Mengapa Istilah Praaksara Lebih Tepat Dibandingkan Dengan Istilah Prasejarah?

Berikut Alasannya

0

Sikalem – Apakah kamu tidak tahu mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah? Kalau memang tidak, kamu dapat mengetahui alasannya yang sudah admin rangkum berikut.

Prasejarah adalah jaman dimana mereka belum mengenal tulisan, bermulanya pada saat makhluk homini memanfaatkan batu sebagai perkakasanya, lantas mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah?

Sebelum kita mendapatkan jawabannya, kita sedikit mengulas terlebih dahulu guna menambah wawasan untuk kamu pahami tentang jaman prasejarah ini.

Karena penting untuk kamu pahami juga tentang sejarah-sejarah ya.

Zaman Praaksara Bukan Prasejarah

Sebelum kita cari tahu mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah, kita disini bahas dulu terkait zaman tersebut yang sepertinya akan sangat bermanfaat jika sedikit ada ulasannya.

Pemanfaatan batu pada 3,3 juta tahun silam oleh makhluk homini kala itu, zaman prasejarah hilang setelah tulisan tercipta, kita tahu bahwa jaman ini makhluk-makhluk belum mengenal tulisan.

Sistem tulisan yang belum dikenal pada saat itu, maka Zaman prasejarah disebut juga sebagai zaman praaksara atau zaman Nirleka.

Apakah kamu sudah paham singkat sejarah dari jaman tersebut? Coba sekarang kita tahu alasannya mengapa lebih tepat praaksara ketimbang prasejarah.

Ilustrasi Lukisan Zaman Batu
Ilustrasi Lukisan Zaman Batu, Foto : GRID

Istilah Praaksara Lebih Tepat Dibandingkan Istilah Prasejarah

Istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah karena prasejarah dimaknai sebelum sejarah atau sebelum keberadaan aktivitas manusia, sedangkan praaksara dimaknai sebelum manusia mengenal tulisan.

Jelas bahwa aktivitas manusia sudah ada pada zaman praaksara.

Yang perlu kita ketahui Pra berarti sebelum, sedangkan sejarah berhubungan dengan masa lalu pada aktivitas-aktivitas manusia. Artinya prasejarah sebelum adanya sejarah yang berarti sebelum ada aktivitas manusia.

Baca juga : Sejarah Sebagai Peristiwa Juga Disebut Sejarah Ini

Baca juga : Zaman Disaat Segala Sesuatu Belum Terjadi

Maka dari itu alasan mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah karena memang istilah praaksara menggambarkan keberadaan manusia saat mereka belum mengenal tulisan.

Sedangkan kita juga sudah membahas bahwa prasejarah sebelum adanya aktivitas manusia, sebelum ada sejarah, jadi istilah ini memang dirasa kurang tepat.

Memahami Istilah Praaksara

Dari jawaban diatas sudah kita ketahui alasan mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah. Nah, para ahli lebih mempopulerkan sitilah praaksara yang berakitan dengan jawaban yang sudah ditulis diatas.

Ahli mengganti istilah prasejarah dengan praaksara karena memang lebih tepat seperti silsilah pada makna-makna prasejarah dan praaksara seperti yang tertulis.

Pra aksara berasal dari dua kata, begitupun dengan prasejarah. Pra berarti sebelum, dan aksara berarti tulisan, jadi praaksara adalah jaman dimana manusia belum mengenal tulisan.

Sementara itu, prasejarah berarti jaman dimana belum ada aktivitas manusia pada saat itu.

Apakah sudah kamu pahami sahabat kalem apa yang dimaksud pada pembahasan diatas? Ya jadi sekarang kamu sudah tahu bahwa memang praaksara lebih tepat dibandingkan dengan prasejarah sesuai dengan maknanya sendiri.

Hewan Zaman Praserajah
Hewan Zaman Praserajah, Foto : IDN Times

Kesimpulan

Sesudah ini kita sekarang paham bahwa istilah praaksara lebih tepat daripada prasejarah, pada pembahasan diatas bisa kamu simak secara seksama agar lebih paham karena memang menggambarkan sebuah sejarah itu sangat sulit untuk kita pahami.

Jadi itulah alasan mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah, semoga penjelasan yang disebutkan diatas bermanfaat untuk kamu menambah wawasan dan kaya akan pengetahuan.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.