Mengapa Manusia Wajib Menuntut Ilmu? Ini 5 Alasannya

Ini Alasan Mengapa Manusia Wajib Menuntut Ilmu

0 623

Ilmu itu ada banyak, mulai dari ilmu dunia dan akhirat, ilmu juga bisa kita raih dengan belajar, lantas apa alasannya, mengapa manusia wajib menuntut ilmu?.

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China, sering mendengar istilah tersebut? Maka dengan istilah itu ada yang harus kita pahami mengapa manusia wajib menuntut ilmu.

Dengan peribahasa tersebut mungkin tidak mudah kamu nikmati dan pahami, tapi percayalah ilmu benar-benar wajib di tuntut oleh setiap manusia yang ada.

Baca juga : 10 Kewajiban Para Pelajar Sebagai Warga Negara

Mengapa Manusia wajib Menuntut Ilmu?

Karena pada dasarnya, dunia dan akhirat hanya bisa diraih dengan ilmu, jika ilmu tidak kita tuntut, jangan harap bisa mencapai dunia dan akhirat.

Ilmu tidak hanya pemahaman yang benar-benar luas, akan tetapi, dalam agama misalnya, kewajiban yang harus dilakukan, contohnya Shalat.

Jelas kita harus berilmu, dengan mengetahui apa sih yang membuat kita harus shalat? Maka dengan tidak adanya ilmu, tidak mungkin kita bisa memahaminya.

Dengan demikian, ilmu itu bukan soal keistimewaan yang dimiliki oleh seseorang, melainkan ilmu yang membuat orang bisa mencapai dunia akhirat meski hanya sedikit saja.

Berikut alasan yang banyak, mengapa manusia wajib menuntut ilmu, diantaranya:

  1. Ilmu diwajibkan oleh Allah untuk kita raih
  2. Orang yang berilmu akan memiliki derajat yang tinggi
  3. Mudah sukses karena banyak pengetahuan
  4. Mudahnya mencari pekerjaan yang diharapkan
  5. Dihargai oleh orang banyak

Sudah paham maksudnya? Jadi jangan salah ketika orang berkata “tuntutlah ilmu sampai ke negeri china” maka itu adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap manusia.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Kita Harus Menjaga Lingkungan Hidup

Hidup Tanpa Ilmu

Kelak kita sudah mengetahui apa alasannya mengapa manusia wajib menuntut ilmu, dengan demikian hidup tanpa ilmu itu tidak akan berguna.

Sedikit saja ilmu yang kita miliki akan sangat berguna untuk mendalami kehidupan kita yang nyata, sehingga akhirat pun mudah kita gapai jika kita berilmu.

Jika kita tidak berilmu, besar kemungkinan kita tidak akan diharagi oleh orang banyak, karena kebodohan kita yang luar biasa.

Mungkin itulah yang bisa admin sampaikan terkait hal tersebut, mengapa manusia wajib menuntut ilmu? Nah sekarang kamu tinggal meraih ilmu sampai ke negeri China.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.