4 Alasan Mengapa Penduduk Indonesia Sebarannya Tidak Merata

Ternyata ini alasannya, mengapa penduduk-penduduk Indonesia tidak tersebar secara merata

0

Sikalem – Indonesia merupakan negara dengan kepulauan terbesar, namun dari masalah masyarakat atau penduduknya, apakah kamu tahu mengapa penduduk Indonesia sebarannya tidak merata?

Yang menjadi perhatian khusus, dari besarnya negara Indonesia yang menjadi perhatian dunia, bahkan kekayaan Indonesia sudah tak bisa diragukan lagi.

Tetapi, dibalik semua itu ternyata penduduk Indonesia tidak tersebar secara merata, hal ini tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk kita cari tahu alasannya guna mengetahui lebih dalam.

Persebaran Penduduk Indonesia

Persebaran Penduduk Indonesia
Peta Indonesia

Menurut laporan, masyarakat penduduk Indonesia masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. Artinya penduduk terpadat adalah Pulau Jawa, lalu yang kedua adalah Sumatera, lalu diikuti Sulawesi, Nusa Tenggara, Bali, Maluku dan Papua.

Namun yang paling padat dari banyaknya pulau-pulau besar di Indonesia, pulau Jawa inilah yang paling padat. Dan tentu saja, alasan mengapa penduduk Indonesia sebarannya tidak merata ini sangat banyak.

Hal ini membuat kamu harus lebih memperhatikan kembali apakah Indonesia benar-benar memiliki persebaran yang rata atau tidak merata?

Tentu saja ketika kita lihat maka sudah jelas bahwa persebaran masyarakat di negara kita benar-benar tidak merata.

Alasan Penduduk Indonesia Tidak Tersebar Merata

Alasan Penduduk Indonesia Tidak Tersebar Merata
Foto: Istimewa

Salah satu alasan mengapa penduduk Indonesia sebarannya tidak merata adalah kesuburan tanah, di daraeh tertentu kesuburan tanah kurang baik sehingga kesulitan masyarakat dalam bercocok tanam.

Namun apakah kamu tahu, selain hal itu ternyata ada beberapa hal yang menjadi alasan pengaruh tidak meratanya penduduk-penduduk yang ada di Indonesia?

Baca juga: Apa yang Dimaksud Dengan Dinamika Penduduk? Berikut Pengertiannya

Baca juga: Pandangan Hidup Masyarakat Indonesia Berlandaskan Hal Ini

1. Kurangnya Ketersediaan Lapangan Pekerjaan

Pertama, mengapa penduduk Indonesia sebarannya tidak merata tentu yang perlu kamu ketahui adalah ketersediaan lapangan pekerjaan. Kurangnya lapangan pekerjaan di daerah tertentu menyebabkan masyarakat yang sulit tinggal di tempat tersebut.

Sehingga mereka beralih tempat ke daraeh-daerah yang memiliki ketersediaan pekerjaan. Hal ini yang harus kamu perhatikan, apalagi pekerjaan sangat penting untuk berlangsungnya kehidupan.

2. Kualitas Pendidikan

Kualitas pendidikan yang tidak merata juga salah satu alasan dan penyebab mengapa penduduk Indonesia sebarannya tidak merata. Hal ini memang masuk akal, sehingga mereka yang berpendidikan mungkin tidak melulu harus tinggal di tempatnya masing-masing.

Lalu mereka yang pendidikannya kurang, mungkin juga tersebar secara tidak rata di beberapa daerah. Coba kamu perhatikan bahwa pendidikan sangat penting untuk meratakan penduduk Indonesia.

3. Kesuburan Tanah yang Kurang Baik

Jika kesuburan tanah dari daerah A kurang baik, maka mereka akan beralih tempat ke daerah yang memiliki kesuburan tanah lebih baik, maka mereka menemukan daerah B.

Tentu saja ada yang mau pindah dan ada juga yang tetap tinggal di daerah A, sehingga menyebabkan penduduk tidak merata akibat dari kesuburan tanah yang kurang cocok untuk bercocok tanam.

4. Pengelolaan Sumber Daya Alam

Kemudian, yang menjadi alasan dan penyebab mengapa penduduk Indonesia sebarannya tidak merata adalah pengelolaan sumber daya alam dan penyebarannya yang kurang maksimal.

Sehingga mereka lebih memilih tinggal di daerah yang terkelola dengan baik, tentu saja hal ini membuat penduduk tertinggal di beberapa daerah lebih sedikit dibandingkan dengan daerah yang lainnya.

Dampak Persebaran Penduduk yang Tidak Merata

Dampak Persebaran Penduduk yang Tidak Merata
Foto: Istimewa

Lalu, selain kita menemukan penyebab mengapa penduduk Indonesia sebarannya tidak merata, kita juga harus tahu apa saja dampat yang terjadi ketika persebaran tidak merata.

Berikut ini dampak-dampak akibat tidak meratanya penduduk yang tertinggal di suatu daerah.

  1. Kualitas penduduk yang “kemungkinan” akan semakin menurun karena fasilitas yang kurang mumpuni;
  2. Meningkatnya jumlah pengangguran yang diakibatkan dari jumlah pekerja yang tinggi;
  3. Luas areal pertanian daerah B semakin sempit, karena daerah B lebih banyak dibandingkan daerah A;
  4. Timbulnya angka kemiskinan yang semakin tinggi;
  5. Pendidikan yang kualitasnya kurang baik, apalagi di daerah-daerah terpencil;
  6. Kesejahteraan, usaha, pembangunan juga tidak akan merata dampak dari penduduk yang tidak merata;

Jadi selain itu, mungkin masih banyak lagi dampak yang terjadi, akan tetapi apakah kamu sudah yakin bahwa daerah A dan daerah B memiliki jumlah penduduk yang berbeda? Bahkan perbandingannya 4 kali lipat?

Ya Itulah yang terjadi, karena beberapa alasan yang membuat masyarakat lebih banyak di daerah B, dan tentu saja harus lebih diperhatikan lagi, terutama pengelolaan sumber daya dan kualitas pendidikan serta pekerjaan.

Kesimpulan

Nah sahabat kalem, kalau kamu memperhatikan kembali bahwa ternyata dari alasan itu menyebabkan dampak yang membuat kita semakin kesulitan, dan tentu saja harus lebih mempertimbangkan lagi untuk giat dalam meningkatkan sumber daya dan pekerjaan.

Alhasil, alasan mengapa penduduk Indonesia sebarannya tidak merata diakibatkan dari beberapa faktor yang dapat kamu simak kembali diatas, semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.