Mau Berjualan Online? Jangan Lupa PIlih Kemasan yang Tepat

Mau Berjualan Online? Jangan Lupa PIlih Kemasan yang Tepat

0 8

Kemasan adalah bagian paling penting dalam sebuah usaha. Baik itu bisnis makanan atau bukan beberapa contoh kemasan primer yang baik sangat diperlukan. Jangan juga hanya fokus pada desain logo yang indah untuk ditempelkan pada kemasan.

Fungsi dari kemasan adalah untuk membuat benda di dalamnya aman apalagi jika produk akan dikirim menggunakan ekspedisi. Kemungkinan barang dilempar dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain sangat tinggi. Kerusakan pada produk di dalamnya pun sangat besar.

Oleh karena itu pemilihan dari kemasan tak boleh dilakukan sembarangan. Bukan soal desain juga tetapi perhatikanlah kualitasnya. Supaya tak salah pilih, ikuti tipsnya berikut ini.

Tips Memilih Kemasan yang Tepat untuk Produk Kamu

Kemasan menjadi salah satu aspek yang akan masuk pada biaya produksi. Kamu perlu memikirkan mahal tidaknya kemasan beserta kualitasnya. Apalagi jika kamu ingin membuatnya lebih menarik.

Tak jarang juga kemasan jadi bagian dari marketing sehingga pemilihannya harus tepat. Berikut ini beberapa tips yang akan membantu kamu mendapatkan kemasan produk terbaik.

Baca juga : Pengertian dan 7 Manfaat Break Even Point Bagi Bisnis

1. Pemilihan material kemasan

Material kemasan jadi pertimbangan pertama dan harus disesuaikan dengan produk. Contohnya saja untuk makanan, produk kuliner membutuhkan kemasan yang paling aman. Khusus makanan, produk harus terlindung supaya udara luar tidak masih dan udara dari dalam kemasan perlu dikeluarkan.

Kamu harus paham apa fungsi dari masing-masing material tersebut. Seperti material metal OPP yang bisa menghalangi sinar matahari serta oksigen masuk ke dalam. Ada juga stand up pouch yang membuat kemasan tak mudah bocor.

2. Pilih ukuran yang tepat

Kemasan yang dipilih harus pas dengan isi produk tak terlalu besar atau kecil. Pertimbangkan juga soal pengiriman produk dalam jumlah banyak. Kamu mungkin akan menyediakan kemasan lusinan dan kemasan per produk.

Menyediakan beberapa ukuran kemasan juga memudahkan pembeli serta proses packing sebelum barang dikirim. Dengan begitu Anda tak perlu lagi mendapatkan kemasan sisa yang terbuang.

3. Fitur yang dimiliki kemasan

Apakah fitur yang diperlukan pada sebuah kemasan bisa disesuaikan dengan jenis produknya. Beberapa fitur yang dimiliki kemasan seperti kemasan vacuum, zipper, atau ada valve.

Khusus kemasan dengan fitur vacuum memiliki kelebihan menjaga keawetan produk di dalamnya. Beda lagi dengan kemasan berfitur zipper yang melindungi dari sinar matahari. Setiap fitur memiliki tujuan penggunaan, Anda tinggal mempelajari dan memilihnya.

4. Kemasan mudah digunakan konsumen

Apakah kemasan yang Anda pilih memudahkan konsumen untuk menggunakannya. Misalnya saja untuk mempersiapkan makanan cepat saji. Nah, apakah kemasan yang dipilih bisa dibuka kapan saja tapi juga memberikan perlindungan maksimal.

Soal kemudahan penggunaan ini bisa disesuaikan dengan siapa target konsumen dan ap produk yang digunakan. Konsumen yang merasa kemasan unik sekaligus mudah digunakan pasti akan lebih memilih produk yang kamu jual.

5. Desain yang memiliki ciri khas

Apa yang dimaksud dengan desain kemasan bukan sekedar gambar logo saja tetapi juga bentuk dari kemasan tersebut. Kamu mungkin sudah menemukan material yang tepat, tapi belum tentu desain kemasannya disukai.

Untuk menentukan desain kemasan kamu bisa memilih yang mudah untuk dikenali. Tujuannya agar konsumen mengingat kemasan sekaligus produk. Lebih banyak yang mengingat tentu produk yang kamu juga semakin laris manis.

Kemasan produk mempengaruhi banyak hal dari keamanan produk sampai marketing. Sebagai pebisnis kamu harus handal dalam memanfaatkannya agar jadi daya tarik tersendiri.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.