Menyelesaikan Masalah Sebaiknya Dilakukan Dengan Cara Ini

Menyelesaikan Masalah Sebaiknya Dilakukan Dengan Cara Ini
Ilustrasi menyelesaikan masalah, foto: Kumparan

Sikalem – Menyelesaikan masalah dengan emosi itu benar-benar tidak dibiarkan merajalela, seharusnya menyelesaikan masalah sebaiknya dilakukan dengan cara yang menunjukkan pengamalan pancasila yang tercatat dalam poin tertentu.

Lantas, cara apa yang dimaksud diatas? Dan ini adalah salah satu hal yang wajib kamu ketahui, wajib kamu maknai, wajib kamu pahami, wajib kamu amalkan.

Kehidupan di Indonesia melekat pada pancasila, karena kita memiliki 5 poin penting yang berbentuk kedalam pancasila, dan itu benar-benar tidak boleh kita diamkan.

Oleh karena, menyelesaikan masalah sebaiknya dilakukan dengan cara yang menunjukkan bahwa kita mengamalkan pancasila tersebut.

Dan apakah kamu tahu betul bahwa masalah yang harus di selesaikan itu tercantum juga dalam penerapan pengamalan pancasila?

Mungkin itu menjadi teka-teki, karena kita tidak dapat mengetahui dengan cara apakah menyelesaikan masalah yang baik dan benar sehingga harus mengedepankan unsur pancasila?

Menyelesaikan Masalah Sebaiknya Dilakukan Dengan Cara

Seharusnya, menyelesaikan masalah sebaiknya dilakukan dengan cara musyawarah agar mendapatkan kemufakatan secara kekeluargaan dan kepentingan bersama. Hal seperti ini merupakan pengamalan pancasila yang ke-4.

Seperti kita ketahui, musyawarah dan mufakat merupakan bentuk dari demokrasi negara kita, sehingga sebaiknya semua masalah dilakukan musyawarah dan akan mendapatkan mufakat bersama-sama.

Hal ini akan menghasilkan kenyamanan dan percekcokan, kita adalah bangsa yang satu dan keluarga yang aman serta damai, maka dari itu lakukanlah musyawarah ketika ada masalah, dan nantinya akan ada kemufakatan yang hebat.

Baca juga: Memisahkan Teman yang Sedang Bertengkar Merupakan Cerminan Dari Sila Pancasila yang Ke

Baca juga: Bagaimana Menumbuhkan Rasa Cinta Pada Ideologi Pancasila?

Pentingnya Musyawarah

Seperti yang kita ketahui diatas, bahwa menyelesaikan masalah sebaiknya dilakukan dengan cara musyawarah agar mendapatkan kemufakatan, maka kita harus tahu betul betapa pentignnya musyawarah.

Dengan musyawarah kita bisa menumbuhkan rasa bersama, menyatukan perbedaan yang ada, mendapatkan solusi dari permasalahan yang teradi.

Serta banyak lagi yang akan kita dapatkan ketika melakukan musyawarah dengan baik, itu adalah keharusan dan kepentingan yang kita amalkan.

Karena lagi-lagi admin katakan musyawarah merupakan bentyk dari pengamalan pancasila yang seharusnya tidak boleh terlupakan oleh masyarakat kita.

Dan mungkin yang bisa admin sampaikan kali ini itu saja mengenai musyawarah dan mufakat, tapi disini kita lebih ke musyawarah.

Jadi, menyelesaikan masalah sebaiknya dilakukan dengan cara apa yang sudah dijelaskan diatas, semoga saja membantu dan bermanfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan kamu ya shabat kalem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.