Negara yang Bukan Merupakan Pendiri Asean

Berikut Adalah Negara yang Bukan Pendiiri Asean, Salah Satunya Adalah Vietnam dan Myanmar

0 24

Negara yang Bukan Merupakan Pendiri Asean

ASEAN merupakan himpunan Negara yang ada di Asia Tenggara, ASEAN didirikan oleh 5 Negara, yaitu : Indonsia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand tahun 1967. Sehingga, yang bukan merupakan pendiri ASEAN negara yang tidak tertulis, seperti Vietnam, Myanmar, Kamboja, dan lainnya.

Namun, bukan berarti hanya 5 negara itu saja yang termasuk ke ASEAN, semua negara yang ada di Asia Tenggara adalah ASEAN, hanya saja pendirinya 5 negara yang ditulis di atas.

Baca juga : Berikut yang Tidak Termasuk Puisi Rakyat

Bagaimana dengan pembahasan selanjutnya? Kita akan membahas berikutnya ya sahabat kalem agar pengetahuan kamu banyak tentunya.

Tokoh Pendiri ASEAN

Seperti diketahui diatas, ada 5 negara yang mendirikan ASEAN, sehingga negara lainnya adalah negara yang bukan merupakan pendiri ASEAN.

Berikut 5 tokoh yang mendirikan ASEAN dari masing-masing negara, berdasarkan yang sudah admin rangkum dari beberapa sumber.

  1. Adam Malik – Indonesia
  2. Tun Abdul Razak – Malaysia
  3. Thanat Khoman – Thailand
  4. S. Rajatnam – Singapura
  5. Narciso Ramos – Filipina

Nah dari 5 tokoh tersebut dari masing-masing 5 negara yang mendirikan ASEAN atau Perhimpunan Kebangsaan Asia Tenggara yang sudah kita ketahui tentunya.

Pada 8 Agustus 1967, ASEAN didirikan oleh 5 negara tertulis di Bangkok, Thailand. Sekarang kita sudah paham betul bahwa yang tidak mendirikan ASEAN itu anggota ASEAN selain 5 pendiri diatas ya.

ASEAN dan Laut China Selatan

Menurut informasi, ASEAN memiliki klaim di perairan laut China Selatan antara Amerika Serikat pada saat ketegangan. Namun mungkin itu pada masa-masa munculnya organisasi internasional ini.

Kita merupakan negara yang ada di kawasan ASEAN , sedangkan bukan hanya satu negara saja nggota ASEAN melainkan seluruh negara yang ada di Benua Asia Tenggara.

Baca juga : Mengenal Eritrea Negara yang Beribukota Asmara

Oke sahabat kalem, mungkin yang dapat admin sampaikan itu saja terkait dengan apa yang sudah kita bahas, apakah kamu sudah bisa memahami yang admin jelaskan diatas?

Jika sahabat sudah paham dan sudah tahu bahwa, yang bukan merupakan pendiri asean adalah negara yang tidak termasuk ke daftar 5 diatas, semoga artikel ini bermanfaat ya sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.