Mengapa Mata Pencaharian Penduduk Berbeda Sesuai Lingkungan Tempat Hidupnya?

Mengapa Mata Pencaharian Penduduk Berbeda Sesuai Lingkungan Tempat Hidupnya?
Ilustrasi nelayan, foto: Istimewa

Sikalem – Pernahkah kamu berfikir bahwa setiap mata pencaharian orang-orang itu berbeda disetiap penduduknya? Jika pernah berfikir tentang hal ini, apakah kamu tahu alasannya mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya?

Setiap wilayah memiliki perbedaan mata pencaharian, mungkin hal inilah yang membuat perbedaan mata pencaharian.

Namun tentu saja, disini kita dengan senang hati akan lebih menelusuri hingga kamu menemukan jawaban yang benar-benar membuat kamu menambah ilmu pengetahuan yang begitu luar biasa.

Mata Pencaharian Dalam Zona Daerah Tertentu

Dalam beberapa zona yang memungkinkan kamu untuk mencari sebuah pengalaman dalam meneruskan berlangsungnya hidup, mungkin kamu merasakan beberapa perbedaan ketika berpindah zona tempat.

Dimana, dalam menemukan unsur dan penyebab mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya ini membuat kamu akan memahami setelah kamu merasakan perbedaannya.

Tentu saja, dalam beberapa daerah yang memiliki zona berbeda, akan mendapati pengalaman pekerjaan yang bahkan bisa lebih sulit dan bisa lebih mudah.

Seperti misalnya pada mata pencaharian di daerah pegunungan, jika di bandingkan dengan perkotaan itu akan sangat terasa perbedaannya.

Ilustrasi petani
Ilustrasi petani, foto: Istimewa

Baca juga: Mengapa Bagian Pedalaman Benua Lebih Rendah Kepadatan Penduduknya Dibandingkan Bagian Pesisir Benua?

Baca juga: 8 Alasan Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia

Mengapa Mata Pencaharian Penduduk Berbeda Sesuai Lingkungan Tempat Hidupnya

Karena sumber daya yang dikembangkan sesuai dengan kondisi wilayah tempat para penduduk, misalnya di daerah pesisir maka mereka lebih cocok menjadi nelayan, atau di daerah pegunungan mereka lebih cocok menjadi petani.

Lebih singkatnya mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya dikarenakan pengembangan sumber daya setiap daerah itu berbeda sesuai dengan kondisi zona wilayahnya masing-masing.

Jadi, saat kamu mencari wawasan, enggak perlu basa basi untuk memahaminya, ungkapkan saja lebih singkat bahwa faktornya karena pengelolaan sumber daya berbeda yang disesuaikan dengan kondisi tempat tinggal penduduknya.

Perbedaan Sumber Mata Pencaharian di Tiga Zona

Dalam hal ini, mungkin kita mencoba menggunakan tiga zona wilayah, diantaranya wilayah pesisir laut, pegunungan dan juga perkotaan.

Dalam ketiga zona tersebut sangat jelas bahwa sumber mata pencaharian mereka berbeda, hal ini karena pengelolaan sumber dayanya pun jauh berbeda.

Sumber daya alam daerah pegunungan
Foto: Istimewa

  • Wilayah perkotaan identik dengan perusahaan, perkantoran, toko, bisnis, karyawan, dan lain sebagainya;
  • Wilayah pegunungan yang lebih mengutamakan pertanian, hasil alam yang mereka gunakan untuk menghasilkan uang hingga makanan;
  • Wilayah pesisir luat mereka mengutamakan mata pencaharian dari laut, seperti mencari ikan, rumput laut, dan yang lainnya;

Tapi kita kembali pada pertanyaan diatas mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya? Ya memang menjadi pertanyaan yang luar biasa, karena ada beberapa perbedaan dalam mata pencaharian mereka.

Tapi, kalau kita lebih mendalami lagi, ada banyak sekali sumber mata pencaharian setiap manusia, dan mereka melakukan sesuai apa yang mereka bisa, tidak perlu dipaksakan yang penting kita melakukannya sesuai nyali.

Kesimpulan

Dalam menjalani kehidupan yang lebih baik, apalagi dijaman sekarang yang semuanya butuh hal yang lebih baik lagi. Maka mata pencaharian yang dilakukan setiap orang itu tentu saja sangat penting.

Tapi, jika kita membedakan antara ketiga itu, kalau hanya untuk makan di daerah pegunungan lebih gampang, kita tidak perlu memiliki banyak uang, namun sebaliknya dengan daerah yang lain.

Nah sahabat kalem, dalam penjelasan diatas sudah sangat jelas alasannya mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya? Dan semoga itu dapat meningkatkan wawasan kamu ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.