Organ Pada Tumbuhan yang Berfungsi Sebagai Tempat Fotosintesis Adalah

Organ Pada Tumbuhan yang Berfungsi Sebagai Tempat Fotosintesis Adalah
Bunga matahari, foto: Istimewa

Sikalem – Tumbuhan memiliki organ yang tentu saja setiap organ memiliki fungsi yang berbeda, seperti organ pada tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis adalah yang akan kita temukan disini untuk saat ini.

Organ-organ yang terdapat pada tumbuhan tentu saja berperan sangat penting dalam berlangsungnya kehidupan mereka, sama halnya dengan organ tubuh manusia yang memiliki fungsi tersendiri.

Pun dengan tumbuhan, siapa sangka tumbuhan juga memiliki organ tubuhnya sendiri loh. Mungkin selama ini kita menyangka bahwa tumbuhan tidak memiliki banyak organ.

Namun faktanya, sangkaan itu bisa kita tepis karena memang tumbuhan juga sama makhluk hidup yang terdapat organ-organ tertentu.

Namun tahukah kamu organ pada tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis adalah apa? Dan ini merupakan PR yang harus kamu ketahui, tapi tentu bukanlah rahasia umum.

Batang, daun, dan organ-organ lainnya jelas itu perbedaan yang masuk akal, karena semuanya memiliki fungsi tersendiri.

Sementara itu, yang perlu kita ketahui bahwa fungsi dari organ yang terdapat dalam tumbuhan pun mengandung fungsi yang tidak sama, tapi tetap saja agar mereka hidup secara berkelanjutan.

Mengenal Organ Daun Pada Tumbuhan

Sebaiknya, kita mencari tahu organ pada tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis adalah apa? Tapi disini kita harus mengenali terlebih dahulu sebuah daun yang terdapat dalam tumbuhan.

Dengan ini, kita akan menemukan apa sebenarnya organ tumbuhan yang dipertanyakan tersebut, sehingga menjadi teka-teki yang luar biasa.

Daun adalah organ tubuh yang menempel pada ranting sebuah tumbuhan. Namun juga bisa saja beberapa tumbuhan memiliki daun yang langsung menempel pada batangnya, tanpa ada ranting terlebih dahulu.

Mengenal Organ Daun Pada Tumbuhan
Ilustrasi daun, foto: Istimewa

Daun secara umum memiliki warna hijau, tapi banyak juga dengan warna selain hijau. Lebar, dan memiliki serat tertentu, ini sih tergantung tumbuhan nya ya, karena pada dasarnya daun itu memiliki perbedaan dari setiap tumbuhan.

Baca juga: Tumbuhan yang Termasuk Xerofit Adalah Sebagai Berikut

Baca juga: Tumbuhan Paku : Jenis, Ciri dan Contoh Tumbuhan Paku

Baca juga: Tanaman Cocor Bebek Akan Menumbuhkan Tunasnya Pada Bagian Daun

Fungsi Daun Dalam Tumbuhan

Kenapa kita membahas daun terlebih dahulu? Sedangkan disini pertanyaannya yaitu organ pada tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis adalah?

Mungkin kamu bertanya demikian, setelah kamu membacanya sampai ujung, nanti kamu akan tahu sendiri alasannya kenapa disini kita membahas daun pada sebuah tumbuhan.

Dimana, daun berfungsi sebagai proses fotosintesis, namun hanya akan terjadi pada saat terdapat cahaya, semisal cahaya matahari. Itulah kenapa tumbuhan harus diberikan cahaya matahari.

Selain untuk itu, daun juga berfungsi sebagai pengeluaran oksigen segar serta menyerap karbon dioksida. Nah sudah paham bukan apa fungsi pada daun itu sendiri? Sekarang kita coba temukan jawaban diatas dengan cermat.

Organ Pada Tumbuhan yang Berfungsi Sebagai Tempat Fotosintesis

Organ Pada Tumbuhan yang Berfungsi Sebagai Tempat Fotosintesis
Daun Sirih, Foto: Istimewa

Organ pada tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis adalah Daun, dimana daun juga dapat berfungsi sebagai penyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen.

Seperti yang sudah admin singgung diatas bahwa daun sendiri berbentuk lebar dengan beberapa corak berdasarkan jenis tumbuhannya itu sendiri.

Sehingga, fotosintesis yang terjadi akan berlangsung pada sebuah daun, tapi ingat ya ketika terpapar cahaya, seperti sinar matahari.

Sudah kamu temukan bukan jawabannya diatas? Sehingga itu akan menjadi pengetahuan yang luar biasa bagi kamu, karena sudah mendapati apa yang kamu harapkan untuk saat ini.

Kesimpulan

Secara umum, daun memiliki peran yang sangat penting bagi berlangsungnya kehidupan pada tumbuhan itu sendiri, seperti kita ketahui semua tumbuhan memiliki daun yang bentuknya berbeda-beda, ada yang kecil bahkan ada pula yang besar.

Jadi kesimpulannya organ pada tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis adalah daun. Semoga saja artikel ini bermanfaat ya, jangan lupa selalu mencari wawasan dalam keadaan apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.