Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi? Ini Jawabannya

16 Likes comments off

Microsoft Excel merupakan program aplikasi yang penting dan banyak dibutuhkan untuk kebutuhan perhitungan. Baik para pekerja maupun mahasiswa akan sangat sering menggunakan program ini. Anda pun bisa  dengan mudah melihat konten tutorial menggunakan Microsoft Excel di berbagai platform karena memang pemakaian program ini cukup rumit bagi sebagian orang. 

Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi?

Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi
sumber gambar: onlc.com

Program Microsoft Excel termasuk kedalam jenis program aplikasi dengan fungsi sebagai lembar kerja spreadsheet yang dibuat serta didistribusikan oleh pihak Microsoft Corp. Jadi, Microsoft Excel merupakan program aplikasi yang dibuat oleh Microsoft untuk menyelesaikan administrasi dan akuntansi. 

Tak heran jika pada akhirnya Microsoft Excel ini menjadi salah satu mata pelajaran yang perlu diberikan kepada siswa di sekolah.  Aplikasi yang satu ini bisa diterapkan pada berbagai platform seperti iOS, Android, dan tentu saja Windows. Fitur utama yang menjadi ciri khas aplikasi ini adalah kalkulasi dan pembuatan grafik dengan strategi marketing Microsoft yang agresif. 

Dapat dikatakan kalau program aplikasi satu ini menjadi nomor satu dan banyak digunakan sejak kemunculannya hingga sekarang. Bahkan beberapa tahun belakangan ini program spreadsheet ini menjadi yang paling banyak dipakai oleh berbagai pihak. 

Baca Juga: Aplikasi Tema Hello Kitty untuk HP Android yang Cantik 

Pentingnya Excel di Dunia Kerja

Setelah mengenal sekilas tentang Microsoft Excel, sekarang saatnya mencari tahu mengapa program aplikasi ini sangat penting di dunia kerja. Microsoft Excel ini adalah perangkat lunak yang cocok untuk merapikan informasi apa saja yang ada. Kombinasi kolom dan baris pada program ini memang membuat data jadi lebih rapi. 

Melihat fiturnya yang cocok dipakai untuk merapikan data dan menyajikan informasi lebih jelas dan tersusun rapi, maka dunia kerja pun banyak menggunakan Microsoft Excel ini terutama dalam beberapa bidang ini:

1. Akuntansi

Microsoft Excel sangat sering dikaitkan dengan dunia akuntansi. Ketika mendengar istilah Excel orang selalu secara otomatis berpikir pada akuntansi. Hal ini karena di aplikasi ini, pengguna dapat membuat tabel yang isinya teks serta angka seperti laporan keuangan.

Jika memang perlu membuat penghitungan angka di dalam tabel, maka cukup memasukkan rumus yang sesuai. Oleh karena inilah, Microsoft Excel sangat cocok digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan terkait akuntansi.

2. Analis Data

Tak hanya cocok untuk mengerjakan akuntansi, bahkan Microsoft Excel ini sangat membantu dalam melakukan analisis data. Banyak fitur pada aplikasi ini membuat pengguna bisa memanfaatkan Excel untuk analisis data. Fitur olah data sederhana yang ada pada Microsoft Excel sebetulnya memiliki jangkauan yang lebih sehingga dapat melakukan analisis data.

Adanya Microsoft Excel ini membuat pengguna jadi lebih mudah menganalisis data dengan cara yang praktis dan canggih. Pengguna dapat membuat logika sederhana dengan rumus IF bahkan dapat juga memakai rumus yang lebih kompleks lagi. 

Sangat disarankan bagi ahli analisis data untuk belajar Microsoft Excel secara mendalam. Ada banyak sekali fitur yang membantu dalam menganalisis data dan perlu terus digali jika ingin menguasai setiap rumus dan fitur yang ada pada program aplikasi ini.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP OPPO untuk Pemula

3. Kalender Editorial

Fitur utama dari Microsoft Excel ini memang olah data sederhana, namun tak sebatas itu saja, Excel ternyata dapat digunakan untuk para pemasar serta pegiat media sosial. Tabel yang tersedia dapat dijadikan sebagai kalender editorial.

Format kolom serta baris yang ada pada Excel ini merupakan kunci untuk memudahkan pegiat media sosial membuat rencana konten. Jadi dari lembar kerja Excel, pengguna bisa membuat kalender, jadwal konten, serta membuat keterangan penting lain yang dibutuhkan pegiat medsos.

4. Data Consumer Relationship

Seperti yang sudah dibahas sedikit sebelumnya kalau Excel ini sangat membantu dalam dunia kerja. Hal ini karena lembar kerja di aplikasi Microsoft Excel dapat dijadikan sebagai tempat merekam customer relationship perusahaan. Pengguna dapat memanfaatkan dalam proses manajemen hubungan konsumen perusahaan. 

Lembar kerja yang tersedia bisa diisi dengan data-data pelanggan. Hal ini membuat data atau informasi seputar klien perusahaan lebih rapi dan tidak tercecer atau hilang. Tentunya pengguna harus menguasai skill Ms. Excel dulu untuk tahu fitur mana yang cocok dipakai dalam proses customer relationship management.

Keunggulan Microsoft Excel

Dunia kerja memang banyak membutuhkan orang yang memiliki skill dalam menggunakan Microsoft Excel. Dengan bantuan program aplikasi satu ini, pekerjaan dapat lebih cepat selesai dan hasilnya rapi. Tak hanya itu saja, ada beberapa keunggulan atau kelebihan lain dari program aplikasi Excel yang juga penting diketahui, diantaranya:

1. Dapat Diakses Pada Beragam Sistem Operasi

Program aplikasi pengolah data ini memiliki keunggulan utama yaitu dapat diakses pada beragam sistem operasi. Jadi pengguna Windows, iOS, macOS, iPad OS, Fire OS dan sebagainya bisa menggunakan program aplikasi ini. 

Hebatnya lagi, aplikasi ini juga ternyata bisa dibuka melalui browser. Jadi pengguna tidak perlu melakukan pemasangan aplikasi dulu pada perangkat yang digunakan, cukup dengan membuka versi website maka sudah bisa menggunakan Microsoft Excel sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Cepat dan Mudah

2. Mudah Dioperasikan

Bagi pengguna yang tidak membutuhkan fungsi yang kompleks, maka tetap bisa menggunakan perangkat lunak ini secara intuitif. Tampilan pada aplikasi ini sangat simple sehingga mudah digunakan. Tugas pengguna di sini adalah memperdalam seperti apa fitur-fitur yang ada pada aplikasi pengolah data ini. 

3. Merapikan Data

Lembar kerja yang dibuat baris dan kolom memudahkan pengguna dalam menyusun ulang sebuah data atau informasi agar bisa lebih rapi dan mudah dimengerti. Sudah menjadi fungsi utama Excel untuk membantu pengguna merapikan data dengan cepat dan mudah. 

Itulah informasi yang bisa Anda simak mengenai Microsoft Excel. Kesimpulannya, Microsoft Excel merupakan program aplikasi yang memiliki peran penting di dunia kerja. Program dari Microsoft ini memiliki banyak fitur yang bisa membantu Anda dalam mengolah data. Nantinya jika masih bingung memakai program Excel, Anda bisa mencari tutorial dan rumusnya di internet karena banyak sekali yang sudah membuat tutorialnya.

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News