Orang yang Pertama Kali Mengemukakan Istilah Geografi

Siapa yang Pertama Kali Mengemukakan Istilah Geografi? Ternyata Ini Orang

0

Sikalem – Yang pertama kali mengemukakan istilah geografi yaitu siapa? Dan orang tersebut ternyata memang menjadi salah satu yang pertamaklinya dalam mengemukakan geografi.

Sedangkan, disini tentunya pertanyaan tersebut akan segera terjawab, sehingga kamu yang bingung dengan orangnya, kita akan segera tahu siapa orang yang pertamaklinya mengemukakan istilah geografi.

Pengertian Geografi

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi, yang dipelajari seperti persamaan, hubungan, juga perbedaaan attaraung di bumi.

Sementara itu, geografi terbagi menjadi dua, yakni geografi fisik dan geografi manusia.

Lalu, yang menjadi pusat kajian geografi adalah hubungan manusia dengan lingkungannya yang ada disekitar.

Pengertian Geografi
Pengertian Geografi, Foto : Istimewa

Lantas, yang pertama kali mengemukakan istilah geografi yaitu siapa? Nah, ini yang menjadi pembahasan kita kali ini, yang perlu kamu perhatikan hanya membacanya dibawah ini.

Baca juga : Biografi Penemu Elektron dan Penelitiannya

Baca juga : Biografi WR Soepratman : Pencipta Lagu Indonesia Raya

Orang yang Pertama Kali Mengemukakan Istilah Geografii

Eratosthenes adalah orang yang pertama kali mengemukakan istilah geografi, sehingga dia dikenal sebagai bapak geografis. Dan menurutnya, geografi adalah penulisan tentang bentuk dari sebuah bumi.

Eratosthenes sendiri seorang matematikawan, ahli geografi, dan Astronom pada jaman halesnistik. Tercatat bahwa beliau merupakan oarng yang kali pertama dalam memikirkan sistem geografi di muka bumi.

Eratosthenes adalah orang yang pertama kali mengemukakan istilah geografi
Eratosthenes, Foto : Istimewa

Beliau lahir pada tahun 276 SM (Sebelum Masehi) di Libiya, dan meninggal di Mesir pada tahun 195 SM. Pendidikannya akademi platonik, berkebangsaan Yunani dan Yunani Kuno.

Sudah berabad-abad, jadi kita tidak akan tahu siapa orang tersebut dan bagaimana kehidupan orang tersebut, namun singkat biografi hanya hal tersebut saja yang dapat admin sampaikan.

Pengetahuan Tentang Geografi

Setelah kita tahu ternyata yang pertama kali mengemukakan istilah geografi yaitu Eratosthenes, dan geografi ini sebuah wawasan penting untuk kita dalami pengetahuannya.

Di Indonesia saja ada BMKG yang bertugas dalam mengamati bumi, lingkaran bumi, bencana di bumi, dan semua yang ada di bumi pastinya akan di amati oleh organisasi tertentu, yaitu organisasi yang bertugas dalam mengamati bumi.

Dan mungkin yang dapat dijekaskan pada pembahasan ini itu saja terkait dengan geografi yang pertama kalinya dikemukakan oleh siapa dan dari mana asal orang tersebut.

Sekarang kita sudah tahu yang pertama kali mengemukakan istilah geografi yaitu siapa, dan mudah-mudahan saja pembahasan ini bermanfaat bagi sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.