Mengapa Tanah Liat Mudah Dibuat Menjadi Berbagai Bentuk?

Berikut Alasan Mengapa Tanah Liat Mudah Dibuat Menjadi Berbagai Bentuk

0

Sikalem – Sahabat kalem, kali ini kita akan membahas secara tuntas terkait dengan alasan, mengapa tanah liat mudah dibuat menjadi berbagai bentuk? Karena pertanyaan seperti ini sangat penting untuk kita bahas guna mendapatkan jawaban yang maksimal dan benar-benar jawaban yang akurat.

Alasan Tanah Liat Mudah Dibuat Menjadi Berbagai Bentuk

Alasan Tanah Liat Mudah Dibuat Menjadi Berbagai Bentuk
Alasan Tanah Liat Mudah Dibuat Menjadi Berbagai Bentuk, Foto : Istimewa

Karena tanah liat memiliki sifat yang sangat lengket, sehingga mudah dibuat berbagai bentuk sesuai dengan kemauan pembentukan. Sifat lengket pada tanah liat diakibatkan dari adanya kandungan mineral lempung. Lalu tanah liat juga teksturnya sangat lentur.

Meskipun tanah liat ini sebenarnya gumpalan yang sangat keras, dan liat, namun ketika terkena air dan menjadi basah, maka tanah akan berubah menjadi lengket.

Hal itu dikarenakan adanya kandungan yang tadi di jelaskan, sehingga sahabat kalem enggak perlu bingung dengan alasannya yang menyertai pertanyaan mengapa tanah liat mudah dibuat menjadi berbagai bentuk?

Baca juga : Alasan Mengapa Banyak Produk yang Menggunakan Logam?

Karena jawabannya sangat simpel, adanya kandungan mineral lempung yang membuat tanah liat menjadi lengket, dan dari situlah tanah tersebut bisa dibentuk apapun sesuai dengan kemauan.

Perubahan Sifat Tanah Liat

Meskipun seperti yang dijelaskan diatas bahwa sifat tanah liat mulanya keras, namun ia akan berubah sifat menjadi lengket, lentur dan lembut dikarenakan kandungan mineral lempung tadi.

Maka sudah terjawab alasan mengapa tanah liat mudah dibuat menjadi berbagai bentuk? Bukan alasan yang banyak, hanya alasan dari sifat tanah tersebut.

Mungkin sahabat kalem juga sudah mencoba melakukan riset, dimana sahabat mencari dan mengumpulkan sedikit tanah liat, pasti awalnya sangat keras dan berbentuk gumpalan.

Namun, setelah sahabat kalem membasuhnya dengan air, maka sifat keras tadi akan berubah menjadi lentur, lengket, dan lembut.

Baca juga : Mengapa Air Dapat Memadamkan Api? Ternyata Begini

Kemudian, sahabat akan mulai bisa membuat berbagai bentuk kerajinan yang sahabat mau sendiri hanya dengan menggunakan tanah liat.

Ya, sudah banyak kerajinan yang dibuat dengan menggunakan tanah liat, salah satunya celengan atau asbak yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Contoh Kerajinan Tanah Liat

Nah, agar kamu semakin mendalami tentang tanah liat yang katanya mudah dibuat menjadi berbagai bentuk, maka disini ada beberapa contoh kerajinan yang dibuat dengan menggunakan tanah liat, diantaranya.

Contoh Kerajinan Tanah Liat
Contoh Kerajinan Tanah Liat, Foto : Istimewa
  • Vas Bunga
  • Celengan Tanah Liat
  • Kendi
  • Teko
  • Gentong
  • Asbak
  • Tungku

Contoh tersebut adalah kerajinan-kerajinan yang dibuat dengan menggunakan tanah liat. Dan seperti yang sahabat lihat pada contohnya, semua contoh yang ditulis diatas itu berbeda bentuk, makanya ini sangat penting untuk dibahas.

Sekarang sahabat sudah paham bukan? Maka sekarang ini tinggal kamu jawab saja setelah semuanya masuk kedalam pikiran dan otak sahabat kalem.

Baca juga : Selain Kerajinan, Ini Manfaat Bambu Dikehidupan Sehari-hari

Kesimpulan

Sahabat, mungkin yang sudah admin jelaskan diatas adalah tentang kerajinan, dimana ini adalah pendidikan yang sangat penting untuk kamu pelajari ya, makanya admin hadir disini.

Jadi itulah alasannya, mengapa tanah liat mudah dibuat menjadi berbagai bentuk? Dan ternyata simpel dan sudah jelas itu benar-benar alasan yang masuk akal berdasarkan yang sudah ditelusuri.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.