Mengenal Apa Singkatan Omnibus Law yang Kontroversi

0 7

Dalam beberapa pekan terakhir muncul pertanyaan apa singkatan omnibus law sedangkan istilah ini menjadi kontroversi sehingga menyebabkan para buruh mendemo Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sejatinya, admin akan menjelaskan arti dan singkatan omnibus law yang sekarang ini sedang hangat dalam perbincangan, sehingga admin pun tidak mau ketinggalan seputar topik ini.

Selasa, 05 Oktober 2020, omnibus law resmi menjadi Undang-udang yang disahkan oleh DPR di kantor pusat Jakarta, sedangkan pengesahan ini ternyata menimbulkan banyak sekali permasalahan.

Seperti berita yang beredar, permasalahan-permasalahan itu menyebabkan para masyarakat terutama buruh tidak terima terkait dengan sahnya omnibus law yang menjadi undang-undang karena memang berkaitan erat dengan pekerja.

Arti dan Singkatan Omnibus Law

Omnibus law merupakan rancangan undang-undang yang mencakup banyak aspek didalamnya dan digabung menjadi satu undang-undang. Omnibus law juga bisa berati proses pembangunan peraturan yang yang sifatnya kompleks.

Namun, pembuatan omnibus law memakan banyak sekali waktu, karena itu terjadi dari banyaknya materi meski isu, subjek dan program didalamnya tidak terkait.

Omnibus law berasal dari bahasa Latin yang artinya banyak, hingga omnibus law ditafsirkan dari lintas sektor Undang-undang Sapu Jagat.

Dapat disimpulkan dari kedua arti diatas bahwa omnibus law adalah perencanaan undang-udang yang akhirnya menjadi undang-undang yang sah berdasarkan ketok palu pemerintah.

Awal Mula Terdengar Omnibus Law

Meskipun omnibus law disahkan dalam beberapa hari kebelakang, ternyata omnibus law sudah terdengar sejak Presiden Jokowi Dodo berpidato atas pelantikannya pada Oktober 2019 lalu.

Bisa dilihat sudah setahun sebelum sah omnibus law sudah ada dalam pidato Presiden RI. Apa singkatan omnibus law kini kita sudah tahu, lantas kenapa menjadi kontroversi? Apakah karena isinya buruk?.

Admin belum tahu lebih jelas, namun memang hingga saat ini demo-demo masih terjadi akibat sah-nya omnibus law cipta kerja ini menjadi undang-undang yang sah di negara kita.

Polemik Omnibus Law

Namun admin tidak diam saja, admin pun mengikuti beritanya agar tidak ketinggalan informasi apa yang sedang terjadi di tanah air, sehingga admin juga memberikan informasinya disini.

Polemik yang terjadi dari undang-undang ini karena adanya sektor ketenagakerjaan, yakni Cipta Kerja atau Omnibus Law Ciptaker. Mungkin kamu dapat mengikuti berita terkait undang-undang ini yang menjadi polemik.

Admin sendiri tidak berani menulis isi dari undang-undang ini, karena takut akan menjadi masalah besar, disini admin fokus membahas apa singkatan omnibus law yang memang sedang viral di Indonesia.

Bahkan admin melihat seperti di NYTimes, mereka menerbitkan berita terkait omnibus law yang ada di Indonesia. Oke sekarang menjadi sorotan media Asing, lantas apa yang terjadi kedepan-nya?.

Kesimpulan

Terkait artikel ini, bukan berarti admin ikut campur dengan politik hanya saja admin ingin memberikan penjelasan agar kamu dapat mudah memahaminya apa yang dimaksud dengan Omnibus law.

Maka admin harap apa yang tertulis diatas ada manfaatnya bagi kamu yang butuh penjelasan ini. Akhir kata itulah apa yang dimaksud omnibus law jangan lupa share kepada yang lain agar mereka juga tahu dan mendapat ilmu.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.