Menjaga Kesehatan Tulang Dengan Cara Sederhana

Menjaga Kesehatan Tulang Dengan Cara Sederhana
Menjaga Kesehatan Tulang Dengan Cara Sederhana

Sikalem – Tulang merupakan suatu organ yang berperan penting dalam kehidupan kita, faktanya tulang menjadi bagian yang menempelkan jaringan-jaringan organ pada tubuh. Tak hanya itu saja, tulang juga mampu menjaga keseimbangan tubuh.

Yang perlu kita ketahui adalah tulang harus benar-benar kita jaga agar peranya tetap seperti fungsi tulang pada umumnya. Tahukah kamu, menjaga kesehatan tulang itu sangat penting!

Nah sahabat kalem, ada banyak sekali yang dapat kita lakukan untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan bebas bergerak.

Baca juga: Kunci Jawaban : Hubungan Antar Tulang Tengkorak Termasuk Sendi

Baca juga: 12 Fungsi Tulang Betis Manusia, Apa Saja?

1. Menjaga Berat Badan

Salah satu langkah yang mungkin sangat jarang orang mengetahuinya adalah menjaga berat badan. Faktanya menjaga berat badan adalah langkah awal di mana kita bisa menjaga kesehatan tulang dengan cara yang sangat sederhana.

Sebaiknya, pastikan berat badan berada dalam kisaran yang sehat, tidak boleh terlalu kurus dan juga terlalu besar karena dapat mengakibatkan beberapa hal yang buruk terhadap tulang dalam tubuh kita.

2. Menghindari Minuman Beralkohol

Meminum minuman beralkohol ternyata mengakibatkan efek yang buruk untuk tulang loh. Berdasarkan penelitian, pecandu minuman beralkohol ternyata dapat menyebabkan tulang osteoporosis loh sahabat kalem!

Maka dari itu, jika kamu seorang pecandu minuman beralkohol, sebaiknya kurangi dan hindarilah agar tidak mendapatkan efek buruk terhadap tulang pada tubuh kita.

3. Menghindari Rokok

Kamu pecandu rokok? Sebaiknya perhatikan hal ini, di mana rokok ternyata berefek buruk bagi kesehatan tulang loh sahabat kalem. Zat nikotin yang terkandung dalam rokok menyebabkan pengeroposan tulang dalam waktu yang lebih cepat.

Sehingga, bagi yang sayang dengan tulang, karena tulang berperan penting dalam tubuh kita, sebaiknya hindarilah merokok, kurangi dan kalau pun kamu pecandu bisa mencoba konsultasi untuk berhenti merokok!

4. Rajin Konsumsi Sayuran

Siapa yang enggak tahu bahwa sayuran mengandung banyak sekali manfaat kesehatan? Ya benar sekali, tak terkecuali tulang. Sebagaimana dengan kandungan Vitamin C pada sayuran dapat menghasilkan pembentukan tulang.

So, kamu yang hobi banget dengan sayuran maka ini kabar gembira bahwa tulang kamu tetap terjaga kesehatannya, sementara bagi yang kurang suka dengan sayuran, boleh dicoba agar badan tetap sehat.

5. Olahraga Dengan Teratur

Hal ini sih memang sudah tidak dapat diragukan lagi kita seharusnya melakukan olahraga dengan rajin agar tulang sehat, tulang kuta, dan bergerak dengan bebas. Olahraga tak hanya untuk membuat tubuh sehat saja, melainkan juga bisa membuat kita lebih kuat.

Pun dengan tulang yang akan tetap terjaga kesehatannya, berarti dengan berolahraga secara rutin, kita sudah mencoba menyayangi badan kita ya, semua organ tubuh itu perlu yang namanya kesehatan.

6. Membatasi Asupan Garam

Garam merupakan salah satu penyedap rasa yang ternyata mempercepat tubuh kehilangan kalsium yang memengaruhi kepadatan tulang. Maka dari itu, akan lebih baik bila kita mengurangi asupan garam agar kalsium tidak cepat hilang.

Setidaknya, kita tidak boleh mengonsumsi garam  lebih dari 1 sdt setiap harinya.

7. Memenuhi Nutrisi

Kemudian memenuhi nutrisi juga merupakan salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang pada tubuh kita. Asupan nutrisi yang perlu kamu konsumsi setiap harinya berupa:

  • Protein
  • Kalsium
  • Vitamin D dan K
  • Magnesium
  • Zinc

Nah sahabat kalem diatas merupakan cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tulang tubuh kamu, dimana cara diatas yang benar-benar mampu menjaga agar tulang tetap sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.