Take a fresh look at your lifestyle.

Mood Swing Artinya dan Penyebabnya Ternyata Buruk

Pernahkah kamu mendengar istilah mood swing? Lantas tahukah artinya? Ternyata ini loh dan juga penyebabnya

0

Sikalem – Rata-rata orang menggunakan istilah yang asing di telinga kita, dan tentu hal ini membuat kita sulit dan bingung. Kamu mungkin sering mendengar istilah ini, lantas mood swing artinya apa sih?

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dari apa yang akan saya sampaikan sampai akhirnya kamu lebih dalam memahami makna dari kata mood swing ini.

Dan mungkin ada kaitannya dengan kata mood booster, namun istilah mood swing lebih mengutamakan keadaan yang membuat hati sulit untuk dijelaskan kepada mereka.

Terdapat beberapa hal yang akan kamu rasakan ketika keadaan mood swing ini terjadi, dan tentu saja penyebab itu adaah kebiasaan diri kamu sendiri.

Lantas mood swing artinya apa sih? Ada apa dengan keadaan ini yang membuat kita sulit untuk menjelaskan diri kemungkinan?

Dan untuk mendapatkan penjelasannya, sudah saya rangkum dan artikan sesuai dengan apa yang sudah saya temukan, kamu tinggal membaca dibawah ini untuk mendapati pengertiannya.

Mood Swing Artinya Adalah

Secara harfiah mood swing artinya perubahan emosi secara cepat, namun dapat disederhanakan menjadi perubahan suasana hati.

Mood swing yang sering dikatakan adalah perubahan suasana hati, dimana emosi itu akan berubah secara jelas atau nyata, dan hal tersebut adalah keadaan yang normal.

Seseorang bisa saja merasakan perubahan suasana hati (mood swing) sesekali yang sangat jelas dan terlihat. Namun keadaan ini terjadi bukan adanya kelainan tertentu, tapi memang hal yang wajar.

Bagi anak-anak, ketika merasakan perubahan suasana hati (mood swing), biasanya mereka akan rewel, karena mood berubah secara cepat dan jelas terlihat.

Buruknya, jika mood swing atau perubahan suasana hati menganggu aktivitas kita, hal ini patut dicurigai dalam gangguan gejala mental.

Nah, kejadian seperti ini apakah memang buruk? Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, dan ini adalah hal yang normal, namun keadaan akan lebih dicurigai jika memang menganggu aktivitas kita.

Mood swing artinya yang sudah dijelaskan diatas memang tampak buruk, karena perubahan suasana hati ini sejatinya bersifat kedalam mental.

Mood Swing
Ilustrasi Mood Swing

Tanda-tanda Mood Swing

Adapun tanda-tanda atau gejala mood swing yang sering dirasakan oleh orang-orang yang mengalami perubahan suasana hati.

Pada dasarnya, selama perubahan emosi yang secara nyata tidak berdampak pada aktivitas kita, keadaan seperti ini masih dianggap normal, dan tidak perlu apa-apa.

Namun, apabila mood swing terjadi secara drastis hingga berlarut-larut, sering dialami, dan juga sangat menganggu lebih baik kamu waspada karena kemungkinan terjadinya masalah pada mental.

Oke, dari pembahasan mood swing artinya tersebut dengan jelas, ada hal yang harus kamu perhatian jikalau sering mendapati masalah ini.

Contoh mood swing yang harus kamu waspadai adalah ketika kamu alami selama beberapa hari, kamu menjadi sangat senang dan sedih yang tidak terkontrol, mudah tersinggung, implusif, sulitnya tidur, dan menganggu aktivitas sehari-hari kamu.

Yang lebih buruk lagi, ketika mood swing ini terjadi pada dirimu, dan merusak hubungan dengan orang-orang terdekat kamu.

Jika tanda-tanda seperti ini kamu alami, pergilah segera ke dokter, agar keadaan seperti ini dapat terjamin kebaikannya, karena mood swing seperti yang disampaikan diatas sudah mencapai batas wajar.

Lalu, seseorang yang mengalami mood swing lebih buruk dan lebih parah lagi keinginan melukai diri sendiri atau bahkan mengakhiri hidup, ini sudah jelas adanya gangguan kesehatan mental.

Penyebab Mood Swing

Mood swing artinya sudah kita ketahui, gejalanya sudah kita ketahui, yang lebih parah juga ternyata dapat terjadi ya, hal ini harusnya kamu benar-benar waspada akan kesehatan pada mental (jika keadaan buruk diatas kamu rasakan).

Adapun penyebabnya dari mood swing atau disebut perubahan emosi atau perubahan suasana hati, coba kamu perhatikan hal-hal berikut ini, mungkin kamu sering mengalaminya.

Mood Swing
Ilustrasi Mood Swing Artinya dan Penyebabnya

1. Penyakit

Adanya penyakit tertentu adalah penyebab yang membuat kamu merasakan mood swing yang luar biasa parahnya. Kalau memang tidak parah, itu hal yang wajar, biasanya secara emosi saja.

Beberapa penyakit yang menyebabkan mood swing diantaranya:

  • Ginjal
  • Kerusakan paru-paru
  • Jantung
  • Penyakit tiroid dan
  • Kelainan pada otak

2. Hormon

Lalu, selain dari adanya penyakit tertentu yang disebutkan diatas, masalah pada hormon juga dapat menyebabkan mood swing. Umumnya terjadi pada wanita hamil, remaja, dan yang menopause.

3. Tidak seimbangnya Kimia Otak

Salah satu alasan mengapa saya membahas mood swing artinya itu apa, sekaligus penyebabnya adalah untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan kamu karena dapat merusak keadaan lebih buruk lagi.

Mood swing atau perubahan suasana hati pun dapat disebabkan oleh kimia otak yang tidak seimbang, contohnya zat dopamin dan zat serotonim.

4. Gangguan Pada Mental

Beberapa gangguan mental yang menyebabkan terjadinya mood swing yang lebih buruk adalah:

  • Depresi
  • Gangguan kepribadian ambang
  • Gangguan bipolar
  • Skizofrenia
  • ADHD

5. Kecanduan Obat dan Minuman Terlarang

Seperti minuman keras, kokain, juga dari efek samping obat-obatan tertentu menyebabkan mood swing pada diri kita.

Mood Swing dan Artinya
Mood Swing Artinya dan Penyebabnya

Mencegah Mood Swing

Alangkah baiknya jika kamu memperhatikan beberapa hal yang akan menganggu masalah kesehatan mental, seperti yang sudah dijelaskan diatas yang benar-benar memburuk.

Lalu kamu dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah perubahan emosi secara cepat atau mood swing atau perubahan suasana hati.

  • Jalani gaya hidup yang sehat, seperti rajin berolahraga;
  • Amati tiap kali mood swing terjadi, kapan waktunya? Nanti faktor-faktor mood swing akan mudah dikenali;
  • Konsultasi ke psikologi adalah yang lebih diutamakan, agar kamu dapat melakukan hal-hal apa saja untuk mencegah terjadinya mood swing;

Jadi secara lengkap sudah saya jabarkan teruntuk kamu yang tidak tahu mood swing artinya apa, dan ternyata memang buruk sekali ya, ada penyebab yang mewarnai masalah ini.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.