Orang yang Berkata Dusta Merupakan Salah Satu Tanda

Orang yang Berkata Dusta Termasuk Orang yang Sifatnya Buruk

0

Sikalem – Kita tidak boleh dusta, karena perilaku ini merupakan perbuatan tercela, apalagi kamu harus tahu bahwa orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda dari golongan orang yang akan kita bahas disini.

Dusta dapat diartikan sebagai kebohongan, dimana sifat ini merupakan hal yang sangat terecela, seseorang yang berkata dusta, sama halnya dengan penipu, karena orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda akan membuat kamu terbungkam.

Tapi kamu harus memahami bahwa orang-orang yang berperilaku seperti ini balasannya adalah neraka, sudah dijelaskan dalam Alquran untuk tidak brdusta.

Dan kita bisa membahas artikel ini dengan lebih jelas lagi agar kamu memahami bahwa dusta adalah orang yang buruk dan wajib dijauhi.

Sifat Orang Dusta Dalam Islam

Dalam ajaran Islam dijelaskan bahwa dusta merupakan sifat tercela yang dibenci Allah SWT. Siapapun orang yang dusta, dia termasuk golongan setan.

Sementara itu, orang-orang seperti ini memang masih banyak bertebaran di dunia, bahkan di lingkungan kita saja pasti ada orang yang selalu berbuat dusta.

Dan kita masih membahas orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda dari apa? Silakan kamu langsung simak apa yang sudah admin rangkum untuk kamu pahami agar tidak menjadi orang dusta.

Baca juga : Pengertian Jujur dan Lawan Kata Jujur Adalah

Orang yang Berkata Dusta Merupakan Salah Satu Tanda Orang Munafik

Setiap orang yang berkata dusta, dia termasuk kedalam golongan orang-orang yang munafik. Dusta adalah bohong, orang yang berdusta adalah orang yang berbohong, lawan kata dari dusta adalah jujur.

Tentu orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda orang yang munafik, sifat tercela yang sangat dibenci oleh Allah SWT ini wajib kita jauhi, tidak boleh dilakukan.

Bukan hanya merugikan orang lain, dan untuk menyenangkan diri sendiri, namun kamu harus tahu bahwa orang yang dusta juga akan mendapatkan dampak dan akibatnya.

Orang yang Dusta
Foto : Istimewa

Akibat Orang Pendusta

Orang yang berdusta yaitu orang yang berbohong yang termasuk orang yang munafik akan mendapatkan akibat dari perbuatan dustanya itu.

Salah satu akibatnya adalah tidak akan ada orang yang akan mempedulikan dirinya, dia akan hidup terbengkalai dikucilkan, jelas sangat buruk bagi dirinya sendiri.

Kebohongan yang dilakukan orang pendusta bahkan tidak akan diterima oleh lingkungan sekitar, tidak ada satupun orang yang peduli dan sudi lagi kepadanya.

Maka dari itu, agar kamu tidak mendapatkan sisi buruk tersebut, janganlah berbuat dusta, kamu sangat rugi dan bahkan Allah tidak akan menyukai kamu.

Baca juga : Orang yang Menyia-nyiakan Anak Yatim Termasuk Orang yang Dusta

Hindari Sifat Dusta

Seperti yang kita liaht diatas orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda dari orang-orang yang sudah dijelaskan, dan banyak sekali dampak buruk yang akan didapatkan oleh orang yang selalu berdusta.

Lebih baik, hindari sifat dusta, demi masa depan dan demi kehidupan dunia dan akhirat nanti. Janganlah kamu berbuat dusta untuk alasan apapun itu.

Dusta juga sudah ada haditsnya, dan setiap orang yang melakukan perbuatan dusta, dia adalah orang-orang yang berdosa dan akan dikucilkan oleh orang disekitarnya.

Hindari Dusta
Foto : Istimewa

Hadits Tentang Dusta

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: آيَةُ المُنَافِقِ ثَلاَثٌ: إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tanda orang munafik ada tiga: Jika dia bercerita, dia berdusta; jika dia berjanji, dia menyelisihi; dan jika dia diberi amanah, dia berkhianat”.

Dari hadits itu dapat kita perhatikan bahwa benar orang yang berkata dusta maka dia termasuk golongan orang yang munafik, dan tentu saja masih banyak hadits yang menjelasan tentang dusta yang harus kita hindari.

Baca juga : Seseorang yang Menerima Buku Amalannya Dari Sebelah Kanan Perhitungan Amalnya Akan

Jadi sudah kita temukan orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda dari jenis orang yang seperti apa, semoga kamu tidak menjadi orang yang pendusta dan jangan sesekali kamu lakukan sifat buruk yang sangat tercela ini.

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.