Mengapa Alquran Disebut Kitab Penyempurna dari Kitab-kitab Sebelumnya?

Mengapa Alquran Disebut Kitab Penyempurna dari Kitab-kitab Sebelumnya?
Mengapa Alquran Disebut Kitab Penyempurna dari Kitab-kitab Sebelumnya?

Sikalemmengapa alquran disebut kitab penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya? Seorang muslim tidak hanya iman kepada Allah SWT, namun juga harus mengimani kepada semua rukun iman, salah satunya adalah kitab-kitab Allah.

Dalam Islam, kitab-kitab yang wajib kita percaya adalah 4 kitab Suci, yaitu Taurat, Zabur, Injil, serta kitab terakhir yaitu Alquran.

Nah Alquran dalam agama Islam adalah penyempurna dari ketiga kitab suci Allah SWT yang terlebih dahulu yang ada dalam daftar diatas.

Lalu, apakah kamu tahu mengapa alquran disebut kitab penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya? Sementara itu, hal ini sangat wajib kamu ketahui.

Alquran merupakan kitab terakhir yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW (Nabi Muhammad SAW), kitab suci ini menjadi pedoman bagi seluruh umat manusia yang ada di belahan bumi.

Alquran merupakan kitab terakhri yang diturunkan Allah, dan tidak ada lagi kitab yang akan turun setelah Alquran. Seseorang yang membacanya walau hanya satu ayat, itu sudah termasuk ibadah.

Mengapa alquran disebut kitab penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya?

Karena Alquran adalah kitab Suci yang terakhir yang Allah SWT turunkan kepada umat manusia, Alquran ditugaskan sebagai penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya dengan isi yang paling lengkap dan berlaku bagi umat manusia sampai hari kiamat, serta tidak ada lagi kitab yang turun setelah Alquran.

Baca juga: Pengertian dan Arti Thaharah: Mengapa Thaharah Itu Penting?

Baca juga: Arti Istiqomah dan Alasan Mengapa Kita Harus Istiqomah?

Baca juga: Pesan yang Terkandung Dalam Surat Al Kafirun

Jika kitab-kitab sebelumnya khusus untuk pedoman satu umat sesuai dengan tujuan Allah, namun Alquran diturunkan unutk menjadi pedoman seluruh manusia.

Jadi, apakah Alquran hanya pedoman umat Islam saja? Secara harfiah, bahwa tidak hanya berlaku bagi umat Islam, tapi juga pedoman seluruh umat manusia, hanya saja kita berbeda keyakinan dengan yang lainnya.

Kitab-kitab pendahulu hanya berlaku sesaat saja, berbeda dengan Alquran yang tentu berlaku sampai hari kiamat nanti.

Alquran menjadi kitab penyempurna dari 3 kitab sebelumnya dikarenakan semua yang tertulis dalam Alquran adalah hal-hal yang disempurnakan dari kitab terlebih dahulu ada.

Kemudian Alquran diturunkan dengan menghapus sebagian syariat yang tertera dalam kitab pendahulunya, namun melengkapinya dengan perkara dan tuntunan yang sesuai dengan perkembangan akhir jaman.

Alasan mengapa alquran disebut kitab penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya karena isi dalam Alquran yang paling lengkap dari kitab pendahulunya, dan berlaku bagi semua umat manusia sampai dengan akhir jaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.