Mengapa Kita Harus Menerapkan Hidup Rukun? Ini 5 Alasannya

0 56

Mengapa kita harus menerapkan hidup rukun? Tentu jawabannya sangat masuk, apapun yang terjadi, kehidupan yang rukun itu sangatlah penting untuk kita terapkan, maka admin ingin sekali membahasnya.

Namun perlu kamu ketahui, alasan mengapa kita harus menerapkan hidup rukun ini terdapat banyak sekali, mungkin salah satunya adalah manfaat yang kita rasakan, seperti banyaknya bantuan karena kerukunan.

Nah, disini tentu admin akan membagikan beberapa diantaranya yang sudah berhasil admin temukan, tahu kan tujuan admin kalem apa? Yaitu mencari tahu untuk memberi tahu kepada sahabat kalem.

Alasan Mengapa Kita Harus Menerapkan Hidup Rukun

Alasan Mengapa Kita Harus Menerapkan Hidup Rukun
Istimewa

Salah satu alasan yang sangat baik adalah menghindari dari perselisihan, berburuk sangka, serta memudahkan kita dalam mendapatkan bantuan ketika kita sedang masa-masa kesulitan yang tentunya membutuhkan bantuan dari orang lain.

Namun, admin ingin menyampaikan lebih detail lagi mengenai 5 manfaat hidup rukun, berikut yang sudah admin rangkum, diantaranya:

Baca juga : 8 Alasan Mengapa Kita Harus Cinta Produk Indonesia

1. Menerapkan Hidup Rukun Menghasilkan Suasana yang Aman, Damai, Harmonis, dan Tentram

Tentu saja ini menjadi alasan yang sangat baik, dimana kita akan suguhkan dengan suasana kehidupan yang aman, damai, harmonis, juga tentram. Tentu itu mudah kita dapatkan jika menetap hidup rukun.

2. Menghindari Perselisihan dan Buruk Sangka

Percayalah, ketika kita menerapkan hidup rukun, semuanya akan terhindar dari perselisihan dan buruk sangka. Kenapa? Karena kerukunan akan melengketkan satu sama lain dan membuatnya saling percaya serta saling menghargai.

3. Saling Peduli dan Saling Membantu Satu Sama Lain

Individu yang rukun selain meningkatkan kepercayaan dan menghindari dari perselisihan, jelas alasannya memudahkan kita mendapatkan bantuan karena rasa peduli itu. Buat apa hidup rukun kalau tidak peduli? Rukun berarti saling menghargai, tentu saja saling peduli pula.

4. Mengurangi Kejahatan

Faktanya, kejahatan yang terjadi bukan dari orang luar, melainkan dari dalam individu itu sendiri. Jika kehidupan tidak rukun, pasti kejahatan akan mudah bertebaran karena tidak ada kepedulian. Namun, jika rukun bersama, maka kejahatan akan terhindari.

5. Toleransi dan Menghargai Perbedaan

Berbeda dengan peduli, kalau peduli mungkin hanya pada tertentu saja. Akan tetapi, dengan adanya hidup rukun, kepedulian itu tidak akan melihat siapa dia? Karena toleransi dan saling menghargai perbedaan adalah manfaat dari hidup rukun.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Kita Perlu Melestarikan Hewan Langka

Jika Hidup Rukun Tidak Dilakukan

Jika Hidup Rukun Tidak Dilakukan
Istimewa

Kalau hidup rukun tidak kita terapkan, jangan berharap manfaat diatas akan kamu dapatkan. Mengapa kita harus menerapkan hidup rukun yaitu untuk mendapatkan manfaat yang sudah tertulis serta menghindari dari hal-hal buruk.

Maka dari itu, mulai dari sekarang jangan sampai saling tidak kenal dengan tetangga maupun teman sekolah. Ada baiknya saling menghormati dan rukunlah dalam individu yang ada, baik dalam masyarakat umum maupun dalam individu yang lainnya.

Sudahkah kamu mendapatkan jawaban yang tepat dari suatu pertanyaan yang tertulis? Kalau iya, tunggu apa lagi, masihkah menyepelekan kerukunan antar sesama maupun perbedaan?.

Baca juga : Inilah Alasan Mengapa Terjadi Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Kesimpulan

Kita sadar bahwa dijaman ini nyatanya akan sangat sulit untuk menerapkan rukun, berbeda dengan jaman dulu yang sangat antusias untuk menerapkan kebiasaan yang bagus dan sangat wajib dilakukan ini, karena perubahan jaman.

Tapi, bukannya tidak mungkin, kita pasti bisa. Meskipun memang masih sering banyak perselisihan, seperti yang admin lihat dari berita-berita yang bertebaran.

Mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan, demikian alasan mengapa kita harus menerapkan hidup rukun? Ya jawabannya adalah untuk saling menghargai dan apa yang tertulis diatas.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.