Mengenal dan Mengetahui 6 Fungsi Propilen Glikol

Apa itu Propilen Glikol? Apa saja Fungsinya?

0

Sikalem – Banyak orang yang tidak mengetahui apa itu popilrn glikol dan apa fungsi propilen glikol? Sedangkan banyak mungkin yang sudah menggunakan ini sebagai salah satu hal untuk kebutuhan tersendiri.

Pada waktu yang sama, disini saya akan mencoba menjelaskan terkait dengan propilen glikol dan fungsi propilen glikol itu sendiri, sehingga pengetahuan nantinya akan kamu dapatkan sesuai dengan penjelasan disini.

Kita simak dan ulas secara dalam terkait dengan yang satu ini, untuk lebih lanjut dan lebih lengkap, silakan pahami dibawah ini ulasannya.

Propilen Glikol

Propilen Glikol
Propilen Glikol

Popilen Glikol atau bisa juga ditulis dengan Propylene Gycol menurut Badan Zat Beracun dan Registri Penyakit serta Perpustakaan Nasional Kedokteran, merupakan zat cair sintesis yang dapat menyerap air.

Propilen Glikol diberi label senyawa organik dalam kimia, hal itu karena sifat karbonnya dengan rumus kimia CH₃CHCH₂OH.

Lantas, bagaimana dengan fungsi Propilen Glikol itu sendiri? Apakah manfaat itu terjadi dalam suatu kesehatan? Atau memang ada fungsi lain selain hal tersebut?

Baca juga : 16 Manfaat Sirih Cina Untuk Penyakit Kulit dan Dalam

Fungsi Propilen Glikol

Fungsi propilen glikol atau Propylene Gycol sangat luas dalam bidang industri, apalagi senyawa ini memiliki peranan penting untuk kebutuhan industri mereka.

Fungsi Propilen Glikol
Popilen Glikol

Propilen Glikol dalam bidang obat dan makanan berfungsi sebagai :

  1. Pengawet dalam industri makanan
  2. Pelarut dalam industri makanan
  3. Propilen Glikol berfungsi sebagai pelembab dalam industri kosmetik
  4. Sebagai formula obat-obatan dalam bodang farmasi
  5. Sebagai bahan obat-obatan di industri obat
  6. Berfungsi dalam industri cat

Baca juga : 7 Fungsi dan Manfaat Sabun Dosting Untuk Wajah, Amankah?

Daftar manfaat dan fungsinya diatas sangat berpengaruh terhadap bidang industri, dan hanya orang-orang tertentu saja yang tahu lebih mendalam apa yang dimaksud dengan propilen glikol.

Namun mungkin fungsi diatas memang menjadi hal penting dalam dunia industri, sehingga seharusnya penggunaan propilen glikol ini sesungguhnya hanya untuk pentingan industri saja.

Selain itu, sebaiknya tidak menggunakannya karena ini bahan kimia senyawa yang juga sudah ada di Indonesia sejak lama.

Kebutuhan Propilen Glikol di Indonesia

Setelah kita tahu apa saja fungsi propilen glikol yang tertulis diatas, sementara itu perkembangannya di Indonesia sangat dibutuhkan, hal ini demi kebutuhan beberapa hal yang memang sangat penting dalam penggunaanya.

Kebutuhan di Indonesia sendiri terus meningkat, akan tetapi di Indonesia masih belum ada industri yang membuat propilen glikol, sehingga masih memanfaatkan impor dari luar negeri.

Namun mungkin akan segera ada industri nya, selebihnya mungkin di beberapa daerah sudah ada, namun belum ada informasi terkait hal tersebut.

Diharapkan propilen glikol ini segera di industri sehingga tidak perlu lagi menggunakan produk dari luar negeri, meskipun memang tidak mudah dalam mengembangkannya di tanah air.

Tapi, melihat dari kebutuhannya yang luar biasa, seharusnya sudah ada di dalam negeri, dan menjadi bagian terpenting sebagai kepeningan obat, makanan dan minuman, serta industri yang membutuhkannya.

Baca juga : 7 Manfaat Qusthul Hindi Serbuk, Benarkah Obat Covid-19?

Kesimpulan

Pada dasarnya, propilen glikol adalah senyawa yang dimanfaatkan sebagai pelarut dalam industri dari beragam hal, seperti pada manfaat yang distuli diatas mungkin sangat berpengaruh terhadap hal-hal yang berkaitan.

Akhir dari pembahasan ini, kita sudah mengetahui fungsi propilen glikol, semoga apa yang dijelaskan diatas bermanfaat untuk kalian ya sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.