Mengapa Bawang Merah Disebut Umbi Lapis? Ini Alasannya

Tahukah Kamu, Mengapa Bawang Merah Disebut Umbi Lapis? Ternyata Ini Alasannya

0

Sikalem – Mungkin selama ini kamu pun merasa bingung mengapa bawang merah disebut umbi lapis? Dan ternyata pertanyaan seperti ini juga muncul dalam sebuah soal ulangan di sekolah.

Banyak orang yang memang kurang mengetahui alasan mengapa bawang merah disebut umbi lapis, tentu saja hal itu seharusnya membuat kita tetap mencari tahu apa alasannya.

Dan pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberikan alasan yang membuat bawang merah disebut sebagai umbi lapis, alasan ini tentunya alasan yang sebenarnya.

Semua yang akan saya jelaskan tentang alasan bawang merah disebut sebagai umbi lapis ini dapat menambah wawasan yang baik untuk kamu.

Mengenal Bawang Merah

Bawang Merah
Bawang Merah, Foto : Istimewa

Siapa yang tidak kenal dengan bawang merah? Salah satu bumbu masakan yang terkenal di dunia ini sudah tidak asing lagi secara umum, selain ibu-ibu bahkan anak kecil juga tahu apa itu bawang merah.

Bawang yang memiliki bentuk yang khas, bau yang khas, juga warna yang merah ini termasuk jenis umbi juga loh ternyata, hal ini tentunya bukan tanpa alasan.

Bawang merah yang digunakan sebagai bumbu masakan juga ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh kita, bahkan sebagai obat juga bisa loh digunakan.

Sebagai masakan, bawang merah biasa digunakan sebagai penyedap rasa, karena dengan bawang merah rasa akan menjadi lebih enak dan lebih gurih.

Bahkan membuat sambel pun kalau sambelnya mau lebih enak, harus ditambahkan dengan bawang agar rasanya khas yang luar biasa.

Lalu sebenarnya apa alasan mengapa bawang merah disebut umbi lapis? Sebagai besar orang memang tidak memperdulikan hal tersebut, tapi ini sebagai untuk menjawab soal sangat penting.

Bawang merah yang berasal dari Pakistan tersebut kini menyebar ke berbagai belahan dunia, baik yang tropis maupun sub tropis.

Nah sekarang kita coba lihat alasan terkait pertanyaan tersebut agar kamu tahu dan agar kamu enggak salah lagi memahami bahwa bawang merah disebut umbi lapis.

Baca juga : 8 Alasan Mengapa di Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi?

Baca juga : Mengapa Mentega Akan Meleleh Saat Dipanaskan?

Mengapa Bawang Merah Disebut Umbi Lapis?

Bawang Merah Terbentuk Lapisan
Bawang Merah Terbentuk Lapisan, Foto : Istimewa

Bawang merah disebut sebagai umbi lapis karena terdapat umbi yang dibentuk dari pangkal daun dan tersusun secara rapi serta berlapis-lapis, pangkal daun dari bawang merah juga dapat berubah fungsi menjadi umbi lapis.

Jadi itulah jawabannya mengapa bawang merah disebut umbi lapis, hal itu berdasarkan jenis dari pangkal-pangkal bawang itu sendiri yang memang akan beruah menjadi umbi lapis.

Sahabat kalem, umbi lapis memang terdapat beberapa jenis tanaman, ya salah satunya adalah bawang merah dengan alasan disebutnya sebagai umbi lapis tentu sudah kita jelaskan diatas ya.

Sementara itu, bau dari bawang yang sangat menyengat ternyata memiliki filosifi sendiri didalamnya, akan tetapi kita tidak dapat menjelaskannya.

Umbi lapis yang umumnya digunakan untuk bahan-bahan dasar masakan tersebut juga menghasilkan manfaat yang luar biasa.

Tahukah kamu bahwa barang merah juga dapat dijadikan sebagai obat rempah yang alami? Bahkan di kampung saya sendiri sudah menjadi rahasia umum bahwa bawang merah dapat dijadikan sebagai obat rempah.

Nah sahabat kalem, jadi sekarang kita sudah tahu alasan mengapa bawang merah disebut umbi lapis? Kamu tidak perlu bingung lagi ya, silakan gunakan alasan diatas untuk menjawab sebuah pertanyaan dan juga jadikan sebagai wawasan untuk kamu.

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.