Naik Pitam : Pengertian, Contoh dan Artinya

0 56

Ada yang disebut dengan naik pitam artinya apa sih? Mungkin saja seseorang yang mengalami hal-hal tertentu sering disebut dengan istilah tersebut, maka admin akan menjelaskan arti naik pitam.

Sebetulnya sangat mudah, bahkan artinya pun tidak banyak hanya singkat saja, namun tetap saja arti naik pitam harus dijelaskan secara singkat dan tapi padat seperti istilah-istilah yang lainnya.

Naik Pitam Artinya Adalah

Naik pitam artinya marah yaitu seseorang yang emosionalnya tidak stabil diakibatkan oleh hal-hal yang membuat hatinya tersentuh atau panas sehingga emosi tidak terkontrol.

Naik pitam juga bisa berarti pening,, naik darah, panas hati yang sama-sama maknanya adalah MARAH. Jadi kini kita sudah tahu apa yang dimaksud dengan naik pitam.

Baca Juga : Provokasi Adalah : Pengertian Definisi, Arti Kata dan Contohnya

Contoh Penggunaan Kata

Mungkin dapat dijadikan sebagai referensi akan tetapi sayangnya belum lengkap rasanya jika admin tidak memberikan contoh seperti kalimat-kalimat pendahulu yang tertulis.

Berikut ini beberapa contoh penggunaan kata naik pitam yang dapat kamu jadikan sebagai referensi tugas sekolah ataupun hanya sekedar ingin mencari pengetahuan saja.

  • Jangan dekat-dekat, dia sedang naik pitam
  • Hati-hati saat berbicara dengan orang itu, bisa-bisa naik pitam
  • Si Agus kayanya naik pitam nih karena melihat pacarnya jalan sama cowok lain

Baca Juga : Arti Kata Pulp Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Ciri-ciri Orang yang Naik Pitam

Biasanya orang yang sedang marah atau naik pitam emosinya sangat tinggi tidak terkontrol, mungkin kamu bisa mencoba melihat orang-orang yang sedang debat hingga ada rasa marahnya.

Tentu saja ciri-ciri yang dapat dijadikan sebagai contoh juga yaitu orang yang sedang emosi, sehingga dia marah besar apapun hal-hal buruk dia lakukan karena keadaannya sedang tidak baik.

Baca Juga : Pengertian Jujur dan Lawan Kata Jujur Adalah

Lawan Kata Naik Pitam

Lawan kata atau antonim naik pitam adalah sabar artinya orang yang tidak mengeluarkan emosinya atau tidak menuangkan amarahnya sehingga ia pendam karena takut akan terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Sabar adalah salah satu sifat seseorang yang baik sehingga banyak orang yang kesulitan memiliki sifat sabar, dan ternyata sabar adalah lawan kata marah atau naik pitam.

Demikian penjelasan mengenai Naik Pitam yang lengkap dengan contoh, ciri-ciri dan pengertian naik pitam artinya adalah marah sesuai dengan yang admin jelaskan diatas.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.