Mengapa Mentega Akan Meleleh Saat Dipanaskan?

Apa Penyebabnya, Mengapa Sih Menteg Meleleh Saat Dipanaskan?

0

Mungkin sebagian orang termasuk admin tidak begitu banyak tahu, mengapa mentega akan meleleh saat dipanaskan?.

Namun itu semua ternyata ada penyebab yang terjadi, kita hanya mengenali yang terjadi saja tanpa mengetahui mengapa mentega akan meleleh saat dipanaskan.

Saat admin mencari tahu, akhirnya berhasil menemukan alsan yang sangat masuk akal untuk kamu pahami terkait dengan melelehnya mentega.

Mengapa Mentega Akan Meleleh Saat Dipanaskan?

Mentega atau bisa disebut margarin melelh ketika dipanaskan, hal ini terjadi akiabt faktor perubahaan wujud dari benda padat ke benda cair yang diakibatkan oleh panas.

Dengan arti yang signifikan, mentega meleleh karena suhu panas. Pun dengan benda padat lainnya juga banyak yang meleleh pada saat dipanaskan.

Karena panas bisa merubah bentuk wujud dari benda padat menjadi benda cair, bahkan dengan panas yang tinggi, besi yang keras pun bisa meleleh.

Itu semua karena adanya panas yang membuat hal tersebut terjadi, maka enggak usah heran lagi ketika adanya benda padat yang meleleh karena panas.

Baca juga : Ini yang Dimaksud Dengan Pemuaian, dan Terjadinya Pada Ban

Mentega Meleleh Karena Api?

Sebenarnya tidak hanya api, mengapa mentega akan meleleh saat dipanaskan, bisa juga diakibatkan oleh suhu panas yang terjadi.

Mungkin kalau kamu menjemur mentega dengan suhu matahari yang sangat tinggi, bisa juga ia akan mengalami lelehan, hal itu lagi-lagi karena panas.

Benda panas bukan hanya api, apalagi sekarang ini banyak sekali barang-barang elektronik yang memiliki khusus untuk memanaskan suatu hal.

Seperti listrik yang dapat memasak nasi melalui rice cooker, itu adalah konsep domana listrik menjadi benda panas yang juga bisa mencarikan mentega.

Jangan salah jika hanya api yang dapat mencairkan mentega, bahkan mungkin air juga jika direndam dengan waktu yang lama, dikemudian mentega akan cair juga.

Baca juga : 3 Interaksi yang Terjadi Dalam Lingkungan Alam?

Kesimpulan

Jadi, penyebab cairnya mentega atau margarin karena perubahan wujud yang diakibatkan oleh panas, panas adalah faktor yang membuat benda padat menjadi cair.

Sudah paham maksudnya? Maka itulah alasannya, mengapa mentega akan meleleh saat dipanaskan? Semoga membantu dan jawaban fisika kamu benar ya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.