernafasan seperti asma, pilek, bronkitis, batuk dan masalah pernafasan lainnya.

Pare mampu menjadi antihistamin, ekspektoran, antiinflamasi, antivirus, serta supressant (penekan). Hal tersebut tentunya membuat pare mampu mengatasi berbagai masalah pernafasan.

7. Mampu Menjaga Sistem Imun

Pare sebagai antioksidan alami mampu membentuk pertahanan untuk mencegah benda asing yang dapat membuat kerusakan pada tubuh. Antioksidan tersebut akan menyerang radikal bebas.

Tak hanya itu saja, antioksidan dalam buah pare pun mampu mengusir senyawa berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit. Maka dari itu, mengkonsumsi buah pare adalah cara tepat untuk hidup sehat.

Baca Juga : 6 Kebiasaan Buruk yang Membuat Wajah Cepat Tua

Manfaat Pare Untuk Kecantikan

Manfaat pare untuk kecantikan
Manfaat pare untuk kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata pare juga berperan penting dalam menjaga kecantikan tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut daftarnya.

8. Mengatasi Jerawat

Bagi kamu yang jerawatan dan inign sekali di obati, mengkonsumsi pare adalah langkah penting agar masalah jerawat teratasi. Untuk caranya, bisa sebagai masker, jus tanpa gula, juga di konsumsi.

Jika kamu sering menggunakan buah pare untuk perawatan kecantikan, kamu pun akan mendapatkan manfaat kulit lainnya seperti noda hitam, komedo, dan juga masalah yang lain.

9. Mengatasi Permasalahan Rambut

Meskipun sering di cuci, di bersihin, disisir dandi rawat dengan cara lainnya, tapi terkadang masalah rambut masih saja terjadi, terutama rambut wanita yang biasanya panjang.

Terutama masalah ketombe yang sulit dihilangkan. Tapi, jika kamu mencampurkan jus pare dengan biji jinten dan dioleskan terhadap rambut, masalah ketombe akan hilang dalam satu bulan kedepan.

Kemudian, jika kamu menggosokan sepotong pare dengan gerakan memutar, masalah kulit kering pun akan hilang dengan cepat dan permanen tentunya.

10. Mencerahkan Wajah

Siapa sih yang enggak punya wajah cerah dan cantik alami? Pasti semua orang mau dan rela melakukan apa saja untuk hal itu. Kalau ada yang lebih mudah dan murah, kenapa mesti yang ribet?.

Konsumsi saja jus pare selama 6 bulan setiap pagi, dan rasakan hasilnya. Kulit kusam akan lebih cerah, penuaan akan terhindar, dan wajah pasti cantik berseri.

Loh apa alasannya? Pare mengandung vitamin C yang dapat meregenerasi kulit. Antoksidan mampu mencegah keriput karena berperan sebagai antiaging. So, jangan pernah ngeceng buah pare ya.

11. Dapat Menurunkan Berat Badan

Kamu yang sedang diet, makan ini enggak makan itu enggak dengan alasan agar lemak tidak menumpuk. Tapi, makan buah pare malah membuat kamu jadi lebih ideal.

Antoksidan dalam pare mampu meningkatkan metabolisme tubuh serta pencernaan tubuh. Buah pare pun dapat mengontrol kalori dan air garam karena kalori di dalam pare sangatlah rendah.

Sehingga, bagi kamu yang sedang diet, ingin menurunkan berat badan secara cepat, konsumsi buah pare adalah cara yang paling ideal. Apalagi, mengkonsumsi buah pare bisa membuatmu lebih lama kenyang.

Gimana sob manfaat pare, Luar biasa bukan? Maka dari itu, jangan berkata kalau pare ini tidak bermanfaat apa-apa, walaupun pahit tapi manfaatnya tidak kalah dengan sayuran enak lainnya.

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.