Take a fresh look at your lifestyle.

Mengapa Air Dapat Memadamkan Api? Ternyata Begini

Suka Heran Juga, Mengapa Sih Air Dapat Memadamkan Api yang Begitu Panasnya?

0

Air dan api identik dengan suhu dingin dan suhu panas, jika air dipanaskan dengan api maka ia akan panas, namun air juga dapat memadamkan api, lalu apa alasannya mengapa air dapat memadamkan api?

Hal yang sangat aneh memang, api yang panas dapat dipadamkan oleh api, begitupun dengan air yang dingin dapat dipanaskan dengan api kalau ada alas, seperti panci dan yang lainnya.

Memang ini terdengar sangt terkesan dan sangat aneh, namun itu adalah keadaan yang bagaimana harus terjadi, ini adalah dunia nyata yang banyak sekali bahasa ilmiah.

Baca juga : Mengapa Mentega Akan Meleleh Saat Dipanaskan?

Alasan Api Dapat Memadamkan Api

Api yang panas dapat dipadamkan oleh air karena air bertindak sebagai selimut yang menutupi bahan bakar oleh api dari udara yang mengandung oksigen, dengan adanya air, oksigen tidak bisa masuk dan api mati.

Mengapa demikian? Karena, api membutuhkan bahan bakar dan oksigen untuk bertahan hidup. Jadi mengapa air dapat memadamkan api itu sudah benar-benar apa yang sebenarnya.

Jika oksigen dan bahan bakar tersebut terselimuti oleh air yang dingin, maka air pun mati, padam, dan sudah jelas seperti apa yang sering kita lakukan untuk melihat contohnya.

Dua hal yang diserang oleha air, adalah oksigen dan temperatur. Namun api tidak akan padam kalau hanya cipratan air saja, tentu harus banyak untuk menyelimuti dan menutup oksigen agar tidak masuk kedalam api.

Yang lainnya juga mengatakan jikalau air relatif dingin dibanding dengan suhu yang terbakar. Air akan menutup udara atau oksigen menjadi lebih berkurang.

Kontak udara dengan bahan bakar ditutup oleh air, hal tersebut membuat pembakaran berhenti dan tidak bisa dilanjutkan.

Ternyata tak cuma air, namun angin pun dapat memadamkan api, tapi api yang kecil, akan tetapi angin juga bisa membesarkan api.

Untuk pembahasan ini akan nanti kita bahas di waktu yang akan datang, dan sekarang ini cukup sampai pembahasan tersebut, mudah-mudahan kamu sudah paham ya.

Dan kita sudah tahu alasannya mengapa air dapat memadamkan api? Dan itu adalah bahasa ilmiah yang sangat sulit dijelaskan, tapi bukan berarti tidak bisa dijelaskan.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.