Cara Mengatur Izin Aplikasi Android yang Mudah dan Cepat

13 Likes comments off
mengatur izin aplikasi android

Mengatur izin aplikasi android perlu dilakukan oleh pengguna, agar aplikasi yang sudah berada pada perangkat bisa dijalankan. Hal ini diperlukan agar pemakaian berbagai fitur dalam perangkat android bisa digunakan dengan mudah.

Bukan hanya aplikasi downloadan saja, namun beberapa fitur bawaaan seperti daftar kontak maupun kamera juga memerlukan pengaturan akses ini. sehingga nantinya aplikasi mampu melakukan pengiriman notifikasi, sebagai upaya meminta akses dalam pemakaian fitur pada ponsel.

Mengenal Apa Itu Izin Aplikasi di Smartphone Android

mengatur izin aplikasi android
sumber gambar: researchgate.net

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai cara mengatur izin aplikasi di perangkat android. Maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu dari izin aplikasi di perangkat ini. sebab hal ini diperlukan untuk membantu anda dalam memberikan pemahaman lebih lanjut terkait hal tersebut.

Pastinya ketika Anda membuka sebuah aplikasi untuk pertama kalinya akan melihat permintaan izin akses yang satu ini. hal ini akan muncul ketika Anda baru membuka aplikasi bawaan smartphone maupun ketika ingin membuka aplikasi hasil downloadan saat pertama kalinya.

Izin aplikasi sendiri merupakan permintaan yang akan diberikan kepada aplikasi kepada pengguna, untuk meminta akses pada data di handphone Anda. Sehingga Anda bisa menolak atau menerima sesuai dengan keinginan masing-masing.

Sedangkan pengertian dari izin aplikasi sendiri akan membantu pengguna dalam memiliki privasi, yang terdapat pada smartphone masing-masing. Disini pengguna bisa membatasi dan melindungi akses pada beberapa hal, seperti : status sistem, informasi kontak, pembatasan data, foto dan lainnya. sehingga tindakan yang dibatasi berupa penghubungan perangkat tersambung atau melakukan perekaman audio.

Baca Juga: Aplikasi Tombol Home iPhone di Android Terbaik Saat Ini

Cara Mengizinkan Aplikasi Secara Mudah bagi Pengguna Android

Setelah mengetahui pengertian dari izin aplikasi diatas, maka selanjutnya Anda bisa melihat cara mengizinkan aplikasi pada smartphone Android. Sehingga akses layanan pada informasi pribadi Anda dengan sifat yang sensitif bisa dibatasi dengan baik. Inilah cara dalam mengelola izin aplikasi yang bisa Anda ketahui:

1. Pilih Pengaturan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam memberikan izin pada aplikasi adalah masuk pada halaman pengaturan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan masuk pada menu pengaturan atau setelan, yang memiliki simbol seperti mesin. Setelah itu silahkan cari pada kumpulan menu yang tersedia sesuai dengan keinginan perizinan Anda. Scroll sampai bawah hingga menu aplikasi berhasil di dapatkan.

2. Masuk pada Menu Aplikasi

Menu aplikasi pada bagian dari Setelan ini akan memunculkan informasi terkait apk apa saja, yang terpasang pada perangkat Anda. Sehingga jumlahnya akan sangat banyak jika smartphone Android memiliki apk terpasang yang banyak juga.

Selain itu disini juga merupakan tempat dimana  Anda bisa mengelola pengaturan untuk akses pada apk tersebut. silahkan scroll dan cari ke bawah sampai Anda menemukan aplikasi yang diinginkan. Sebagai contoh, jika Anda ingin memberikan izin pada aplikasi Simsimi, maka silahkan untuk memilih aplikasi tersebut dengan cara mengetuknya. 

Namun ketika Anda sulit menemukannya, silahkan untuk melihat semua aplikasi atau menuliskan apk tersebut pada kotak pencarian dengan simbol kaca pembesar di bagian atas. silahkan ketikkan aplikasi yang dicari dan enter. Setelah itu aplikasi yang muncul tersebut.

Baca Juga: Cara Download Aplikasi Cek KTP Online Terbukti Berhasil

3. Berikan Izin

Setelah menemukan aplikasi yang diinginkan, maka langkah selanjutnya adalah memberikan izin pada aplikasi tersebut. klik pada pilihan izinkan jika Anda menghendaki pemberian izin pada aplikasi tersebut. sebaliknya jika Anda tidak ingin memberikan izin silahkan untuk mengklik pada pilihan “tolak”

Sehingga setelah memilih pada pilihan izin, Anda sudah bisa memberikan izin pada aplikasi tersebut. sehingga aplikasi tersebut bisa mengakses beberapa fitur pada smartphone Anda sesuai dengan izin yang diberikan. 

4. Cara Kelola Izin Akses Sesuai dengan Jenisnya

Selain memberikan izin seperti diatas Anda juga bisa memberikan izin sesuai dengan jenis akses yang diminta. Hal ini bisa dilakukan pada beberapa aplikasi lain sesuai dengan model sistem aksesnya. Namun pada beberapa fitur seperti lokasi khusus seperti mikrofon, kamera dan lokasi bisa memberikan akses sesuai dengan jenisnya. Pengguna bisa memilih beberapa opsi pemberian izin sebagai berikut:

a. Hanya Lokasi

Lokasi hanya memiliki satu opsi pemilihan izin untuk digunakan, yaitu sepanjang waktu. Sehingga aplikasi tersebut dapat memakai izin kapanpun bahkan ketika apk tersebut tidak dipakai sama sekali.

b. Ketika Digunakan

Pilihan akses selanjutnya adalah hanya ketika aplikasi digunakan. sehingga saat Anda menggunakan apk tersebut maka akses akan diberikan secara otomatis

c. Selalu Tanya

Sedangkan pilihan izin satu ini bisa digunakan ketika Anda menghendaki akses, yang diberikan tergantung dari keinginan Anda. Setiap kali apk dibuka, maka akan muncul pemberitahuan untuk meminta izin tersebut. selanjutnya apk dapat memakai izin tersebut selama fiturnya digunakan.

d. Jangan Izinkan

Sedangkan pilihan izin satu ini sama seperti penolakan. Pilihan satu ini akan membuat Anda tidak bisa memiliki akses pada fitur lain di setelan ketika membuka aplikasi tersebut. Sedangkan untuk cara mengelola dan mengatur izin aplikasi android sesuai dengan jenis perizinan di atas bisa Anda lakukan sebagai berikut:

5. Masuk pada Pengaturan

Setelah membuka aplikasi maka Anda akan dihadapkan pada pilihan pemberian izin. Selanjutnya aplikasi akan masuk pada halaman atau menu pengaturan. Hal ini bisa secara langsung muncul pada tampilan smartphone ketika Anda menyetujui akses.

6. Ketuk Privasi

Selanjutnya halaman smartphone akan tampil akses layanan pada aplikasi tersebut. pilihan pertama yang muncul adalah menu privasi. Disini pengguna akan disuruh untuk memberikan izin dengan mengklik pada menu privasi.

Baca Juga: Aplikasi Kasir dengan Excel Terbaru yang Mudah Digunakan

7. Pilih Manajer Izin

Setelah itu akan muncul pilihan beberapa menu untuk memudahkan Anda dalam memberikan izin akses pada apk tersebut. pastikan untuk memilih pada menu manajer izin. Disini akan muncul beberapa perizinan yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan masing-masing.

8. Jenis Izin

Selanjutnya pada layar akan muncul pilihan berbagai izin, yang bisa diberikan kepada aplikasi tersebut. silahkan untuk mengetuk jenis izin dan ketuk pada pilihan jenis izin yang anda kehendaki. Jenis izin akan muncul seperti penjelasan seputar jenis perizinan diatas. Maka dari itu Anda bisa memilih model perizinan sesuai dengan keinginan masing-masing.

Itulah tadi beberapa penjelasan terkait cara pemberian izin pada aplikasi di smartphone Android. Silahkan untuk menerapkannya agar aplikasi bisa menikmati berbagai fitur di smartphone Anda.

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News