Pahami Pentingnya Build Measure Learn Bagi Startup

By InBound.ID

0

Sikalem – Setiap perusahaan yang baru saja merintis, atau startup pasti tidak ingin mengalami masalah setelah perusahan beroperasi. Namun sayangnya, banyak sekali perusahaan yang tidak dapat berkembang seperti harapan para pemiliknya.

Bahkan usia yang tidak sampai setahun saja, banyak startup yang tidak berkembang, dan berhenti beroperasi begitu saja. Hal ini perlu diketahui betapa pentignnya Build Measure Learn bagi startup yang baru saja merintis perusahaannya.

Macam-macam kegagalan sebuah perusahaan yang tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja, namun banyak faktor yang membuat perusahaan rintisan berhenti di tengah jalan.

Kamu juga perlu tahu beberapa faktor yang membuat startup tidak berjalan mulus. Hal ini penting kamu ketahui agar ketika kamu akan memulai meritnis perusahaan, nanti dapat menangkal kebangkrutan dengan mudah.

Penyebab Gagalnya Startup

Sudah tidak mustahil lagi kegagalan pasti dialami oleh setiap startup, namun yang perlu kamu ketahui bagaimana memahami kegagalan yang mungkin bisa saja terjadi pada perusahaan rintisan?

Sedangkan, penyebabnya itu tidak hanya terjadi dari satu faktor, seperti berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan gagalnya startup.

  • Kurangnya pemahaman kondisi pasar
  • Kurangnya pendanaan juga penyebab startup gagal
  • Management yang kurang baik
  • Model bisnis yang tidak sesuai
  • Tim yang kurang kompak

Nah beberapa penyebab diatas juga dapat kamu pahami, dan agar kamu nanti tidak akan ragu dalam merintis sebuah perusahaan, karena gagal itu sudah pasti terjadi, yang namanya merintis belum berarti sukses atau tidak.

Build Measure Learn (BML)

BML atau Build Measure Learn merupakan sebuah proses pemikiran yang dapat mengubah ide menjadi sebuah produk yang nyata, kemudian menjadi tolak ukur dari perilaku, respon, dan reaksi para pengguna produk.

Seperti yang dikutip dari startupstudio.id, tujuan BML ini adalah untuk menjawab ketidakpastian, asumsi, serta resiko menjadi sebuah pengetahuan yang sangat berguna bagi startup.

Namun, bagi kamu yang hendak menjadi startup, sebaiknya pahami cara kerja Build Measure Learn, sebagaimana yang akan dijelaskan kali ini, semoga saja dapat kamu simak sesuai dengan harapan yang di pikirkan.

3 Tahap Build Measure Learn

Ada 3 hal yang harus kamu perhatikan, dimana ketiga hal ini adalah tahapan Build Measure Learn. Namun meski begitu, setiap startup tidak harus selalu seperti demikian, karena BML ini bisa dikatakan sebagai siklus, para startup harus mengenal apa yang perlu mereka pelajari.

Para startup dapat mencari tahunya melalui sebuah eksperimen, dan ini sangat penting dijalankan untuk kepentingan perusahaan yang akan dikembangkan.

1. Membangun

Tahap pertama adalah membangun, dimana penting kamu pelajari dan kamu pahami agar nanti tidak mengalami lonjakan ke bawah setelah kamu menjalankan suatu bisnis yang dirintis.

Tahap membangun pun dapat kamu perhatikan, mulai dari A-B, diantaranya:

  • Rancang Eksperiment. Artinya kamu harus membangun eksperimen, cari tahu apakah cocok dan pas digabungkan? Dengan begitu, kamu harus mencari metode yang solid dalam mengumpulkan data.
  • Membangun Eksperimen. Membangun dari hal kecil agar nanti melakukan validasi dengan mudah
  • Menjalankan Eksperimen. Kumpulkan data, lakukan wawancara dan kuisooner.

2. Mengukur

Kamu juga harus mengukur terlebih dahulu, ingat ya disini kita mengenal cara kerja Build Measure Learn, maka hal-hal seperti dibwah ini wajib kamu pahami.

  • Analisis Data
  • Organisasi Data
  • Presentasi Data

3. Pembelajaran

Akhirnya kita sampai pada tahapan terakhir, dimana tahap ini menjadi hal yang sangat penting, kamu harus lebih giat dalam mempelajari seluruh data-data yang terkumpul. Intinya kamu lakukan semua yang perlu dilakukan.

Kamu bisa bertanya apakah ide baru dapat mengatasi masalah? Dan juga hal-hal lainnya yang dapat kamu pelajari nantinya agar tidak ada kesulitan dalam mengembangkan sebuah startup ya.

Baca juga : Pengertian dan 7 Manfaat Break Even Point Bagi Bisnis

Nah sudah sampai pada pembahasan akhir, dan mungkin kamu dapat menjalankan itu dengan mudah, intinya mempelajari adalah suatu hal yang penting dalam mengembangkan sebuah bisnis/usaha.

Hal itu tercatat dalam Build Measure Learn, meskipun banyak yang awam tentang istilah ini, namun bagi para startup sangat disayangkan jika tidak mengenalinya dengan seksama, maka carilah hal-hal yang membuat kamu menjadi lebih baik dalam menjalankan sebuah bisnis.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.