Ini Alasan Mengapa Pembangunan Budaya Harus Dilakukan

0 11

Hai sahabat kalem, kamu mau tahu apa saja alasannya mengapa pembangunan budaya harus dilakukan? Tentu kamu akan tahu jawabannya disini.

Mencair ilmu dengan cara ketikan saja sudah sangat mantap, meskipun tak semantap berguru, tapi seperti kamu akan mendapatkan alasan mengapa pembangunan budaya harus dilakukan tidak harus berguru.

Tentu bukan tanpa alasan kenapa budaya itu harus dikembangkan, ada alasan-alasan yang benar-benar mampu menjawab terkait pertanyaan diatas.

Budaya diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia, budaya sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi.

Disini admin tidak membahas pengertian maupun jenis-jenis atau unsur dari budaya, mungkin dilain artikel admin akan membahasnya, disini hanya akan membahas alasan mengapa budaya itu perlu dibangun dan dikembangkan.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Manusia Disebut Makhluk Paling Sempurna

Mengapa Pembangunan Budaya Harus Dilakukan?

Mengapa Pembangunan Budaya Harus Dilakukan?
Rumah Adat Banten

Dengan membangun budaya artinya kita mengembangkan agar budaya terus lestari, maju, tidak mati, dan tentu akan menjadi maskot dari kebudayaan daerah masing-masing dan kita menjaga titipan para leluhur.

Hal kecil saja jika budaya tidak dibangun dan itu tidak akan berkembang, maka apa yang kebiasaan dulu dilakukan nenek moyang kita, tidak lagi kita lakukan karena kebudayaan tersebut sudah mati.

Sedangkan kita memasuki jaman dimana budaya-budaya luar masuk ke negeri kita, dengan mudah dan bangga kita menanggapi dan menerima budaya dari luar tersebut.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Kita Perlu Melestarikan Hewan Langka

Budaya asal kita malah kita lupakan, akibatnya ini akan menjadi acuan yang buruk dari kita sebagai warga negara dan sebagai manusia yang tidak luput dari kebiasaan.

Budaya juga adalah kebiasaan-kebiasaan tersendiri yang turun temurun dari leluhur kita, berbeda daerah budaya juga sangat berbeda, contohnya saja masyarakat Jawa dan Sunda, kedua suku ini memiliki budaya yang beda.

Jadi alasannya, mengapa pembangunan budaya itu harus dilakukan yakni untuk menjaga agar budaya tersebut tetap ada. Kalau saja tidak dikembangkan, mungkin akan diakui oleh negara lain, apa yang terjadi?.

Tentu kita akan sangat rugi, budaya yang tadinya melekat dalam diri leluhur kita, mereka mengharuskan kita untuk menjaganya malah hancur di akui oleh orang asing, dan kita menjadi penikmat budaya orang asing, seperti kebiasaan makan dengan sendok itu pun salah satunya.

Kenapa? Nenek moyang kita dulu (mungkin hanya sebagaian daerah) makan tidak dengan menggunakan sendok, hanya dengan menggunakan jari secara langsung.

Karena budaya luar semakin merajalela ke negara kita, jadilah kita sebagai penikmat budaya luar, sedangkan budaya sendiri dilupakan.

Sebaiknya pada mata pelajaran sekolah SBK, IPS atau PPKn ya admin lupa, kamu dapat mempelajari tentang budaya, admin dulu pernah juga mempelajarinya ketika masih SMP.

Apalagi dijaman globalisasi ini yang mungkin segera memasuki era 4.0, semakin kesini budaya asing semakin berkembang ditanah Nusantara, sementara budaya pribumi malah semakin hilang.

Meski tidak hilang di muka bumi, namun diakui oleh negara lain yang mengklaim budaya tersebut. Contoh kecil saja, mungkin dapat admin berikan Batik.

Batik adalah baju khas Jawa yang kemarin-kemarin admin mengetahuinya diklaim oleh negara China, tentu saja itu sangat buruk, padahal batik sudah dijadikan sebagai warisan dunia UNESCO yang berasal dari Indonesia.

Mungkin yang admin jelaskan diatas dapat membantu kamu mengenai alasan tentang pembangunan budaya, kalau kamu kurang yakin dengan jawaban dan alasan itu, coba kamu lebih mempelajarinya lagi di sekolah.

Kalau alasannya sama, berarti apa yang ditulis admin bermanfaat bagi kamu, maka demikian alasan mengapa pembangunan budaya harus dilakukan, jangan lupa berbagi ke teman kamu.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.