Mimpi Basah Sebelum Sahur Apakah Boleh Berpuasa?

Apakah Kita Boleh Berpuasa Ketika Mimpi Basah Sebelum Sahur? Berikut Penjelasannya

0

Sikalem – Dalam Islam, banyak hal-hal yang perli kita perhatikan, salah satunya saat melakukan kewajiban itu harus benar-benar bersih, lantas mimpi basah sebelum sahur apakah boleh berpuasa?

Hal tersebut sudah banyak disampaikan oleh para kiyayi, kemarin juga saya sempat mengikuti pengajian sebelum puasa, dan alhasil saya mendapatkan jawaban yang sangat akurat.

Ketika kita sedang bermimpi basah, tentu saja kita ragu untuk menjalankan ibadah puasa, apakah akan membatalkan puasa atau tidak? Dan yang ada dipikiran kita tentu saja sangat sulit dilakukan.

Hukum Puasa Saat Mimpi Basah

Kiyai Yaya Nur Cahya menjelaskan ketika pengajian sebelum bulan ramadhan kemarin bahwa mimpi basah saat melaksanakan ibadah puasa itu tidak akan membatalkan puasa, kita boleh menjalankan puasa sebagaimana dengan semestinya.

Baik pria maupun perempuan yang dengan tidak sengaja mimpi basah, baik itu pagi maupun malam hari saat berpuasa itu tidak akan membatalkannya.

Kita tetap sah dalam menjalakan ibadah puasa. Jadi enggak perlu ragu bahwa mimpi basah sebelum sahur apakah boleh berpuasa atau tidak? Jawabannya boleh dan tidak membatalkan puasa.

Tapi, kita harus tetap mandi ya, jangan sampai enggak mandi wajib, kecuali kalau tidak keluar mani itu tidak perlu mandi wajib.

Baca juga : Doa Niat Padusan Puasa Ramadhan, dan Artinya

Mandi Wajib Setelah Mimpi Basah

Seorang muslim, semuanya sudah tahu bahwa mimpi basah adalah mimpi dimana kita wajib melakukan mandi di pagi harinya.

Kiyai juga menjelaskan bahwa, kalau kita mau melaksanakan shalat subuh itu tidak akan sah sebelum mandi, sehingga kalau hendak melaksanakan shalat subuh, kita harus mandi dulu.

Jadi jawabannya sudah kita dapatkan ya bahwa mimpi basah pada saat berpuasa, baik itu pagi atau malam hari tidak membatalkan puasa, jangan ragu lagi, tetaplah laksanakan puasa.

Dan sahabat kalem yang sudah tahu jawabannya silakan share kepada orang lain untuk memberi tahu mereka, takutnya mereka juga bingung apakah mimpi basah akan membatalkan puasa?

Baca juga : 11 Arti Mimpi Mandi Melambangkan Pintu Maaf

Jadi, mimpi basah sebelum sahur apakah boleh berpuasa atau tidak? Jawabannya tidak membatalkan puasa, kita bisa melaksanakan puasa dengan tenang, tapi tetap kamu harus mandi.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.